×

Ternyata Hal Ini Mempengaruhi Biaya Pembuatan Website

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Ternyata Hal Ini Mempengaruhi Biaya Pembuatan Website

16 December 2021

Era digital dan kemajuan teknologi berbasis internet membawa pengaruh tumbuhnya banyak situs atau website. Meskipun mayoritas pengguna website adalah perusahaan atau organisasi tetapi nyatanya banyak juga perorangan yang memakainya.

 

Biasanya mereka para pelaku bisnis online yang ingin menaikkan omzet dari dagangannya. Nah, kalau Anda berminat mungkin akan berpikir berapa harga web yang bagus apakah cukup mahal atau masih terjangkau.

 

 

Kalau bicara soal harga pembuatan sebuah website memang sebenarnya tidak bisa disamaratakan. Mungkin web yang berbeda jenisnya juga akan beda biaya yang dibutuhkannya.

 

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga yang harus dikeluarkan saat membuat website. Itulah yang bisa membuat ada selisih harga ketika kita membuat website bukan masalah mahal atau murah melainkan hal yang apa yang mempengaruhinya.

 

 

Agar lebih jelas berikut ini akan dijabarkan faktor apa saja yang bisa mempengaruhi besaran harga web saat pembuatannya.

 

 

 

Jenis Website

Hal pertama, penting untuk Anda pertimbangkan jenis website yang diperlukan. Menentukan skala bisnis Anda yang akan Anda fokuskan dalam website.

 

Apakah itu untuk toko pribadi, usaha skala menengah, marketplace, atau bahkan dengan skala usaha yang lebih besar lagi. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kompleksitas pembuatan dan fitur yang akan Anda dapatkan nantinya. Untuk toko kecil bisa dimulai dari 6 hingga 30juta++.

 

Bila lebih kompleks seperti pembuatan situs pemesanan tiket Rp 100juta++. Terkadang fitur yang simple namun brilian tidak langsung dibuat pada saat awal. Jadi penting pula menemukan developer/ pembuat website yang dapat dipercaya seperti Crossteechno.

 

 

Langkah yang perlu diambil saat membangun Website

Setelah menemukan website apa yang akan Anda buat, Anda pasti akan memilih bagaimana dibuatnya bukan? Opsi pembuatan website ini diantaranya adalah sebagai berikut:

 

 

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website QR Code 

 

 

Menggunakan Website Builder

Ada banyak pilihan dalam hal perangkat lunak pembuat situs web yang dapat Anda pilih untuk membantu Anda membuat situs web. Anda dapat menentukan sendiri mulai dari pengoptimalan mesin telusur, analitik, plugin eCommerce, dan fungsionalitas web seluler.

Namun perlu diingat, bila Anda tidak memiliki pengalaman yang mendukung atau mengkhawatirkan hasil yang kurang memuaskan bila sudah membuat website sendiri, Anda sangat mungkin memilih jasa pembuatan website. Meskipun agak mahal, jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya sendiri, pertimbangkan untuk menyewa perancang atau pengembang situs web dari platform lepas untuk membuat situs web dari awal tanpa menggunakan pembuat situs web.

 

Menggunakan Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website atau website developer yang mengembangkan web untuk perusahaan semakin dicari bila kredibilitasnya baik, reliable, dan sesuai dengan tenggat perjanjian, terlepas dari banyaknya klaim harga murah atau terjangkau. Apalagi banyaknya perusahaan ingin memperkenalkan brand secara meluas melalui media digital.

Memanfaatkan media digital menjadi langkah terbaik untuk pengembangan bisnis dengan mengikuti trend terbaru. Dengan memilih Developer yang sesuai, sangat memungkinkan untuk Anda meningkatkan user yang mengunjungi website Anda, dan pada akhirnya tidak dapat menampik akan kemungkinan besar untuk meningkatkan penjualan juga.

 

 

Set-Up Awal Website

Mempersiapkan website melibatkan pemilihan nama domain dan penyedia hosting situs web, selain mendapatkan sertifikat SSL (Secure Socket Layer atau Lapisan Soket Aman) yang akan mengenkripsi semua data sensitif yang diperlukan. Hal ini perlu diakukan jika Anda membuat  situs web eCommerce.

 

 

Desain

Setelah set-up selesai, saatnya mempertimbangkan desain situs web Anda. Pertimbangkan cakupan desain website, mulai dari membuat logo, memutuskan di mana bilah menu akan ditempatkan, font apa yang akan Anda gunakan, skema warna apa yang akan digunakan, jika Anda memiliki tayangan slide atau video di bagian atas, bagaimana informasi akan disajikan di setiap halaman, dan banyak lagi.

 

 

Konten

Mirip dengan aspek desain, Anda dapat menyewa penulis lepas untuk membuat konten untuk Anda. Atau, mungkin Anda memiliki penulis konten di tim Anda yang tugasnya adalah menulis salinan baru untuk seluruh situs, serta salinan baru sesering mungkin.

 

Selama proses pembuatan konten, ini juga saat Anda harus mempertimbangkan untuk memilih sistem manajemen konten untuk membantu menampilkan teks, gambar, video, artikel, dll., di situs web Anda.

 

 

 

Maintenance

Biasanya untuk Anda yang menggunakan pihak ke-3 seperti developer atau pengembang website lainnya. Perlu ditanyakan, apakah semua biaya yang Anda keluarkan untuk pembuatan website memiliki layanan maintenance. Bila iya, Anda perlu mengetahui skema layanannya bila terjadi sesuatu nantinya Anda akan merasa aman.

 

 

Baca juga: Tips Desain Situs Web Minimalis  

 

 

Situs web yang mewakili perusahaan atau bisnis Anda bukanlah tempat yang Anda inginkan untuk mengambil jalan pintas. Situs web harus mudah dinavigasi, enak dipandang, dan memiliki konten yang menarik. Tentu saja, membangun situs web lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, karena membutuhkan banyak pekerjaan, keahlian tertentu, dan tentu saja, uang.

 

 

Jika Anda telah sampai ke akhir artikel ini, Anda tahu tidak ada jawaban yang sulit dan cepat untuk berapa biaya pembuatan situs web. Mudah-mudahan, rincian dari hal – hal diatas telah memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang situs web yang Anda inginkan untuk perusahaan Anda.

 

Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website silahkan hubungi kami. Crosstechno akan memberikan harga web yang bersahabat dengan kualitas yang menjanjikan dan memuaskan.

 

Artikel lainnya dari CrosstechnoTips Penting Memilih Jasa Pembuatan Website 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…