×

Industrial Internet of Things dan Cara Kerjanya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Industrial Internet of Things dan Cara Kerjanya

28 January 2021

Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi, bagimana kita melakukan sesuatu, dan cara kita bekerjasama. Sekarang, mesin juga melakukan perubahan. Selama beberapa tahun terakhir, pengembang sistem telah berfokus pada interconnecting sensors, edge nodes, dan analitik untuk membangun sistem cerdas, mengubah operasi menjadi lingkungan produktivitas yang signifikan. Sistem yang terhubung ini membentuk apa yang disebut Industrial IoT (IIoT).

IIoT mengacu pada penggunaan mesin, perangkat, dan sensor yang saling terkait dan otomatis yang menjalankan aplikasi industri. Dengan fokus yang kuat pada big data dan machine learning, IIoT memungkinkan industri dan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan dalam operasi mereka, dengan mengurangi ketergantungan pada interaksi manusia-ke-mesin. Ini juga memungkinkan model bisnis baru atau sumber pendapatan dari data berguna yang dikumpulkan dan dibagikan.

IoT adalah superset dari semua aplikasi yang terhubung (konsumen dan industri). Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan aplikasi yang terhubung di pasar konsumen seperti perangkat yang dapat dikenakan, kontrol suhu, sistem keamanan rumah, belanja, aplikasi perencanaan perjalanan, dan banyak lagi. IoT telah mempengaruhi berbagai industri mulai dari hiburan hingga perjalanan, belanja hingga perawatan kesehatan pribadi, dan memiliki perkiraan ukuran pasar mencapai ratusan miliar dolar, menurut berbagai analis pasar. Pertumbuhan pesat ini merupakan hasil dari dorongan-dorongan kekuatan pasar, karena permintaan konsumen akan kenyamanan dan layanan dari aplikasi yang cerdas dan terhubung diimbangi dengan minat perusahaan dalam mengumpulkan dan memanfaatkan data yang sama tersebut menjadi peluang pertumbuhan baru.

Sedangkan IIoT - IoT industri - adalah bagian dari IoT dan berfokus secara khusus pada aplikasi industri seperti transportasi, manufaktur, energi, dan pertanian. Khususnya, IIoT memiliki persyaratan teknis yang berbeda mengingat peningkatan tingkat kerumitan, interoperabilitas, dan kebutuhan keamanan. Teknologi yang sama yang memantau perangkat kebugaran pribadi Anda sama sekali berbeda dari sistem yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi industri canggih seperti pesawat otonom atau operasi robotik jarak jauh. Baik IoT dan IIoT memiliki tantangan teknis, tetapi risiko dan kompleksitas untuk aplikasi industri otonom secara inheren lebih tinggi.

Aplikasi IIoT ditemukan di hampir setiap industri termasuk:

  • Aerospace (bandara, pesawat terbang, drone, dan kendaraan udara tak berawak lainnya)
  • Pertanian (pertanian terhubung)
  • Otomotif ( kendaraan terhubung, semi-otonom dan otonom)
  • Sistem Energi (jaringan pintar, sumber energi terdistribusi (DER) dan energi terbarukan)
  • Perawatan kesehatan (perawatan kesehatan terhubung, bedah robotik, dan pencitraan medis)
  • Manufaktur (pabrik terhubung)
  • Militer (kendaraan militer, simulasi, pelatihan dan operasi)
  • Minyak & Gas (eksplorasi dan pemurnian)
  • Kota Cerdas (layanan warga dan kota, parkir dan infrastruktur, dll.)
  • Transportasi (bus, kereta bawah tanah, kereta api, dan Hyperloop)

IIoT juga menjalankan aplikasi lintas industri termasuk:

  • Sistem Otonom
  • Sistem Komunikasi
  • Robotika, Drone, dan Sistem Haptik

System IIoT umumnya memerlukan data untuk dibagikan di antara banyak perangkat dan di banyak jaringan, dari edge (sensor, perangkat jarak jauh, dan komputer) hingga cloud (sistem komputer terpusat). Hal ini cukup menantang karena banyaknya volume data - belum lagi persyaratan keselamatan dan keamanan yang ketat - dapat dengan mudah membanjiri jaringan, terutama jaringan yang mencakup operasi jarak jauh. Sistem yang saling berhubungan ini memerlukan cara baru untuk mengelola peningkatan volume data, persyaratan kinerja, risiko keamanan, dan sertifikasi keselamatan.

Mengelola aliran data IIoT sangat penting untuk memastikan aplikasi IIoT berfungsi seperti yang dirancang. Arsitektur terbukti yang diajukan oleh Industrial Internet Consortium adalah databus. Berbeda dengan database, yang mengelola data historis dalam keadaan diam, databus mengelola data yang sedang bergerak.

Databus adalah kerangka kerja perangkat lunak berpusat pada data yang mendistribusikan dan mengelola data waktu nyata dalam IIoT, memungkinkan aplikasi dan perangkat untuk bekerja bersama sebagai satu sistem terintegrasi. Databus menyederhanakan logika aplikasi dan integrasi. Alih-alih bertukar pesan, komponen perangkat lunak berkomunikasi melalui objek data bersama dan difilter. Aplikasi secara langsung membaca dan menulis nilai objek data ini, yang di-cache secara lokal.

Di poin terakhir, penting untuk menyebutkan bahwa fokus Industrial Internet of Things semakin mengarah ke beberapa manfaat yang disebutkan diatas dan manfaat lain seperti penghematan biaya, otomatisasi yang lebih baik serta perolehan produktivitas menuju inovasi, pengembangan model bisnis baru, layanan dan/ atau produk dan bahkan perkembangan aliran pendapatan baru di dunia di mana data adalah uang.

 

 

Your Success is Our Pride

 

---

 

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

 

Cheers!

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…