×

Strategi Pemasaran Digital: Arti, Langkah dan Evaluasi untuk Bisnis

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Strategi Pemasaran Digital: Arti, Langkah dan Evaluasi untuk Bisnis

01 September 2022

Akhir – akhir ini semua kegiatan belanja dilakukan secara online, jika ingin menjangkau peluang profit lebih besar Anda perlu memasarkan produk atau brand Anda pada platform yang mereka gunakan. Namun, menavigasi hal yang selalu berubah seperti ini diperlukan pemahaman yang luas terhadap dunia digital marketing supaya efektif dan tepat sasaran.

 

Memasarkan merek Anda tanpa membangun strategi terlebih dahulu atau melakukan perencanaan strategi pemasaran digital adalah resep untuk kegagalan. Seperti halnya usaha apa pun, langsung terjun ke eksekusi tanpa konsultasi strategi pemasaran digital mengarah pada tindakan yang tidak terkoordinasi, yang mengakibatkan sumber daya yang terbuang-dan laba atas investasi (ROI) yang rendah.

 

Untuk mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang, Anda perlu belajar bagaimana membuat strategi pemasaran digital yang didasarkan pada data dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau brand Anda. Tapi apa sebenarnya strategi pemasaran digital itu? Dan apa saja langkah-langkah dalam proses pemasaran strategis? Kami menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis ini dan banyak lagi di bagian berikut.

 

96

Apa Itu Strategi Pemasaran Digital?

Strategi pemasaran digital adalah serangkaian eksekusi yang dimaksudkan untuk dilakukan pada saluran online yang dipilih dengan cermat untuk membantu organisasi mencapai tujuan pemasaran digital spesifik mereka.

 

Membuat strategi pemasaran digital terlebih dahulu memungkinkan Anda untuk:

 

  • Menentukan celah dalam eksekusi Anda
  • Tingkatkan penargetan audiens Anda dan perluas jangkauan Anda
  • Meningkatkan lalu lintas, prospek, dan konversi
  • Kembangkan merek Anda dan bersaing dengan raksasa industri lainnya

 

Cara Membuat Strategi Pemasaran Digital

Mulailah Dengan Menetapkan Tujuan

 

  • Spesifik: Tujuan Anda harus sejelas dan sedetail mungkin. Misalnya, tujuan tertentu adalah meningkatkan tingkat konversi prospek-ke-pelanggan Anda sebesar 20 persen pada akhir Q4 2022.

 

  • Terukur: Tujuan Anda harus dapat diukur, memungkinkan Anda untuk melacak kemajuan Anda. Tujuan spesifik kami sebelumnya juga dapat diukur karena memungkinkan Anda mengetahui kapan Anda akan berhasil – ketika Anda telah mencapai peningkatan 20 persen dalam tingkat konversi Anda.

 

  • Dapat dicapai: Tujuan Anda harus dapat dicapai tergantung pada keterampilan, sumber daya, dan waktu yang tersedia untuk Anda.

 

  • Relevan: Tujuan pemasaran Anda juga harus relevan dengan bisnis Anda. Mereka harus memenuhi kebutuhan bisnis Anda dan membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda sebagai sebuah perusahaan.

 

  • Terikat waktu: Akhirnya, tujuan Anda harus memiliki tenggat waktu yang harus dicapai. Memiliki kerangka waktu membantu Anda memprioritaskan tujuan jangka panjang Anda daripada tugas sehari-hari Anda.

 

Pelajari Audiens Anda dan Ciptakan Persona Pembeli Anda

Setelah memahami apa langkah pertama dalam mengembangkan strategi pemasaran, langkah selanjutnya adalah dengan memahami kepada siapa Anda akan memasarkan produk atau jasa Anda. Membuat persona pembeli terperinci setelah konsultasi dengan konsultan pemasaran digital Anda memungkinkan Anda untuk membuat eksekusi yang benar-benar “berbicara” kepada audiens Anda.

