×

Serba Serbi SEO & SEM

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Serba Serbi SEO & SEM

04 February 2021

Sebagai pelaku bisnis digital, tentu Sobat sudah tidak asing lagi dengan SEO dan SEM. Keduanya memang merupakan strategi optimasi website untuk mendapatkan posisi atas di Google. Namun, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang perlu Sobat pertimbangkan agar bisa memberikan hasil maksimal.

Kenapa kita berpatokan pada Google? Karena saat ini Google menjadi search engine yang paling banyak digunakan, jadi Google bisa dijadikan patokan untuk teknik SEO. Salah satu faktor yang menjadi indikator berhasil atau tidaknya SEO adalah posisi website berada di halaman pertama pada kata kunci tertentu di search engine.

Mari kita mulai dari SEO yah sobat. Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah salah satu teknik optimasi untuk menempatkan website pada posisi pertama halaman SERP (Search Engine Result Page) sesuai dengan kata kunci yang sudah ditargetkan. Tujuan utama dari SEO sendiri adalah mendatangkan traffic yang besar menuju website dengan berada pada peringkat pertama terutama di Google.

Taktik SEO memang ada banyak. Namun secara umum SEO itu sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yakni SEO On-page dan SEO Off-page.

SEO On-page berfokus kepada faktor-faktor yang ada di dalam konten. Sedangkan SEO Off-page merupakan optimasi yang dilakukan di luar konten atau website.

Sedangkan SEM, Search Engine Marketing sebenarnya mirip dengan teknik SEO yaitu menampilkan website pada halaman pertama Google. Tetapi untuk caranya berbeda, SEM untuk bisa mendapatkan peringkat pertama haruslah mengeluarkan biaya untuk iklan. Untuk itu Sobat bisa menggunakan layanan iklan dari Google yaitu Adwords.

Meskipun sama-sama fitur marketing dari Google, kita juga perlu mengetahui perbedaannya lebih detail untuk efisiensi biaya iklan.

SEO merupakan optimasi yang dillakukan dengan hampir gratis untuk bisa sampai dihalaman pertama Google. Selain itu teknik SEO akan lebih awet berada dihalaman pertama Google jika sudah dilakukan dengan benar. Untuk kekurangannya SEO paling hanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dioptimasi bisa sampai dihalaman pertama Google. Sedangkan SEM berbayar dan dapat memilih audiens dengan lebih spesifik. Hasil dari SEM lebih cepat dari SEO karena kustomisasi nya cepat dan mudah. Namun Potensi CTR SEO bisa lebih tinggi dibanding SEM.

Agar lebih yakin dengan pilihan kamu, berikut kami berikan hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya memilih mana yang cocok antara SEO atau SEM.

  • Cari Tahu Apa yang Kompetitor Sobat Lakukan

Cari tahu apa keyword mereka yang mendapatkan pencarian organik terbanyak. Selain itu, pertimbangkan juga apakah Sobat bisa membuat rencana untuk merebut posisi tersebut dari mereka menggunakan SEO.

  • Ketahui Industri yang Sedang Di Jalankan

Apabila Sobat sudah bergelut pada suatu industri dalam waktu yang cukup lama, Sobat pasti sudah paham apa yang audiens inginkan. Jadi sebaiknya Sobat mulai merencanakan strategi SEO jangka panjang daripada menggunakan SEM.

  • Mulai Tentukan Budget

Namun, jika belum yakin reaksi audiens dan kompetitor, Sobat bisa menggunakan SEM untuk testing sambil membuat rencana SEO jangka panjang. Dari testing ini Sobat bisa menguji ide-ide, produk atau jasa yang ingin Sobat tawarkan kepada audiens nantinya.

  • Pertimbangkan Umur Website

Sesuaikan biaya dengan anggaran Sobat. Apakah anggaran Sobat cukup hanya untuk salah satunya saja? Atau anggaran bisa disesuaikan untuk melakukan SEO dan SEM disaat yang sama?

Sebaiknya menggunakan SEO dan SEM di saat yang sama. Karena SEM bisa membantu untuk mendatangkan trafik di awal-awal, sembari Sobat mengoptimasi SEO.

Nah, kalau nanti website sudah berjalan cukup lama dan optimasi SEO mulai membuahkan hasil, Sobat bisa memutuskan ulang mengenai SEO dan SEM ini. Apakah tetap mau menggunakan keduanya atau ingin melepas SEM dan hanya berfokus kepada SEO saja.

  • Ketahui Status Website Sobat

Membandingkan SEO dan SEM, lalu diharuskan untuk mengambil kesimpulan mana yang terbaik memang tak mudah. Sebab, banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Beberapa website memang hanya berfokus pada SEO, tapi tak sedikit pula yang fokus kepada SEM. Bahkan, banyak pula website yang mengkombinasikan SEO dan SEM di saat yang sama. Semua tergantung dari tujuan dan keunikan website Sobat.

Apa pun strategi yang dipilih, pastikan sobat menentukannya setelah melakukan riset mendalam dan menganalisis kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Harapannya artikel ini bisa membantu sobat menentukan mana yang terbaik sehingga tak asal memilih SEO atau SEM.

Baca juga: SEO essentialsSEO dan cara kerjanya

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…