×

Tips Desain Website dari Ahlinya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips Desain Website dari Ahlinya

18 January 2022

Anda telah menyiapkan website untuk bisnis baru dan sudah memiliki traffic yang cukup tinggi. Pertanyaan setelah kalimat pembuka sebelumnya adalah apa menghasilkan uang?

 

Jika Anda memiiliki masalah ini, sudah sepatutnya untuk melihat kembali dengan seksama kualitas desain web Anda. Tata letak dan desain situs web Anda memiliki dampak besar pada jumlah uang yang dapat Anda hasilkan.

 

Hal ini memengaruhi segalanya, mulai dari bounce rate ratio hingga konversi hingga tautan kembali ke situs Anda – semuanya berkontribusi dalam beberapa hal pada keuntungan Anda.

 

Memaksimalkan pendapatan di situs web Anda adalah proses yang berkelanjutan. Selalu ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat pengunjung lebih bahagia dan meningkatkan laba.

 

Berikut beberapa tips yang sudah kami uraikan untuk meningkatkan website Anda:

 

 

Prioritaskan kecepatan situs

Pasti setiap orang saat ini setidaknya pernah mengalami ini. Mengunjung suatu situs, yang memuat isi terasa sangat lama membuat kita kesal dan lelah, pernah bahkan hanya dalam beberapa detik tidak merespon sudah membuat kita gelisah bukan? Pada akhirnya kita menutup website tersebut dan mencari situs lain yang mirip dengan waktu loading lebih cepat.

 

Faktanya, 47% pengguna terpental setelah melihat hanya satu halaman di sebuah situs. Artinya kecepatan situs adalah bagian penting untuk meningkatkan desain web Anda.

 

Bila Anda sorang programmer, biasanya Anda perlu mengooptimalkan gambar Anda dan mengurangi kode JavaScript atau CSS yang tidak perlu.

 

Jika Anda bukan seorang desainer atau pengembang web profesional, daftar ini mungkin tampak seperti banyak jargon. Anda dapat menyewa pengembang web seperti Crosstechno untuk membantu mengatasi masalah ini.

 

Meningkatkan kecepatan situs adalah proses yang konstan. Akan selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membuat situs Anda berjalan lebih cepat. Coba sisihkan waktu setiap minggu atau bulan untuk menjalankan pemeriksaan kecepatan situs dan lakukan perbaikan terus-menerus.

 

 

Gunakan judul deskriptif yang berfokus pada kata kunci

Judul pada halaman awal situs Anda adalah hal pertama yang menarik perhatian pembaca Anda. Itu harus segera menarik mereka dan memberi tahu mereka bahwa mereka berada di tempat yang tepat.

 

Untuk melakukan ini, konten judul Anda harus mencakup dua bagian: kata kunci SEO dan bahasa deskriptif yang kuat.

 

Sangat penting bahwa bahasa deskriptif dalam judul Anda dan konten situs web lainnya mencerminkan merek Anda. Tangani kebutuhan spesifik dan poin nyeri dari audiens target Anda di setiap kesempatan.

 

Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menekankan harga rendah Anda dibandingkan dengan pesaing atau memberikan bukti sosial untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pemain tepercaya di ceruk ini.

 

 

Manfaatkan hierarki visual

Pikirkan tentang beberapa desain situs web paling efektif yang pernah Anda lihat.

 

Bagaimana desainer web menekankan konten yang paling penting? Bagaimana Anda, sebagai pengunjung, memahami bagaimana semua bagian terkait satu sama lain?

 

Ada satu prinsip sederhana: hierarki visual.

 

Dengan hierarki visual, desainer web menggunakan ukuran, warna, kedekatan, dan prinsip lain untuk menunjukkan pentingnya elemen atau konten situs web tertentu. Anda dapat menggunakan beberapa kiat ini untuk memasukkan hierarki visual ke dalam desain web Anda.

