×

Cara Membuat e-Commerce seperti Pro

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Cara Membuat e-Commerce seperti Pro

07 January 2022

Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan selama mengembangkan situs website. Dari pengalaman pengguna hingga kinerja.

Mengembangkan situs web perusahaan apa pun dalam skala besar itu sendiri merupakan proses yang kompleks. Mengembangkan situs web e-Commerce juga merupakan tantangan tersendiri.

Keberhasilan bisnis eCommerce sangat berdampak sehingga bahkan rumah bisnis yang sudah mapan pun mulai menjual online sebagai upaya pelengkap.Karena pengguna akan datang ke website Anda untuk mempelajari dan membeli produk, maka tugas pengembang adalah membuat proses ini mudah dan intuitif.

Di sini kami menyajikan beberapa aspek situs e-Commerce yang ingin dipastikan oleh pengembang selama proses pengembangan.

 

 

Pilih Model Bisnis Anda

Sebagai pemilik bisnis eCommerce, Anda dapat memilih model bisnis sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menjual hanya melalui toko online Anda, atau Anda dapat menjual produk Anda di pasar seperti Amazon, Flipkart, eBay, dll. Anda juga dapat menjual produk Anda di kedua platform secara bersamaan.

 

Baca juga: Jualan dengan Marketplace atau Toko Online? Bisa dengan Crosstechno.

 

Pilih nama dan dapatkan domain Anda

Jika Anda baru membuat situs web e-commerce, domain Anda—juga disebut URL—adalah alamat web Anda. Ini adalah "rumah" situs web e-commerce Anda di internet, dan apa yang dimasukkan pembeli ke bilah browser untuk mengunjungi situs web Anda.

 

Memilih nama domain yang baik penting untuk branding dan kesuksesan Anda secara keseluruhan. Jika memungkinkan, pilih bisnis dan nama domain yang terkait erat dengan apa yang Anda jual. Dengan menggunakan kata kunci deskriptif atau frase kunci ke dalam bisnis dan nama domain Anda, pelanggan Anda tahu apa yang Anda jual di muka, ditambah lagi membantu Anda mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, yang sangat penting untuk strategi SEO bisnis Anda.

 

Misalnya, jika Anda mengkhususkan diri pada madu organik, Anda dapat mencari nama yang menyertakan “Organic Honey”, seperti KatiesBeesOrganicHoney.com. Atau, jika Anda menjual kalung hewan peliharaan custom, Anda bisa mencoba CocosCustomCollars.com. Jika Anda memiliki bisnis khusus, cukup mudah untuk membuat nama yang berfokus pada kata kunci untuk situs web e-commerce Anda.

 

Nama domain Anda biasanya berharga antara $12 atau sekitar 200ribu hingga $25 atau 400tibuper tahun, tergantung pada layanan dan add-on yang Anda pilih.

 

 

Pilih platform e-commerce Anda

Platform e-commerce Anda adalah tempat situs Anda "hidup" online, dan Anda memiliki banyak opsi untuk dipilih. Ada platform e-commerce gratis dengan fitur terbatas dan toko e-commerce hampir gratis yang dibangun di WordPress, Square, Freewebhouse, atau Ecwid.

Anda dapat menambahkan fitur e-commerce ke pembuat situs web populer, atau menggunakan platform e-commerce khusus yang dapat mendukung pertumbuhan tanpa batas. Namun Anda juga perlu memperhatikan bila pilihannya terbatas juga.

Bila Anda ingin melakukan perubahan atau pembaruan yang lebih menarik dengan fitur lebih kompleks, Anda dapat menghubungi Crosstechno.

 

 

Rencanakan dan bangun situs web e-commerce Anda

Setelah menetapkan platform e-commerce, saatnya untuk mulai membuat situs web e-commerce Anda. Untuk ini, Anda harus mengumpulkan elemen dan informasi berikut:

 

 

Logo dan citra merek

Semua platform e-commerce memungkinkan Anda membuat logo jenis sederhana, atau Anda dapat menuju ke Canva untuk membuat logo Anda sendiri menggunakan template logo gratis. Canva juga memiliki foto bebas royalti yang dapat Anda gunakan untuk membantu merek situs web Anda. Namun, gambar bermerek Anda sendiri akan lebih efektif menceritakan kisah Anda. Selesai dengan benar, bidikan ponsel DIY sangat bagus untuk ini—jadi cobalah.

 

Foto produk, deskripsi, dan data

Informasi produk berada di depan dan tengah di sebagian besar situs web e-commerce, jadi ini adalah bagian penting dari pembuatan situs web e-commerce Anda. Berikut adalah daftar informasi untuk disertakan, ditambah beberapa tip untuk membantu Anda memasarkan produk secara efektif.

  • Foto produk
  • Video produk
  • Deskripsi produk terperinci
  • Opsi produk
  • SKU produk
  • Harga produk
  • Ukuran dan berat barang
  • Inventaris stok

 

Untitled design 2

 

Buat mereka mengenal Anda

Ini adalah kesempatan Anda untuk terhubung dengan calon pembeli, jadi buatlah bagian "Tentang Kami" di situs web e-commerce Anda. Bagikan perjalanan pribadi Anda—apakah ini adalah pemenuhan impian seumur hidup? Atau eksperimen pertunjukan sampingan yang menyenangkan? Apa pun alasan Anda mempelajari cara membangun situs web e-commerce, sampaikan di sini. Hiasi dengan foto dan video dan buat itu menghibur dan menarik untuk membuat pembeli datang kembali untuk membeli lebih banyak.

 

Halaman layanan pelanggan

Layanan pelanggan yang hebat membuat pembeli datang kembali, jadi gunakan halaman layanan pelanggan di situs web e-commerce Anda untuk menetapkan harapan dengan jelas. Elemen kunci di sini meliputi:

 

Tarif dan waktu pengiriman : Nyatakan perputaran pengiriman tipikal Anda, tarif yang Anda tetapkan, dan waktu pengiriman rata-rata.

 

Pengembalian dan penukaran: Tutupi kebijakan pengembalian Anda dan nyatakan dengan jelas siapa yang membayar pengiriman kembali—dengan begitu tidak akan ada kejutan.

 

Kebijakan privasi: Secara hukum, Anda harus menyertakan kebijakan privasi di situs web Anda dan sebagian besar platform e-commerce memberikan pernyataan menyeluruh yang dapat Anda masukkan.

 

Konten blog

Cara yang bagus untuk membuat konten berkelanjutan dan meningkatkan peringkat mesin pencari situs web e-commerce Anda adalah dengan blogging. Selesai dengan benar, posting blog adalah bagian dari strategi pemasaran Anda secara keseluruhan. Anda dapat terus menggunakan kembali konten ini melalui saluran sosial dan pemasaran email untuk mendapatkan lebih banyak jarak tempuh dari upaya Anda.

 

Bersambung ke Part II segera

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…