×

Permudah Pengelolaan eCommerce Anda dengan Langkah Ini.

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Permudah Pengelolaan eCommerce Anda dengan Langkah Ini.

07 October 2022

E-Commerce menghadirkan peluang besar—tidak hanya bagi pelaku retail, tetapi juga bagi wirausahawan pemula. Menjual produk secara online mengeluarkan iaya yang lebih rendah, dikombinasikan dengan gaget atau perangkat gawai yang mudah dijangkau, hal ini akan mempermudah kegiatan Anda kedepannya.

 

Pada artikel kali ini, Anda akan memahami bagaimana cara pengelolaan bisnis untuk platform e-Commerce Anda dengan Langkah sebagai berikut.

 

Mengatur SKU Produk

Hal ini dilakukan untuk mempermudah penginputan barang dengan variasi produk yang banyak. Dengan menggunakan SKU, harapannya pengidentifikasian produk jadi lebih mudah, berikut hal – hal yang perlu diperhatikan saat membuat SKU (Stock Keeping Unit) produk.

  • Penggunaan huruf kapital, angka, dan karakter spesial
  • Panjang nama SKU tidak lebih dari 40 karakter
  • Jangan menggunakan simbol selain (-)
  • Tidak boleh pakai spasi

 

Untuk penggunaan kode unik pada SKU dapat diterapkan bila memiliki varian warna dan ukuran yang berbeda. Contoh, menjual produk sepatu Wakai dengan warna yang bervariasi seperti sepatu Wakai biru dengan ukuran 15, kamu bisa menulis kode SKU SW15-B.

 

Upload Produk Secara Masal

Mengupload detail banyak barang memang sangat memerlukan waktu, tidak jarang akan merasa malas atau agak ogah ogahan. Hal yang dapat dilakukan adalah mencari cara cepat untuk melakukan upload dengan lebih praktis, misalkan crosslisting dari berbagai platform.

 

Kontrol Persediaan Barang

Ada beberapa hal yang bisa menghambat proses penjualan di platform toko online yaitu tidak adanya persediaan barang. Kejadian kehabisan stok barang (overselling) menjadi hal yang harus dihindari oleh pebisnis karena bisa menyebabkan kerugian bisnis.

 

Pasti banyak yang tidak ingin mengalaminya, nah cara supaya tidak terjadi overselling produk maka Anda sebagai pebisnis harus bisa mengontrol stok barang. Ada banyak cara memonitor stok barang yang dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan sistem. Anda dapat juga mengkonsultasikan pembuatan system ini dengan Crosstechno.

 

Memproses Pesanan Secara Singkat

Penjualan yang tinggi menjadi impian para pebisnis, karenanya wajib menguasai cara memproses pesanan yang efektif dan efisien. Cara Anda memproses order masuk akan berpengaruh terhadap waktu yang dibutuhkan untuk memproses sebuah pesanan.

 

Mulai dari pesanan masuk hingga barang dikirim kepada pembeli, dengan mengelola pesanan barang yang cepat. Anda nanti dapat mengalokasikan waktu lebih banyak untuk menyusun strategi lainnya.

 

Buat Pembukuan Keuangan

Bagi pebisnis disinilah kunci utama untuk mengetahui apakah bisnisnya berjalan dengan lancar atau tidak dan data apakah bisnisnya menghasilkan keuntungan.

 

Dalam membuat laporan keuangan, ketahui dulu kode akun keuangan, pemetaan akun, serta jenis kategori akun yang nantinya akan saling berkaitan.

 

Proses pembukuan keuangan, pastinya akan melewati berbagai tahap penyusunan laporan seperti penyusunan neraca saldo, buku besar, dan laporan laba rugi.

 

 

Kesimpulan

Setiap bisnis e-commerce memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Dengan adanya insight untuk melakukan pengaturan sedemikian rupa untuk pengelolaan yang efektif dan efisien tentunya menjadi impian bagi para pebisnis.

Pengelolaan katalog produk, proses order, hingga penyusunan keuangan, dapat menjadi wawasan baru bagi Anda para pebisnis baru.

Crosstechno adalah jasa pembuatan aplikasi dan website untuk berbagai solusi digital Anda. Tangan yang tepat untuk mempercayakan proyek masa depan Anda dengan tim handal, serta konsultasi gratis. Kontak kami sekarang.

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

 

Tingkatkan Pemasaran Bisnis Anda Menggunakan QR Code

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…