 

Persona pembeli adalah profil berbasis data dan penelitian dari pelanggan ideal Anda yang berisi informasi yang relevan, termasuk usia, lokasi, dan daya beli mereka. Profil ini juga menjelaskan tantangan yang mereka hadapi terkait industri Anda.

 

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menciptakan persona pembeli untuk strategi pemasaran Anda, berkonsultasi dengan agen strategi pemasaran digital tepercaya seperti Crosstechno memungkinkan Anda untuk mengembangkan profil yang solid dan memimpin upaya pemasaran digital Anda ke arah yang benar.

 

 

98 

Evaluasi Upaya Digital Anda yang Ada

Sebelum Anda melanjutkan eksekusi dengan perusahaan konsultan strategi pemasaran digital Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami di mana Anda berada saat ini. Seperti apa kehadiran online Anda saat ini? Melihat pencapaian Anda membantu Anda mengidentifikasi saluran terbaik dan paling efektif untuk difokuskan.

 

Tidak yakin bagaimana atau dari mana harus memulai? Lihatlah langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut:

 

  • Audit situs web atau desain dan pengembangan situs web
  • Strategi optimasi mesin pencari (SEO)
  • Strategi pemasaran konten
  • Strategi bayar per klik (PPC)
  • Strategi media sosial
  • Strategi manajemen reputasi
  • Rencana pemasaran eCommerce

 

Identifikasi aktivitas pemasaran Anda saat ini, berapa banyak lalu lintas dan prospek yang mereka berikan kepada Anda. Tetapi jika Anda tidak yakin bagaimana mengaudit strategi pemasaran Anda yang ada, konsultasikan dengan ahli strategi pemasaran digital untuk mengambil langkah berikutnya.

 

Buat Strategi Pemasaran Digital Anda Menggunakan Data Anda

Sekarang setelah Anda memiliki tujuan untuk dikejar, persona pembeli untuk ditargetkan dan kehadiran online untuk memulai, yang tersisa untuk dilakukan adalah menyatukan strategi pemasaran Anda. Langkah ini melibatkan pembuatan pendekatan umum dan taktik khusus yang akan Anda terapkan untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

 

Hasil Yang Terbukti Dari Konsultan Strategi Pemasaran Digital

Perencanaan strategi pemasaran digital yang menyeluruh dan berorientasi pada pertumbuhan memungkinkan bisnis untuk menavigasi lanskap digital yang terus berubah, menjangkau audiens target mereka, dan menghasilkan penjualan yang mereka butuhkan untuk tumbuh. Inilah sebabnya mengapa agen konsultan strategi pemasaran kami percaya dalam membangun strategi terstruktur dan berbasis data dalam setiap proyek pemasaran digital.

 

97

Saatnya Membangun Strategi Digital Marketing Yang Solid

Jika Anda ingin meluncurkan kampanye pemasaran digital yang sukses, Anda harus fokus pada strategi terlebih dahulu.

 

Menyempurnakan rencana permainan Anda sebelum hal lain membantu Anda memahami di mana Anda berada sekarang, di mana Anda ingin berada dan bagaimana menuju ke sana. Di sisi lain, gagal mempelajari cara membuat strategi pemasaran digital atau melewati perencanaan strategis untuk pemasaran menyabotase potensi pertumbuhan bisnis Anda.

 

Sekarang setelah Anda dilengkapi dengan wawasan ini, saatnya untuk mulai bekerja! Anda dapat menguji berbagai strategi di selama beriklan atau mengambil insight dan inspirasi dari kisah sukses pemasaran digital.

 

Atau Anda dapat bermitra dengan perusahaan konsultan strategi pemasaran digital yang berpengalaman untuk meluncurkan strategi berbasis data sejak awal dan menetapkan contoh strategi pemasaran digital untuk diikuti orang lain! Crosstechno bisa menjadi mitra untuk Anda.

 

Siap untuk memulai pengembangan strategi pemasaran Anda dengan salah satu perusahaan konsultan pemasaran strategis terbaik di luar sana? Hubungi kami hari ini, dan mari kita mulai membuat rencana pemasaran online yang mendorong hasil nyata.

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Serba Serbi SEO & SEM

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…