  • Gunakan ukuran dan warna untuk menyorot konten penting
  • Tempatkan elemen terkait di samping satu sama lain
  • Gabungkan banyak ruang putih
  • Pilih warna serupa untuk menyoroti konsep terkait

 

 

 10

Pilih warna serupa untuk menyoroti konsep terkait

Lebih baik bila tata letak situs web dapat diprediksi. Perusahaan membuat kasus untuk produknya melalui konten situs web, yang jauh lebih efektif.

 

Sebagian besar pengguna internet mengharapkan jenis tata letak tertentu di sebagian besar situs web. Elemen asimetris, font yang tidak cocok, atau elemen visual lain yang tidak biasa dapat menyebabkan kebingungan. Adalah kepentingan terbaik Anda untuk memberi pengguna tata letak yang mereka harapkan. Kemudian, Anda dapat menggunakan konten untuk menunjukkan kepada mereka apa yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik daripada pesaing Anda.

 

 

Pastikan konten Anda mobile-friendly

Enam puluh empat persen dari semua lalu lintas web sekarang terjadi di perangkat seluler, dan persentase itu hanya bertambah setiap tahun. Plus, Google sekarang mengindeks dan memberi peringkat situs web berdasarkan versi seluler situs tersebut.

 

Enam puluh empat persen dari semua lalu lintas web sekarang terjadi di perangkat seluler, dan persentase itu hanya bertambah setiap tahun. Plus, Google sekarang mengindeks dan memberi peringkat situs web berdasarkan versi seluler situs tersebut.

 

  • Gunakan desain web responsive
  • Jadikan situs web seluler dan situs web desktop Anda identik
  • Singkirkan pop-up

 

 

11

Hindari stok foto yang buruk

Kita semua pernah melihat situs web dengan stok foto yang berkualitas rendah, tidak relevan, atau foto yang aneh.

 

Saat Anda terlalu mengandalkan stok foto yang buruk, pengguna mungkin tidak menganggap serius situs Anda. Anda mungkin tampak tidak profesional atau tidak berpengalaman seperti pesaing Anda.

 

Untuk menghindari asosiasi ini, gunakan foto atau citra khusus bila memungkinkan. Menambahkan sentuhan pribadi dan unik dapat membuat perbedaan besar.

 

 

Gunakan bahasa yang sederhana dan hilangkan jargon

Saat Anda menulis konten untuk situs web Anda, mudah untuk jatuh ke dalam jargon industri.  Di sisi lain, pengunjung situs web Anda tidak akan tahu apa yang Anda bicarakan.

 

Untuk membuat desain situs web yang paling efektif, Anda perlu menerjemahkan keahlian Anda ke dalam bahasa sederhana yang dapat dipahami oleh audiens target Anda. Untuk melakukan itu, pertama-tama Anda harus mengembangkan pemahaman mendalam tentang audiens itu. Kemudian, Anda dapat menyesuaikan konten Anda dengan preferensi mereka.

 

 

Sebarkan tombol CTA Anda

Banyak desainer web baru membuat kesalahan dengan menempelkan satu tombol CTA di bagian atas atau bawah setiap halaman. Dengan pendekatan ini, Anda kehilangan banyak peluang untuk mendapatkan prospek dan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

 

Sebaiknya gabungkan tombol CTA secara berkala di seluruh halaman Anda. Anda tidak ingin membanjiri pengunjung, tetapi antara dua dan lima tombol CTA akan memberi pengunjung kesempatan yang tepat untuk berkonversi.

 

Dengan tips desain web ini, Anda akan memulai awal yang baik dengan memberikan pengalaman situs web yang lebih baik dan meningkatkan laba Anda.

 

Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website silahkan hubungi kami. Crosstechno akan memberikan harga web yang bersahabat dengan kualitas yang menjanjikan dan memuaskan.

 

Artikel lainnya dari CrosstechnoTips Penting Memilih Jasa Pembuatan Website 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…