×

Yuk, Mengenal Apa Itu ChatGPT?

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Yuk, Mengenal Apa Itu ChatGPT?

12 September 2023

Chat GPT adalah kecerdasan buatan jenis chatbot yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI. Arti “GPT” dalam ChatGPT adalah Generative Pre-trained Transformer yang merujuk pada bagaimana tool ini memproses dan memproduksi bahasa manusia.

Dari kata “pre-trained” ini, berarti tool ini perlu dilatih sedemikian rupa terlebih dahulu agar bisa memproses berbagai prompt atau pertanyaan yang diberikan oleh user.
Nah, training ChatGPT dilakukan melalui large language model. Maksudnya, ChatGPT dilatih dengan sejumlah besar data untuk bisa memprediksi kata selanjutnya. Namun, program yang dididik dengan cara ini tidak akan selalu menampilkan jawaban yang diinginkan penggunanya.
Sampai saat ini, ChatGPT masih dalam proses training. OpenAI juga memberikan kesempatan pada penggunanya untuk turut melatih kecerdasan buatan ini. Caranya, pengguna bisa mengklik ikon upvote atau downvote yang tersedia di bagian bawah kolom respons untuk memberikan feedback.

Cara Kerja ChatGPT
ChatGPT dilatih menggunakan machine learning. Machine learning adalah cabang ilmu kecerdasan buatan yang ditujukan untuk mendidik algoritma agar bisa menjalankan tugasnya tanpa arahan dari manusia.
Dalam kasus Chat GPT, software ini dilatih dengan data yang berisi pola bahasa manusia. Hasilnya, Chat GPT bisa memberikan respons senatural mungkin. Setelah diberikan lebih banyak data untuk dipelajari, kemampuan ChatGPT dalam menjawab akan semakin meningkat.
Namun, bagaimana cara kerja ChatGPT hingga bisa memberikan sebuah jawaban? Berikut prosesnya:

1. Pemberian input. Pengguna memberi ChatGPT sebuah pertanyaan atau instruksi.
2. Tokenisasi. ChatGPT akan melakukan tokenisasi input. Maksudnya, kalimat yang diberikan tadi akan dibagi menjadi kata per kata yang disebut dengan token. Token-token ini kemudian diurutkan dan diproses oleh model.
3. Meng-embed input. Teks input yang sudah ditokenisasi akan diubah menjadi vektor agar Chat GPT bisa memahami maknanya.
4. Pemrosesan model. Dalam tahap ini, ChatGPT menggunakan model bahasa yang telah dilatih sebelumnya untuk menghasilkan respons.
5. Memberikan respons. Chat GPT menampilkan teks output yang merupakan jawaban dari pertanyaan atau instruksi dari pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT
Setelah mengeksplor apa itu ChatGPT dan bagaimana cara membuat prompt ChatGPT yang efektif, sekarang saatnya Anda memahami apa saja kelebihan dan kekurangan kecerdasan buatan ini. Secara umum, kelebihan dan kekurangan Chat GPT adalah:

Kelebihan:
1. Kecepatan dalam memberikan jawaban dan sifatnya sangat responsif.
2. Jawaban yang disajikan cukup menggunakan bahasa yang mudah dipahami, lho!
3. Dilatih untuk bisa menolak permintaan yang tidak patut. Jika Anda bertanya bagaimana cara merundung seseorang, Chat GPT akan menolak untuk memberikan jawaban dan menjelaskan betapa buruknya tindakan tersebut.
4. Chat GPT bisa mengingat apa saja yang Anda tanyakan sebelumnya.

Kekurangan
1. Karena input yang dilakukan sebelumnya oleh manusia, sehingga jawaban yang ada hanya berlandaskan hal tersebut. Jadi, kredibilitas dan keabsahan jawabannya tidak bisa kamu jadikan landasan sepenuhnya, ya!
2. Saat ini kamu masih terbatas mencari informasi di Chat GPT ini karena adanya keterbatasan kueri yang dimasukkan. Kamu hanya bisa mencari informasi maksimal tahun 2021.
3. Sifat alamiah robot, yakni untuk beberapa perntanyaan kadan kurang kontekstual seperti seperti yang kita inginkan. Hasilnya adalah jawaban yang sangat umum dan bahkan tidak menjawab yang kita cari atau butuhkan.

Manfaat Chat GPT
1. Penyedia informasI
    Fungsi utama dari Chat GPT adalah pemberi informasi. Yaps, dengan mengajukan pertanyaan tentang topik yang diinginkan menggunakan kata-kata kunci yang kemudian akan menjadi “prompts” atau perintah. Sayangnya, untuk saat ini, Chat GPT hanya mampu merekam informasi hingga maksimal tahun 2021, sehingga kamu belum bisa memperoleh informasi terbaru selain di kurun waktu tersebut.

2. Pemberi saran.
    Selain memberikan informasi, Chat GPT juga mampu menjadi tempat pemberi saran yang baik. Yaps, sederhananya jika kamu ingin pergi dan bingung ingin memakai outfit apa, Chat GPT bisa memberikan saran tentang outfit tertentu, tempat makan yang disesuaikan dengan keinginanmu (murah, lokasi, tema), sampai rekomendasi film terbaru.

3. Meningkatkan produktivitas.
    Tugas-tugas kamu dapat diselesaikan dengan cepat dengan Chat GPT. Hal ini akan mendorong kamu menjadi lebih produktif. Beberapa tugasmu dapat lebih mudah selesai dengan dibantu Chat GPT. Namun, perlu diingat, kelemahan Chat GPT ada di keakuratan datanya.Sehingga, kamu harus memeriksa kembali jawaban yang diberikan.

Artikel Lainnya di Crosstechno:

Ingin Membuat Aplikasi Untuk Bisnismu? Yuk, di Crosstechno Saja!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…