×

Google Memperkenalkan Pencarian Ritel untuk Situs Web eCommerce, dan Apa Artinya untuk Pelaku Tersebut

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Google Memperkenalkan Pencarian Ritel untuk Situs Web eCommerce, dan Apa Artinya untuk Pelaku Tersebut

12 August 2022

eCommerce saat ini menawarkan hampir semua hal yang bisa dibayangkan untuk dijual. Dari peralatan rumah tangga dan pakaian hingga rumah dan film dan segala sesuatu di antaranya, hampir semua hal dapat dibeli dengan mengklik tombol saja.

 

Masalahnya terletak pada memastikan konsumen menemukan dengan tepat barang yang ingin mereka beli dan menonjol dari ratusan, jika bukan ribuan, iklan. Meskipun memanfaatkan teknologi canggih untuk memahami preferensi pengguna dan memunculkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi hanya untuk Anda, sebagian besar mesin pencari produk eCommerce yang dibangun di toko online tidak dirancang untuk memberikan pengalaman pencarian eCommerce pribadi yang unik.

 

Misalnya, cari buku tertentu dan sebagai hasilnya menerima rekomendasi yang tidak berkaitan.  Atau coba untuk menemukan "soda cooler" dan anda menemukan ratusan hasil pencarian produk eCommerce yang relevan, tetapi cari istilah yang berbeda seperti "soda chiller," ke beberapa platform pencarian produk bahkan tidak memberikan hasil yang Anda inginkan satu pun.

 

Lakukan hal yang sama pada laman pencarian produk eCommerce populer seperti Google atau Amazon, dan pengalamannya sangat berbeda. Sebagian besar pelaku ritel terjebak dengan mesin pencari produk eCommerce default mereka, menghambat perjalanan belanja pelanggan mereka.

 

Dengan Google Penelusuran Retail, penjual online kini dapat memanfaatkan kemampuan penelusuran berkualitas Google di properti digital mereka untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan langsung pada fase penemuan produk.

 

Bagaimana Pencarian Ritel Google Membantu Proses Penemuan Produk eCommerce

Beberapa Kemampuan Google Penelusuran Retail meliputi:

  • Pemahaman Kueri Tingkat Lanjut - Pemahaman yang lebih akurat tentang niat pengguna yang menghasilkan hasil pencarian produk eCommerce yang lebih relevan.
  • Hasil yang Dioptimalkan – Dibangun di atas model interaksi pengguna, pengindeksan, pengambilan, dan peringkat untuk mencapai tujuan bisnis.
  • Pencarian Semantik – Menafsirkan maksud pencarian berdasarkan faktor-faktor seperti riwayat pencarian pengguna, lokasi, dan variasi ejaan untuk memberikan hasil pencarian yang berkualitas.
  • Keamanan dan Privasi Tingkat Lanjut – Kontrol keamanan dan privasi yang kuat sesuai dengan Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) untuk melindungi data peritel. Ini berarti Anda dapat memastikan data Anda aman dan milik Anda sendiri.
  • Pencarian Produk Visi – Kemampuan pengenalan objek yang didukung pembelajaran mesin yang memungkinkan pencarian gambar produk dan memberikan rekomendasi produk yang relevan.

 

Banyak retailer saat ini membuat langkah online dengan memanfaatkan Google Retail Search. Dua contoh terbaru adalah department store rantai Amerika Macy's dan IKEA, atau di Indonesia bebrapa platform seperti Shopee, Tokopedia, JD ID, Sociolla, Blibli, dst.

 

Sejak mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kebutuhan pelanggannya dan memberikan hasil dengan mulus, beberapa telah melihat peningkatan rasio klik-tayang (CTR) dan pendapatan per kunjungan berkat Pencarian Ritel. Terbukti, pencarian sangat penting untuk pengalaman berbelanja yang positif, menjadikan pengoptimalan mesin pencarian (SEO) sebagai ukuran yang diperlukan untuk meningkatkan hasil strategi SEO eCommerce.

 

Butuh bantuan membuat website bisnis professional? Atau pembuatan apliaksi e-commerce? Supaya bisa tampil di mesin pencarian google?

 

Crosstechno adalah perusahaan IT Developer, yang menyediakan berbagai jasa pembuatan aplikasi dan website untuk membantu meningkatkan performa digital dan produktivitas Anda. Konsultasi gratis sekarang.

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Jenis Website Development

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…