×

Tools dan Website Untuk Mencari Kode Warna Pada HTML

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tools dan Website Untuk Mencari Kode Warna Pada HTML

13 January 2020

Warna merupakan salah satu daya tarik dan elemen terpenting pada desain. Memilih kombinasi warna yang cocok untuk membuat sebuah website yang sukses. Baik website yang dibuat oleh seorang profesional atau individual, menentukan warna pada website sangat penting, karena akan menentukan citra yang akan diterima oleh pengunjung website. Bukan tidak mungkin sebuah situs web kehilangan audiens karena pilihan tampilan yang kurang tepat. Untuk menciptakan situs web dengan UI yang baik, kamu harus mengerti bagaimana menentukan warna dasar atau warna yang cocok untuk logo dan judul website. Memadupadankan warna memang sedikit tricky. Website yang tanpa warna akan cenderung mudah dilupakan, tetapi terlalu banyak warna yang digunakan akan memberi kesan norak. Dalam desain menggunakan komputer atau device, terutama untuk web design, Anda perlu menggunakan kode warna HTML.

Apa itu kode warna HTML?

Kode warna adalah cara untuk mewakili warna yang kita lihat sehari-hari. Warna tersebut ditampilkan dalam format yang bisa dibaca oleh komputer. Umumnya digunakan di situs web atau software aplikasi lain. Terdiri dari berbagai format seperti kode warna Hex, RGB dan HSL, serta nama-nama warna HTML. Contoh kode warna misalnya #F08080 atau #FFA07A. Kamu pasti pernah melihat kode ini sebelumnya. Pilihan warna, biasanya ditampilkan dengan color palette. Color palette ini bisa kamu temui hampir di setiap aplikasi, bahkan di Microsoft Word pun ada.

Bagi Anda yang suka mencoba-coba desain di komputer, mungkin Anda pernah melihat kode-kode seperti #FFFFFF dan #DC143C. Kode-kode ini adalah kode warna HTML. Kode warna HTML sendiri adalah hexadecimal triplets yang melambangkan warna-warna red (merah), green (hijau), blue (biru) atau #RRGGBB. Kode warna HTML ini bisa digunakan untuk mengubah warna background, text, dan tabel pada sebuah halaman website.

Lalu bagaimana kode-kode HTML ini bisa menjadi warna-warna selain merah, hijau, dan biru? Sekarang Anda sudah tidak perlu karena di luar sana sudah banyak website dan tools yang bisa memudahkan Anda untuk mencari dan menemukan kode warna HTML untuk warna yang Anda inginkan. Tools-tools ini biasa disebut dengan istilah color picker, yaitu :

  • Instant Eyedropper

Tools ini terbilang cukup mudah dan paling digemari oleh user. Cara penggunaannya adalah cukup dengan mengklik icon pada system tray, lalu arahkan mouse ke warna yang ingin kamu ketahui kodenya. Nah, agar kode tadi otomatis tercopy di clipboard, kamu cukup melepaskan mouse kamu di warna yang tadi. Voila, tampilan warna website kamu kini otomatis akan berubah.

  •  ColorSnapper 2

Untuk kamu pengguna Mac, pasti sudah familiar dengan tools ini. Cara menggunakannya terbilang cukup mudah. Sama seperti dengan color picker lainnya, kalian hanya perlu kklik di bagian yang ingin diketahui detail warnanya.

html 3

  • iDropper

Untuk pengguna iOS ada program bernama iDropper. Kalian dapat menyimpan kode warna HTML sebuah warna dari berbagai gambar/foto. Kode warnanya juga bisa dilihat dalam berbagai format, tidak sebatas bentuk HTML saja.

  • Pixolor

Jangan khawatir untuk kalian pengguna Android, ada aplikasi Pixolor yang dapat diinstal di handphone kalian.

  • Khroma

Terakhir nih, ada Khroma. Khroma bukanlah color picker, tetapi sebuah website yang menggunakan Artificial Intelligence atau AI untuk memudahkan kalian membandingkan kombinasi warna.

Menghafalkan setiap kode warna HTML juga susah, tetapi sekarang sudah ada berbagai tools, aplikasi, website, dan extension di luar sana yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah Anda mencari kode warna HTML. Kelima tools diatas adalah tools yang paling banyak digunakan, karena memang tergolong mudah untuk digunakan. Mau tau lebih banyak ? Chat Customer Service kami, ya!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…