×

Tips meningkatkan kemanan website Anda 2022

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips meningkatkan kemanan website Anda 2022

17 March 2022

Keamanan siber saat ini makin diperhatikan, bayangkan bila data yang Anda berikan kepada suatu situs yang belum dapat dipastikan aman atau tidaknya membuat kewaspadaan kita menjelajah di internet menjadi lebih penting. Bila Anda memiliki suatu situs website, apalagi toko online. Hal ini sangat penting bagi Anda.

 

Beberapa tips berikut ini dari Crosstechno untuk website Anda:

  • Instal SSL – membeli sertifikat Secure Sockets Layer sederhana adalah langkah pertama yang penting.
  • Gunakan perangkat lunak anti-malware – untuk memindai dan mencegah serangan berbahaya.
  • Buat kata sandi Anda tidak dapat dipecahkan – lebih baik tidak menggunakan “123456”.
  • Perbarui situs web Anda – menggunakan perangkat lunak yang kedaluwarsa seperti membiarkan tidur disaat pintu rumah Anda tidak terkunci.
  • Jangan bantu para peretas – perhatikan email phishing dan penipuan lainnya.
  • Jalankan pencadangan secara berkala – untuk mempersiapkan skenario terburuk.

 

Sebelum kita masuk ke detail tentang bagaimana mencegah situs web Anda diretas, kita mungkin harus berbicara tentang seperti apa tampilan situs web yang diretas. Dari banyaknya metode peretasan, berikut adalah beberapa cara umum peretasan muncul:

 

  • Ransomware. Peretas akan mengancam untuk mempublikasikan data Anda dan/atau menahan akses ke situs Anda kecuali sejumlah uang tebusan dibayarkan.
  • Denial of Service (DoS). Peretas menggunakan bot untuk membebani situs web dengan permintaan dan merusak server yang ada di dalamnya.
  • Phising. Scammers menghubungi klien Anda berpura-pura menjadi bagian dari bisnis Anda dan menggunakan merek Anda dengan harapan menemukan informasi pribadi.

 

Dari beberapa jenis masalah keamanan diatas, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegahnya.

 

20220317 154306 0000

 

Install SSL

Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi situs web Anda, diri Anda sendiri, dan pengguna Anda, adalah memasang sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda menemukan SSL setiap saat saat menjelajahi web – itulah alasan untuk “s” di “https”, dan gembok di bilah alamat.

 

Sangat penting untuk memiliki keamanan SSL jika Anda menerima pembayaran melalui situs Anda, meminta detail login, atau mentransfer file. Tanpa itu, data tidak terlindungi, dan rentan terhadap peretas.

 

Sertifikat SSL harus dimiliki jika Anda menjalankan toko eCommerce atau mengumpulkan informasi pengunjung, seperti email, di situs Anda. Selain meningkatkan SEO, sertifikat SSL membuktikan bahwa setiap data yang dikirim pengunjung ke situs Anda menggunakan saluran terenkripsi, sehingga peretas tidak dapat melihatnya saat sedang transit.

 

 

Gunakan Software yang Mendukung Anti Malware

“Perangkat lunak anti-malware” mungkin terdengar seperti banyak jargon, tetapi kabar baiknya adalah bahwa perangkat lunak anti-malware benar-benar bekerja keras untuk Anda – jadi Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal teknis apa pun. Pembuat situs web atau penyedia hosting berkualitas baik harus menjaga keamanan situs Anda untuk Anda. Penyedia hosting sering menyertakan perangkat lunak anti-malware sebagai bagian dari rencana.

 

 

Buat Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi. Mereka begitu akrab sehingga kita terkadang lupa betapa pentingnya mereka. Sangat mudah untuk mengabaikan fakta bahwa seringkali, kata sandi Anda adalah satu-satunya yang berdiri di antara peretas dan informasi pribadi Anda.

 

Kata sandi tidak hanya merupakan langkah yang sangat penting, tetapi juga salah satu hal termudah yang dapat Anda ubah untuk meningkatkan keamanan situs web Anda. Luangkan hanya 20 menit hari ini untuk membuat kata sandi Anda lebih kuat, dan Anda akan segera menuju situs yang lebih aman.

 

Alih-alih menggunakan frasa yang mudah ditebak, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan:

  • Gabungkan tiga frasa acak, tidak terkait, tetapi mudah diingat
  • Gunakan urutan karakter yang dibuat secara acak
  • Jangan gunakan kembali kata sandi – gunakan pengelola kata sandi untuk melacak semuanya
  • Buat kata sandi Anda panjang
  • Jangan pernah menggunakan informasi pribadi dalam kata sandi Anda – ini adalah hal pertama yang akan dicoba oleh peretas!

