×

Tingkatkan Keamanan Anda dalam Berbelanja Online

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tingkatkan Keamanan Anda dalam Berbelanja Online

17 November 2022

Keamanan digital menjadi isu yang santer dibicarakan belakangan ini, mengingat hampir semua aktivitas dilakukan secara online. Aset dan identitas seperti scan KTP atau SIM yang tersimpan secara digital rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan digital adalah salah satu upaya perlindungan aset dan identitas pribadi di media digital.

Berikut ini adalah Tips untuk Tingkatkan Keamanan Anda dalam berbelanja Online :

  • Simpan Data secara Offline

Jangan pernah menyimpan informasi pribadi seperti scan KTP, SIM atau Kartu Keluarga secara online atau bahkan di media sosial. Saat ini memang ada banyak layanan cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data secara online.

Sayangnya, saat ini juga masih banyak peretas yang mencari celah untuk mengambil data yang tersimpan. Untuk itu, simpanlah informasi-informasi tersebut ke dalam flashdisk atau hardisk eksternal. Menyimpan data secara offline akan menghindarkan data dari ancaman siber yang datang dari jaringan online.

 

  • Pilih Payment Gateway dengan Reputasi Baik

Proses pembayaran yang mudah dan aman sudah tentu diinginkan oleh semua calon pembeli. Proses pembayaran yang hanya tinggal ‘klik’ tentunya yang paling mereka cari.

Oleh karena itu, penggunaan payment gateway adalah pilihan yang wajib dilakukan. Pilihlah layanan payment gateway yang mempunyai kantor resmi di Indonesia, karena jika payment gateway di website kamu bermasalah, akan lebih mudah penanganannya.

 

  • Pilih Website yang Aman

Ada kalanya mungkin Anda membutuhkan data pribadi untuk dibagikan sebagai syarat-syarat registrasi atau sejenisnya. Sebelum mengirimkan data, periksalah keamanan website tersebut. Pastikan website yang Anda pakai minimal memiliki sertifikat SSL di dalamnya. Untuk mengetahui apakah suatu website memiliki sertifikat SSL, Anda cukup melihat ikon gembok yang terdapat di ujung paling kiri kolom URL.

Sebaliknya, website tanpa sertifikat SSL biasanya memiliki ikon gembok yang dicoret. Anda juga bisa melihat alamat website yang dipakai apakah tercantum HTTPS di awalan alamat. SSL sendiri merupakan sistem yang mengenkripsi koneksi dan data pengunjung menuju server.

 

  • Pakai Kata Sandi yang Kuat

Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi atau PIN untuk sejumlah layanan online? Jika iya, maka segeralah ganti kata sandi tersebut dengan kata sandi lain yang sulit ditebak.

Kombinasi antara huruf, angka dan simbol bisa jadi pilihan untuk semakin membuat kata sandi Anda semakin rumit. Menggunakan kata sandi yang lemah membuat peretas mampu menjebol akun Anda dengan metode brute force. Hindari pula menggunakan kata sandi yang sama di setiap platform untuk mencegah peretasan multi-platform.

 

  • Lakukan Autentikasi Dua Faktor

Bila aplikasi atau website Anda memiliki fitur autentikasi dua faktor, tidak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur tersebut untuk mencegah akun Anda digunakan oleh pihak lain. Autentikasi dua faktor bisa dalam bentuk sidik jari, wajah dan kode OTP. Apa pun bentuknya, autentikasi akan mencegah pencurian data dari pengguna yang tidak semestinya.

 

  • Gunakan Enkripsi Pada Aset Digital

Sistem enkripsi untuk aset digital biasanya dipakai oleh seniman-seniman digital yang ingin mempromosikan hasil karya mereka tanpa risiko karya tersebut dicuri orang lain. Keberadaan enkripsi ini akan mencegah orang lain untuk mengklaim data yang Anda miliki.

 

  • Cek Kembali Link Tak Dikenal

Jangan asal mengklik link yang diberikan oleh orang tak dikenal. Link-link seperti ini ditakutkan merupakan link jebakan yang mengarahkan seseorang menuju ke situs berbahaya. Website tujuannya dapat berupa situs phishing yang tampilannya mirip dengan website aslinya. Jangan sampai Anda telanjur memasukkan data-data pribadi sebelum memastikan apakah link tersebut benar-benar asli dan kredibel.

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Tingkatkan Pemasaran Bisnis Anda menggunakan QR Code

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…