×

Apa Itu Payment Gateway Dan Manfaatnya Untuk Toko Online Anda

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apa Itu Payment Gateway Dan Manfaatnya Untuk Toko Online Anda

11 March 2022

Dalam menjalankan bisnis online, untuk apapun produk Anda pembayaran adalah hal yang paling krusial dalam dunia ecommerce. Hal ini sangat penting untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang berbelanja di dunia maya.

 

Payment gateway, sebagai salah satu solusi kunci yang membuat kegiatan jual beli Anda meningkat dengan mudahnya bertransaksi. Payment gateway adalah layanan pembayaran yang memudahkan penjual dan pembeli bertransaksi online.

 

Tingkat keamanan payment ini sangat ketat, karena dalam standard nya diperlukan sebagai berikut:

  • Address Verification System. Dengan sistem ini, rincian tagihan customer akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah resmi terdaftar. Jadi, tidak perlu takut salah tagih.
  • Card Security Code. Setiap proses transaksi hanya akan diproses kalau memiliki tiga digit terakhir nomor kartu kredit/debit.
  • 3D Secure Password. Pengguna akan selalu menggunakan password yang aman ketika transaksi online dijalankan.

 

 

Payment gateway bekerja dengan sangat cepat dan bisa dibilang real-time. Dimulai dari konsumen yang bertransaksi di took online Anda.

 

Setelah pemilihan produk, mereka akan disuguhkan beberapa opsi pembayaran yang beragam. Setelah melakukan checkout dan membayar, toko online akan mengirimkan data pembelian dari konsumen itu ke penyedia payment gateway.

 

Nah, setelah konsumen melakukan pembayaran, transaksi ini akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan yang terkait. Kemudian bank akan memproses validitas transaksi Anda dan mengirimkan datanya Kembali pada payment gateway.

 

Penyedia payment gateway akan mengirimkan pesan kepada toko online mengenai berhasil atau tidaknya transaksi. Dan toko online dapat memproses barangnya untuk dikirimkan segera.

 

Selain mudah dan cepat, berikut manfaat lainnya dari penggunaan payment gateway

 

 13

 

Beragam Pilihan Pembayaran Tersedia

Payment gateway memungkinkan Anda menyediakan metode pembayaran yang beragam. Hal ini akan memudahkan konsumen ketika berbelanja di toko online Anda. Sebab, konsumen punya banyak pilihan ketika ingin melakukan pembayaran sesuai keinginan mereka.

 

 

Transaksi Lebih Aman

Payment gateway menawarkan solusi agar transaksi di toko online Anda lebih aman. Perusahaan penyedia payment gateway telah membangun sistem yang canggih. Jadi, dapat memeriksa semua transaksi dengan cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang merugikan.

 

 

Menjangkau Lebih Luas

Dengan adanya globalisasi, berbagai toko online dengan produk dari Indonesia yang menjangkau manca negara. Tidak dapat dipungkiri, bila Anda bisa melakukan hal yang sama.

Semua sistem payment gateway telah memiliki pengelolaan transaksi yang baik dan akurat. Hal ini bisa dipahami mengingat jika jumlah yang harus dibayar konsumen berbeda, mereka tentu akan protes, bukan?

 

 

14

 

 

Rekonsiliasi keuangan yang lebih mudah

Rekapan harian terkait transaksi yang masuk, laporan penjualan, serta informasi mengenai pelanggan dapat dilihat melalui dashboard layanan payment gateway. Selain itu, cakupan rincian detail nominal yang sudah terbayarkan dan status transaksi juga bisa diidentifikasi dan disesuaikan, sebagai cara untuk meminimalisir kesalahan saat melakukan catatan transaksi.

 

 

 

Opsi Payment Gateway Apa Saja yang Ada di Indonesia?

Perkembangan fintech seperti ini akan makin berkembang, dan memiliki berbagai opsi. Bagi Anda yang berada di Indonesia, ada berapa banyak layanan payment gateway yang bisa digunakan? Sebenarnya cukup banyak. Namun tenang saja, kami sudah rangkum beberapa pilihan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

 

 

Duitku

Duitku dikelola oleh PT Kharisma Catur Mandala sebagai penyedia jasa pembiayaan online, menawarkan beberapa metode pembayaran online mulai dari kartu kredit, debit, pembayaran mobile, e-wallet, transfer bank, kartu prabayar, voucher dan lainnya.

 

Selain bisa diakses di situs, Duitku juga bisa diakses oleh merchant yang ingin menggunakan platform Duitku di aplikasi mobile Android. Dengan proses pendaftaran yang cepat dan tidak terlalu rumit, Duitku mengklaim proses verifikasi bisa dilakukan kurang lebih 30 menit.

 

Selain digunakan untuk transfer di berbagai akun pembayaran eksternal, Duitku juga bisa transfer ke sesama akun Duitku. Sebagai Payment Gateway yang fokus kepada aspek sosial, Duitku memiliki komunitas yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan MDR (Merchant Discount Rate) jika bergabung.

 

 

Xendit 

Xendit merupakan payment gateway unicorn di Indonesia. Berbagai fitur yang dimilikinya membuat banyak perusahaan menggunakan layanan ini. Contohnya, Bukalapak, Lazada, OYO, Samsung, dan Traveloka.

 

Diantara berbagai produk Xendit, XenPayments paling direkomendasikan untuk toko online Anda. Layanan payment gateway ini akan memudahkan konsumen membayar dengan kartu kredit, transfer bank, atau akun virtual.

 

Selain itu, Xendit juga memiliki fitur real time notification. Artinya, setiap kali pembayaran dilakukan oleh konsumen, Anda akan mendapat informasinya. Tak perlu repot mengecek di sistem terus, kan?

 

 

MidTrans 

Midtrans, dulunya Veritrans Indonesia, adalah layanan payment gateway yang berasal dari Jepang dan menjadi bagian dari Gojek pada 2017. Layanan ini terus berkembang dan dipercaya lebih dari 500 ribu merchant termasuk Tokopedia, KitaBisa dan TaniHub.

 

Payment gateway ini menerima pembayaran melalui website, chat hingga SMS. Selain itu, proses pembayaran bisa dilakukan tanpa ribet dengan hal teknis dan serba otomatis. Kemudian, integrasi dengan platform lain cukup cepat dan sederhana. Dan yang cukup penting, dapat diandalkan untuk mengelola banyak transaksi sekaligus.

 

Itu saja kelebihan Midtrans? Tentu tidak. Layanan payment gateway ini juga telah tersedia di beberapa platform seperti, Shopify dan iOS dan menyediakan hingga 24 metode pembayaran. Sebagai tambahan, sistem anti fraud mereka bisa mendeteksi adanya transaksi mencurigakan.

 

 

15

 

 

Nah, Anda sudah lebih memahami kalau Payment Gateway cukup penting untuk memudahkan transaksi di toko online. Anda dapat menguhubungi Crosstechno terkait pembuatan toko online dengan payment gateway.

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Ingin usahamu terintegritas dengan PAYMENT GATEWAY ??

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…