 

Setelah Anda mendapatkan kata sandi yang tidak dapat ditembus bak anti peluru baru yang mengkilap, berhati-hatilah dengan kata sandi tersebut – jangan bagikan, bahkan dengan teman, dan ubahlah secara teratur (kira-kira minimal 3 bulan sekali).

 

 

Perbarui Situs Website Anda

Kami tidak berbicara tentang memposting gosip terbaru, atau menjaga pengunjung Anda tetap terhubung dengan produk terbaru Anda. Ini tentang pentingnya menjaga perangkat lunak situs web Anda tetap mutakhir.

 

Jika Anda menggunakan pembuat situs web, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini, karena sebagian besar pembuat akan menangani pembaruan perangkat lunak dan masalah keamanan untuk Anda. Namun, jika Anda menggunakan platform seperti WordPress, Anda harus benar-benar di atas segalanya dan menjalankan pembaruan bila perlu.

 

Anda perlu menjalankan pembaruan untuk perangkat lunak inti WordPress Anda, serta semua plugin yang telah Anda instal . Jika tidak, maka semuanya bisa menjadi usang dan rentan terhadap bug, gangguan, dan – yang terburuk – peretas yang menggunakan kode berbahaya.

 

20220317 154306 0001

 

Jangan Bantu Hacker

Tahukah Anda bahwa 92,4% malware dikirimkan melalui email? Itu menjadikannya metode serangan nomor satu, dan berarti Anda harus selalu waspada terhadap sesuatu yang tidak biasa di kotak masuk Anda.

 

Selalu ada lebih banyak teknologi yang dapat Anda terapkan untuk melindungi situs web Anda, tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa 95% pelanggaran keamanan siber disebabkan oleh kesalahan manusia. Lindungi situs web Anda dengan waspada, dan curigai SMS, email, atau panggilan telepon yang meminta informasi pribadi.

 

Kedengarannya cukup sederhana, tetapi penipuan berkembang semakin canggih. Berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan situs web Anda tidak membuka pintu bagi pengunjung yang tidak diinginkan:

  • Waspadalah terhadap koneksi internet publik atau terbuka
  • Jangan pernah mengklik tautan di email yang tampaknya mencurigakan
  • Berhati-hatilah dengan siapa Anda memberikan akses ke situs web Anda
  • Ubah pengaturan default
  • Hanya percayai profesional terverifikasi

 

 

Jalankan Pencadangan Secara Berkala

Cadangan pada dasarnya adalah salinan data situs web Anda – seperti file, konten, media, dan basis data. Jika Anda memiliki situs web yang besar atau rumit, Anda memerlukan penyimpanan cadangan yang lebih besar untuk menyimpan semua data Anda.

Jika situs web bisnis Anda diretas, Anda memerlukan cara untuk bangkit dan berjalan kembali dengan cepat agar Anda tidak kehilangan pelanggan. Pastikan layanan mana pun yang Anda pilih menjalankan pencadangan harian, sehingga Anda tidak perlu kembali ke versi situs yang kedaluwarsa jika terjadi kerusakan.

 

Jika Anda sudah memiliki situs web, langkah pertama sekarang adalah memeriksa apakah Anda telah menginstal sertifikat SSL. Anda akan tahu jika tidak, karena alamat web Anda akan diawali dengan "http", bukan "https". Anda juga harus memeriksa kata sandi Anda, dan pastikan kata sandi itu cukup kuat untuk melawan serangan!

 

Untungnya, sertifikat SSL mudah diperoleh, dan relatif terjangkau untuk dibeli – meskipun kami menyarankan untuk mencari tahu persis berapa biaya sertifikat SSL sebelum meraih dompet Anda!

 

Jika Anda belum mulai membangun situs web Anda, maka langkah terpenting yang harus Anda ambil selanjutnya adalah memilih pembuat situs web atau jasa pembuatan website dan penyedia hosting yang berkualitas baik salah satunya seperti Crosstechno.

 

Jika Anda memerlukan bantuan untuk memilih yang tepat, Crosstechno dapat membantu Anda. Klik widget yang berada pada bagian kanan atau kiri layar Anda sekarang.

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

 - Biar Gak Ketipu, Tips Aman Belanja Online

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…