×

Tren Utama Menentukan Masa Depan E-Commerce

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tren Utama Menentukan Masa Depan E-Commerce

07 July 2022

Dunia sedang bergeser ke ranah digital, dan ini berlaku untuk perusahaan eCommerce. Masyarakat yang berfokus pada kenyamanan saat ini, semakin banyak orang lebih suka berbelanja menggunakan internet. Menurut Statista, ada lebih dari 2 miliar pembeli digital pada tahun 2021, angka yang diperkirakan hanya akan tumbuh di tahun-tahun mendatang.

 

Tren eCommerce terus berubah karena didasarkan pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Karena konsumen mendorong kesuksesan bisnis, Anda harus menjaga produk, layanan, dan branding Anda selaras dengan minat audiens Anda.

 

Pertumbuhan perusahaan sangat bergantung pada kemampuannya untuk beradaptasi dengan perkembangan baru, khususnya, mengembangkan solusi eCommerce khusus seputar perubahan tren dan perilaku pengguna.

 

Dalam artikel ini, kami menampilkan beberapa tren utama dalam belanja online sehingga Anda dapat membuat strategi pertumbuhan eCommerce yang efektif untuk bisnis Anda.

 

16

E-Commerce Multi Channel

Salah satu tren paling populer dalam belanja online adalah eCommerce omnichannel, menggabungkan beberapa saluran pemasaran untuk memberikan pelanggan pengalaman belanja online yang mulus. ECommerce multi-Channel memungkinkan Anda untuk memelihara pelanggan potensial Anda melalui saluran penjualan secara efektif tidak peduli bagaimana mereka berhubungan dengan bisnis Anda.

 

Misalnya, pelanggan memesan di situs web Anda. Kemudian, mereka memutuskan untuk memeriksa status pesanan dan detail pengiriman di ponsel mereka melalui aplikasi seluler bisnis Anda. Misalkan mereka menemukan masalah saat barang tiba. Mereka dapat dengan cepat menghubungi perwakilan layanan pelanggan Anda melalui saluran media sosial Anda.

 

eCommerce multi-Channel memastikan pengalaman pelanggan eCommerce Anda mengalir dari satu saluran ke saluran berikutnya tanpa gangguan. Strategi pemasaran eCommerce ini mengharuskan Anda untuk memperbarui teknologi bisnis Anda sehingga Anda dapat mengelola saluran Anda melalui sistem tunggal.

 

Jika tren ini benar-benar baru bagi Anda dan Anda tidak yakin dari mana dan bagaimana memulainya, Anda dapat menghubungi pakar eCommerce untuk membantu Anda mengembangkan strategi pertumbuhan eCommerce yang sesuai dengan bisnis Anda. Optimalkan strategi omnichannel Anda dengan bermitra dengan agen pemasaran digital eCommerce untuk mendorong kesuksesan eCommerce Anda.

 

17

Memprioritaskan Retensi Pelanggan Di Atas Akuisisi Pelanggan

Pandemi COVID-19 memicu pertumbuhan industri eCommerce. Hal ini menyebabkan lonjakan persaingan online, menghasilkan lebih banyak belanja iklan digital. Akibatnya, bisnis online harus membelanjakan lebih banyak untuk kampanye iklan agar menonjol di tengah pasar yang sangat kompetitif dan menarik pelanggan baru. Menurut The Drum, pembelanjaan iklan digital naik menjadi 49 persen pada paruh pertama 2021 dibandingkan pembelanjaan iklan pada paruh pertama 2019.

 

Untuk mempersiapkan eCommerce, perusahaan memfokuskan upaya pemasaran mereka pada strategi retensi pelanggan daripada akuisisi pelanggan baru melalui iklan berbayar. Ingatlah praktik terbaik berikut dalam retensi pelanggan:

 

  • Buka banyak saluran komunikasi: Melalui umpan balik pelanggan, Anda mendapatkan wawasan tentang apa yang disukai atau tidak disukai pelanggan Anda tentang penawaran Anda yang memungkinkan Anda membuat perubahan yang diperlukan.
  • Menerapkan program loyalitas dan penghargaan: Program penghargaan dan loyalitas membangun hubungan emosional dan mendorong pembelanjaan berulang.
  • Pekerjakan pakar eCommerce: Jaga keberhasilan strategi retensi pelanggan Anda dengan bermitra dengan agen pemasaran digital eCommerce terkemuka.

 

Ketika pelanggan setia pada suatu bisnis, harga atau ketersediaan tidak mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Sebaliknya, mereka lebih suka menunggu dan membayar lebih untuk produk dan layanan yang sudah mereka kenal. Untuk alasan ini, pengoptimalan retensi pelanggan adalah strategi pemasaran eCommerce yang akan kita lihat lebih banyak lagi.

