×

Marketing Campaign dan Efeknya di Dunia Bisnis

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Marketing Campaign dan Efeknya di Dunia Bisnis

23 December 2019

Seberapa sering kita mendapati iklan tentang strategi marketing digital di media sosial kita? Atau iklan seminar kewirausahaan melalui media sosial? Atau bahkan, melihat buku tentang memanfaatkan dunia digital untuk bisnis di rak toko buku langganan kita?

Memang tidak bisa dipungkiri, di jaman milenial ini, kebutuhan dunia digital semakin meningkat. Beragam marketplace baru pun bermunculan dengan diskon menarik. Berbagai jasa pembuatan website khusus online shop mulai menjamur.

Kenapa? Coba deh tengok kanan-kiri. Setiap orang asyik dengan gadget dan smartphonenya masing-masing. Beragam aktivitas dunia nyata sudah berimbang dengan aktivitas dunia maya. Bermain, berbelanja, bertukar pikiran, belajar bahkan bertatap muka, semua bisa dilakukan melalui dunia digital.

Berbicara mengenai bisnis, apa sih efek dari fenomena jaman milineal ini yang bisa kita manfaatkan untuk perkembangan bisnis kita? Tentu saja jawabannya banyak sekali. Asalkan jeli melihat tren kebiasaan masyarakat, kita bisa kok membuat bisnis kita masuk ke kebiasaan jaman milenial ini.

1. Target market anak milenial


Ingin melihat bagaimana usaha Anda 5 tahun kedepan? Mulailah melirik kebiasaan anak milenial jaman sekarang. Beberapa tahun dari sekarang, mereka akan menjadi salah satu konsumen bisnis Anda. Pertimbangkan untuk mulai menerapkan beberapa kebiasaan mereka ke bisnis Anda. Contoh kecilnya ya, ketergantungan mereka dengan smartphone dan akses ke dunia digital. 

 m7

2. Go digital

 
Gunakan tren dunia digital saat ini untuk menambah omzet bisnis anda. Pemasaran menggunakan website, media sosial, dan memanfaatkan iklan digital bisa sangat membantu. Kampanye pemasaran atau marketing campaign merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, dan peningkatan beberapa nilai bagi produk yang kamu pasarkan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Sebagai marketer, kamu harus dapat menyesuaikan situasi dan peluang yang tak terduga atau di luar kendalimu, marketing campaign selalu melibatkan perencanaan pengambilan keputusan secara sadar.

m2

Setidaknya ada dua tipe campaign yang dapat dilaksanakan, yaitu print dan online campaign. Kedua hal ini sama-sama bertujuan untuk meningkatkan citra suatu brand. Perbedaan keduanya hanya terletak pada media yang digunakan, yaitu cetak (bannerflyer, brosur) daring (email, media sosial, website).

  • Cara Menjalankan Marketing Campaign
  • Atur tujuan dan batasan marketing campaign yang harus dilaksanakan
  • Tentukan batas kesuksesan
  • Atur anggaran campaign
  • Pilih strategi pemasaranmu untuk berkomunikasi dengan pelanggan
  • Buat timeline dan action plan
  • Eksekusi dan evaluasi

 m5

Selain keenam poin cara di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa hal tambahan, seperti melakukan brainstorming dengan anggota lain yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. Karena biasanya mereka lebih mengerti sifat pelanggan dan tahu bagaimana cara memperlakukan pelanggan.

 

Selanjutnya bangun komunikasi dengan pelanggan, kamu juga bisa melakukan analisis competitor agar dapat melakukan introspeksi diri. Jadi, kamu bisa tahu, apa sih kelebihan dan kekurangan produkmu.

Dari penjelasan diatas, bisa dipastikan bila kita ingin menambah omzet usaha dari sisi perkembangan jaman, sangat cocok jika kita mulai melirik dunia digital. Karena di jaman milenial ini adalah tempat untuk industri dan produk kreatif, maka buatlah personal branding usaha Anda yang menarik kaum milenial dan orang-orang untuk menciptakan tren menggunakan produk dan jasa Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk memanfaatkan tren jaman milenial agar memuluskan jalannya marketing campaign perusahaanmu. Mau tau lebih banyak ? Chat Customer Service kami, ya!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…