×

Rekomendasi Tools Untuk Cek Kecepatan Website

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Rekomendasi Tools Untuk Cek Kecepatan Website

19 March 2021

Anda pasti sering membuka berbagai situs, kan? Bagaimana rasanya kalau ada halaman situs atau website yang waktu loadingnya lebih dari lima detik? Apakah Anda bersedia menunggu sampai website loading dengan sempurna? Kalau ya, Anda pasti orang yang sangat sabar.

Kecepatan website selalu menjadi isu prioritas bagi para pemilik website, toko online, website forum, dan jenis website lainnya. Sebagai pemilik website, tentu Anda harus selalu melakukan cek kecepatan website Anda secara berkala.

Dalam melakuakan kegiatan cek kecepatan web, ada beberapa tools dan cara yang bisa Anda lakukan untuk cek kecepatan website. Seperti yang ada dibawah ini:

Chrome DevTools - 20+ Tips and Tricks - KeyCDN

Chrome DevTools dikembangkan untuk developer. Tool buatan Google ini memudahkan proses editing halaman dan pendeteksian masalah. Chrome DevTools adalah tool bawaan Chrome. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya melalui browser tersebut. Bagi pemula yang ingin mempelajari tips pemrograman sederhana untuk optimasi, tersedia tutorial di website resminya.

Webpagetest - Crunchbase Company Profile & Funding

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes untuk mengecek kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

Google PageSpeed Insights Data Connector for Analytics | Adverity

Tool page speed test ini dikembangkan oleh Google. Oleh karena itu, analisa metriks user experience-nya didasarkan pada performa website di Chrome UX Report baik melalui perangkat mobile maupun komputer.

Ada dua tipe data yang diberikan, yakni data sistem (lab data) dan data lapangan. Data sistem berkaitan dengan performa website, sedangkan data lapangan lebih mengacu kepada pengalaman pengunjung website secara real-time.

Tool cek kecepatan website ini kerap digunakan oleh pelaku bisnis kecil hingga bisnis menengah, dan juga pemilik website yang menginginkan kemudahan dalam mengelola kinerja situs mereka.

GTMetrix

GTMetrix menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman website sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga Anda bisa meningkatkan kecepatan dari website Anda.

 

Pastikan Anda berada di tangan yang tepat dalam pembuatan website untuk apapun alasan Anda. Crosstechno siap membantu bisnis startup Anda. Dengan pengalaman profesional lebih dari 8 tahun siap membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Lihat siapa klien kami disini

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

Baca Juga : Ketahui 10 Penyebab Website Lemot

 

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…