 

20

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pengalaman Berbelanja

Kecerdasan buatan (AI) adalah istilah umum untuk teknologi cerdas. Perusahaan eCommerce menggunakan teknologi ini dalam berbagai cara, termasuk prediksi pola belanja, otomatisasi penjualan, dan rekomendasi produk yang dipersonalisasi. Di sisi lain, augmented reality (AR) mengacu pada teknologi konten digital yang ditumpangkan, seperti gambar atau suara, di atas lingkungan dunia nyata.

 

Pengecer meningkatkan pengalaman pengguna (UX) pelanggan dengan mengintegrasikan AI dan AR dalam strategi pertumbuhan eCommerce mereka. Berikut adalah beberapa angka yang membuktikan potensi mereka:

 

  • Empat puluh tujuh persen konsumen akan membeli barang dari chatbot, suatu bentuk teknologi AI (HubSpot, 2017).
  • Peningkatan penggunaan AI di seluruh bisnis menghasilkan nilai bisnis sebesar $2,9 triliun (Semrush, 2021).
  • Tujuh puluh satu persen konsumen mengatakan mereka akan lebih sering berbelanja jika menggunakan AR (ThinkMobiles, 2021).
  • Iklan AR memiliki tingkat konversi dalam kisaran 20-80 persen (AdWeek, 2018).

 

AI dan AR mengubah masa depan industri eCommerce. Keberhasilan eCommerce Anda bergantung pada seberapa baik Anda dapat mengintegrasikan kemajuan teknologi terbaru ke dalam strategi pertumbuhan eCommerce Anda.

 

18

Metode Pembayaran

Pembayaran online telah ada sejak paruh pertama tahun 90-an, tetapi pertumbuhan industri eCommerce baru-baru ini menghasilkan opsi pembayaran yang lebih fleksibel dan dapat diakses. Pembayaran kartu debit dan kredit tetap menjadi metode pembayaran paling populer, tetapi dompet digital seperti PayPal, Venmo, Apple Pay, OVO, Shopee, Dana, LinkAja, ShopeePay, GoPay, dan seterusnya dengan cepat mendapatkan popularitas (Siklus Penjualan).

 

Menawarkan lebih banyak opsi pembayaran kepada pelanggan Anda dan memaksimalkan saluran untuk transaksi mengurangi kemungkinan pengabaian keranjang.

 

Pengiriman Cepat Dan Gratis

Amazon telah mempopulerkan pengiriman gratis dan cepat. Enam puluh persen pembeli mengharapkan pengiriman gratis dari pengecer (NRF). Selain itu, 84 persen pelanggan online secara khusus membeli karena pengiriman gratis (Forbes).

 

Tampaknya pembeli online juga ingin mendapatkan pesanan mereka sesegera mungkin. Menurut survei yang dilakukan oleh Flexe Omnichannel Consumer pada tahun 2020, 85 persen konsumen mencari di tempat lain untuk opsi yang lebih baik ketika kecepatan pengiriman terlalu lambat. Faktanya, satu hari ekstra dalam estimasi pengiriman dapat menurunkan tingkat konversi Anda secara signifikan.

 

Pengiriman gratis dan cepat adalah salah satu tren dalam belanja online yang harus diwaspadai oleh bisnis di tahun-tahun mendatang. Persaingan ketat di industri eCommerce, dan kegagalan untuk beradaptasi dengan permintaan konsumen akan menyebabkan hilangnya prospek dan penjualan.

 

19

Harga Dinamis

Penetapan harga dinamis adalah strategi pemasaran eCommerce yang terus menyesuaikan harga produk sebagai respons terhadap penawaran dan permintaan waktu nyata. Bot mengontrol penyesuaian dengan mengumpulkan data dan menggunakan algoritme untuk mengubah harga berdasarkan lokasi pelanggan, tingkat permintaan, dan bahkan harga pesaing Anda.

 

Banyak bisnis melihat manfaat yang signifikan dari tren ini karena memungkinkan kontrol yang lebih besar atas strategi penetapan harga mereka. Tentu saja, penetapan harga dinamis tidak bebas dari kesalahan, tetapi dapat dikelola dengan mudah menggunakan perangkat lunak yang tepat. Selain itu, kemajuan AI, teknologi yang digunakan dalam bot, membuat penyesuaian harga menjadi lebih akurat.

 

Kesimpulan

Bisnis harus tetap terdepan dalam tren saat ini untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan tetap relevan dalam industri belanja online yang sangat kompetitif. Semua tren eCommerce, baik saat ini maupun di masa depan, memiliki penyebut yang sama: memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik .

 

Saat Anda mendorong pengalaman pengguna yang lebih baik, Anda dapat memberikan lebih banyak pengalaman positif bagi pelanggan Anda dan menjaga pesanan dan penjualan tetap masuk.

 

 Jika Anda mencari partner pembuatan website dan aplikasi toko online, Crosstechno dapat membantu Anda mempertimbangkan beberapa hal dalam pembuatan kustom. Dengan konsultan dan perancang website dan aplikasi berpengalaman akan meningkatkan bisnis Anda sehingga Anda dapat mengikuti tren eCommerce terbaru.

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Ini Jenis Website Ini Populer Untuk Bisnis Anda

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…