×

Tingkatkan Kinerja Penyedia Jasa Pengiriman Paket dengan QR Code

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tingkatkan Kinerja Penyedia Jasa Pengiriman Paket dengan QR Code

18 August 2022

Jika Anda belum familiar dengan QR Code, QR Code mirip dengan barcode yang digunakan oleh para pelaku retail untuk mengetahui persediaan dan harga produk. Perbedaan utama antara keduanya adalah jumlah data yang mereka dapat disimpan atau dibagi. Barcode adalah kode satu dimensi yang hanya dapat menyimpan 20 digit angka.

 

Sedangkan QR Code adalah kode matriks dua dimensi yang dapat menyimpan informasi ribuan karakter alfanumerik. Kemampuannya untuk menyimpan lebih banyak informasi dan mudah untuk digunakan membuat QR Code lebih praktis untuk bisnis dengan skala kecil hingga skala besar.

 

Selain penampilan QR yang lebih praktis, tambahan fitur pelacakan paket memberikan tambahan kemudahan bagi penggunanya.

 

Keuntungan Penggunaan QR Code pada bidang industri Logistik

  • Mengamankan detail pelanggan – sebelumnya, sticker pada bungkus paket berisi nama, alamat, dan detail kontak pembeli. Ini memungkinkan personel untuk menghubungi klien saat mereka mengirimkan barang dengan cepat. Yang perlu di khawatirkan, hal ini mengekspos informasi pribadi pelanggan. Jika sepasang mata yang salah melihat bungkusnya, pembeli dapat mengambil risiko ancaman keamanan seperti penipuan teks dan pencurian identitas.

 

  • Manajemen inventaris – selain efisien, QR Code dapat memuat data lebih banyak dari pada Barcode tradisional. QR Code untuk inventaris dapat menyimpan nomor seri, deskripsi produk, tanggal pengiriman, dan tujuan paket. Selain itu, hal ini akan memudahkan staf Anda dalam pencatatan paket.

 

  • Autentikasi info produk - Beberapa bisnis ber skala besar memerlukan layanan logistik internal untuk mengirimkan produk mereka. Tetapi satu masalah yang mereka hadapi adalah produk mereka rentan terhadap pemalsuan. Dengan adanya QR untuk logistik guna menyimpan detail autentikasi item, seperti nomor seri, yang kemudian dapat dimasukkan pembeli di situs web resmi merek untuk verifikasi.

 

  • Pelacakan paket hingga panduan ke tempat hub pengantaran - Perusahaan dapat melacak paket menggunakan QR dengan menempatkan QR Code dinamis untuk pelacakan produksi pada paket dan pengiriman mereka. Setiap pelanggan pasti akan senang bila, mengetahui bagaimana proses pengiriman barang Anda. Dan bila terjadi penundaan pada hub tertentu, QR Code dapat menyimpan alamat pembeli di aplikasi peta berbasis web seperti Google Maps.

 

  • Pemberian Feedback yang mudahhingga permintaan pengembalian barang - Pasti ada saat dimana, perlu mengembalikan barang terlepas apapun alasannya.. Perusahaan Anda dapat mengatur QR Code sedemikian rupa untuk menjangkau CS terkait tanggapan terkait pengiriman hingga pengembalian barang.

 

Tuntutan pelanggan terus berubah seiring perkembangan teknologi, dan sangat penting bagi industri untuk beradaptasi agar dapat memenuhinya.

 

Kepuasan pelanggan dapat menciptakan loyalitas dan menyebabkan niat pembelian kembali, membuat rekomendasi dari mulut ke mulut yang mendukung, dan meningkatkan profit dan pangsa pasar perusahaan, dimana ketetapan waktu dalam pengiriman, kinerja karyawan serta kemudian akses dengan adanya barcode dalam melakukan pengiriman akan sangat mudah melihat posisi barang yang sudah dilakukan.

 

Kode QR memiliki potensi besar untuk optimalisasi layanan logistik. Karena mereka dapat dengan cepat memberikan informasi penting, mereka dapat dengan mudah membantu transparansi dan membangun kepercayaan konsumen.

 

Crosstechno menawarkan berbagai rangkaian solusi penggunaan QR untuk bisnis Anda. Konsultasikan sekarang untuk mendiskusikan cara kerjanya.

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Jasa Pembuatan QR Code

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…