×

Pertimbangkan Desain Ulang Aplikasi dan Website Anda BIla Menemui Hal Ini

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Pertimbangkan Desain Ulang Aplikasi dan Website Anda BIla Menemui Hal Ini

26 March 2021

Ratusan bahkan bisa saja ribuan aplikasi diluncurkan setiap harinya, persaingan antara developer semakin sengit. Tuntutan akan persyaratan baru dari pengguna tiap harinya bisa menjadi tantangan besar para developer kedepannya.

Pembuatan aplikasi baru mungkin membantu para entrepreneur untuk mendapatkan banyak keuntungan dimasa awal peluncuran aplikasi. Namun bila berbicara hal jangka panjang, aplikasi tersebut mungkin tidak akan mempertahankan keefektifitasan dan kesan yang kita jumpai pada saat penggunaannya pertama kali. Dalam kurun waktu singkat, mungkin aplikasi Anda akan terlihat kuno dan lusuh bagi orang yang paham teknologi, dan tidak butuh waktu lama untuk beralih ke aplikasi lain dengan fitur yang lebih baik.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui waktu yang tepat ketika aplikasi Anda perlu di desain ulang. Perubahan yang menyegarkan selalu dinanti oleh para pengguna Anda. Tentunya perubahan ini akan membuat pengguna aplikasi Anda membuat mereka lebih tertarik untuk menggunakannya.

Mendesain ulang aplikasi perlu dilakukan dengan hati-hati, berbicaralah terlebih dulu kepada atasan atau investor Anda sebelum mendesain ulang aplikasinya. Karena mereka berhak tahu kemana uang mereka diinvestasikan. Tentunya hal ini akan memakan banyak waktu dan tenaga, oleh karena itu konfirmasi dan koordinasi yang baik dengan atasan atau investor Anda perlu dilakukan.

Lalu kapan kita perlu mendesain ulang?

  • Terlalu sering merubah tampilan aplikasi

Perubahan terlalu sering pada aplikasi yang sudah ada mungkin akan terlihat berantakan dan rumit untuk digunakan oleh pengguna. Tidak menutup kemungkinan para user Anda tidak dapat bekerja secara efisien di aplikasi awau website. Jika case ini terjadi pada Anda, mungkin saat ini Anda perlu mengubah aplikasi Anda. Jika Anda berencana mendesain ulang aplikasi untuk menambahkan fitur baru, Anda harus mendesainnya dengan hati-hati, agar terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Selain itu, cobalah membuatnya tetap sederhana dan mudah digunakan.

  • Traffic yang terlalu sedikit

Bila jumlah pengunjung aplikasi atau website Anda perlahan-lahan menurun karena tidak menggunakannya atau menghapusnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan desain ulang. Traffic yang tidak cukup, tidak akan membantu anda menghadapi pasar yang kompetitif atau memberikan Anda apapun.

  • Kurangnya berbagai fitur share sosial media

Jika aplikasi Anda tidak memiliki banyak support untuk mebagikan ke sosial media lainnya, segeralah desain ulang karena platform jejaring seosial sekarang ada dimana-mana. Tautan cepat Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan semua jejaring sosial lainnya harus langsung diberikan di aplikasi Anda sehingga jika pengguna ingin membagikan apa pun dari aplikasi langsung ke situs jejaring sosial, dia dapat melakukannya tanpa hambatan apa pun.

  • Evolusikan Produk

Cari tahu aspek aplikasi yang perlu didesain ulang, bila Anda kesulitan mintalah kebagian tim ahli seperti Crosstechno. Pertimbangkan apakah perlu mengubah aplikasi atau website secara keseluruhan atau hanya aspek-aspek tertetu yang perlu di desain ulang. Pertimbangkan pula perubahan tren yang dialami industri Anda agar perubahan yang dilakukan memiliki hasil yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Selain itu, pastikan pula apakah pengguna akan menerima perubahan ini dengan tangan terbuka dan penambahan baru akan diterima atau tidak.

  • Kehadiran Online

Penting bagi organisasi manapun untuk membuat kehadiran online-nya terasa. Jika Anda berencana untuk mendesain ulang seluruh aplikasi, Anda harus yakin dengan perubahan yang akan Anda perkenalkan karena Anda tidak ingin aplikasi tersebut musnah dalam 3-4 tahun mendatang, sebaliknya, Anda ingin aplikasi itu tetap di teratas di antara para pesaing selama mungkin. Aplikasi Anda yang telah dirubah harus dipromosikan dengan baik secara online dan offline sehingga pengguna yang mungkin telah beralih pada saat itu, dapat kembali dan mulai menggunakan aplikasi yang selama ini mereka sukai.

  • Kesulitan Pengguna

Ketika pengguna kesulitan untuk mengejar sebuah aplikasi dan bingung ke mana harus pergi dan halaman mana yang harus dinavigasi, Anda harus tahu bahwa kehidupan aplikasi semacam itu tidak lama. Saat itulah Anda harus melakukan perubahan dan mempertimbangkan untuk mendesain ulang. Pastikan untuk melacak apa yang pengguna cari di aplikasi dan kemudian hanya membuat tambahan baru. Namun, fitur yang tidak digunakan sama sekali harus dihapus darinya.

Sebuah aplikasi selalu digunakan oleh seseorang atau orang lain. Fitur tertentu mungkin berfungsi dengan baik, sementara yang lain mungkin tidak digunakan. Lebih baik menghilangkan fitur seperti itu karena hanya akan membuatnya terlihat serampangan dan penuh sesak. Itu selalu lebih baik untuk membuat aplikasi tetap sederhana dengan tab minimal di layar beranda. Layar beranda harus informatif, daripada memiliki terlalu banyak ikon dan tab. Selain itu, merupakan keharusan bagi pengembang untuk memperbarui aplikasi secara teratur. Perubahan sekecil apa pun yang dibuat dalam aplikasi harus diuji sebelum diluncurkan.

Namun, aplikasi tidak boleh didesain ulang tanpa melakukan penelitian yang tepat, karena mungkin ada saat-saat bahkan penelitiannya tidak perlu dilakukan. Anda perlu mempertimbangkannya alih-alih membakar uang Anda langsung untuk melakukan riset besar besaran. Lebih baik duduk dan perhatikan flow aplikasi kita berjalan seperti apa. Mungkin hanya perlu sedikit tambahan sesuatu, atau sesuatu mungkin tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan penyumbatan dalam penggunaan aplikasi. Dan jika semua penelitian dan pengujian menunjukkan bahwa aplikasi telah mengalami kemunduran dan tidak ada yang dapat dilakukan mempertahankannya, maka pengembang aplikasi harus mempertimbangkan untuk mendesain ulang sepenuhnya.

Pastikan Anda memilih pengembang aplikasi atau developer yang profesional seperti Crosstechno. Cocok untuk bisnis Apapun, bahkan pembuatan blog custom ataupun untuk landing page bisnis Anda.

Hubungi Kami

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…