×

Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

13 May 2022

Berminat membuat blog .. atau website saja? Meskipun sekilas terlihat mirip, pengertian dan tujuannya juga berbeda. Crosstechno kali ini membahas perbedaannya dibawah ini. Siapkan kopi dan cemilan favoritmu ya.

 

Blog

Blog adalah salah satu jenis media yang memuat konten berupa artikel, video, dan foto dan fokusnya ke satu bidang tertentu. Bisa lifestyle, finance, teknologi, dan sebagainya. Biasanya, konten blog di-update secara berkala.

 

Seperti yang Anda tahu, blog memang salah satu jenis website. Tapi bedanya website dan blog, tujuan blog lebih spesifik:

 

  • Menjangkau target audiens yang relevan;
  • Menjaring traffic;
  • Mendapatkan leads yang berkualitas dan lebih prospek.

 

Dari sini, mungkin Anda sudah mendapat sedikit bocoran perbedaan blog dan website. Yuk simak pengertian website dibawah ini.

 

Baca juga:

Apa Perlu Memiliki Aplikasi Walau Sudah Punya Website?

 

Website

Website adalah domain yang berisi kumpulan halaman website dan bisa diakses lewat internet. Seperti google.com, facebook.com, dst.

 

Biasanya website berisikan informasi umum, seperti berandam profil, halaman produk, kontak, dan lain lain.

  • Website pribadi: untuk keperluan usaha dan branding personal;
  • Website toko online/e-commerce: untuk kepentingan bisnis perusahaan/organisasi;
  • Website company profile: menampilkan profil perusahaan;
  • Website forum/komunitas: sebagai ruang diskusi atau interaksi antar anggota forum;
  • Website gallery: menampilkan konten visual seperti desain, foto, atau lukisan;
  • Website berita: menyebarkan berita terkini;
  • Blog: memuat konten dengan topik tertentu.

 

 

Perbedaan Blog dan Website

  • Tujuan pengelolaan

Pengelolaan nya dapat ditujukan untuk penggunaan pribadi atau bisnis. Dimana jika menggunakannya untuk tujuan bisnis, pasti lebih difokuskan terhadap branding, promosi, dan konversi.

 

  • Isi konten

Blog biasanya berisi konten-konten yang relevan untuk pembacanya. Bentuknya bisa bermacam-macam, tergantung niche dan siapa pemiliknya. Misalnya, artikel, video, hingga podcast dengan tema tertentu.

 

Sedangkan konten website, umumnya berisi informasi spesifik tentang produk atau layanan perusahaan. Misalnya: sejarah, alamat, produk, kontak perusahaan.

 

  • Gaya Bahasa

Website yang lebih profesional dan formal. Alasannya, target audiens website lebih umum. Oleh sebab itu, bahasanya pun dibuat lebih formal dan to the point agar pesannya langsung sampai. Sedangkan blog seringkali menggunakan bahasa yang santai. Karena tujuannya memang untuk berkomunikasi dengan target audiens, personanya pun jelas. Jadi, isi kontennya mudah dinikmati dan dipahami.

 

  • Intensitas rilis dan update konten

Karena blog fokus kepada konten, intensitas update-nya pun lebih sering. Bisa setiap hari malahan. Dan selang waktu tertentu, blogger akan memperbarui kontennya supaya infonya tetap update

 

  • Pengelola

Perbedaan blog dan website yang terakhir, pengelola. Biasanya, blog dikelola oleh seorang atau beberapa penulis. Penulis ini biasanya dijuluki blogger.

 

300 Pictures

 

Mana yang lebih baik?

Sebagai pemula, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus memulai blog atau mempublikasikan situs web , mana yang lebih baik? Sejujurnya, jawaban atas pertanyaan ini sangat tergantung pada apa tujuan Anda.

 

Banyak usaha kecil di seluruh dunia memiliki situs web tradisional yang hanya terdiri dari halaman dan tanpa blog. Situs web kecil seperti itu sering dibuat untuk membuat kehadiran web informasional untuk bisnis, organisasi, atau individu.

 

Di sisi lain, semakin banyak bisnis yang menyadari potensi blog dalam strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Pemilik bisnis menambahkan bagian blog terpisah ke situs web tradisional mereka dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari.

 

Itu karena blog terbukti meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO).

 

Blog juga dilengkapi dengan fitur RSS feed yang memungkinkan pengguna untuk tetap update dengan posting terbaru Anda. Saat posting baru diterbitkan, umpan RSS diperbarui secara otomatis.

 

Pemasar cerdas sering menghubungkan umpan RSS dengan buletin email atau pemberitahuan push web untuk mengirimi pengguna mereka peringatan pemberitahuan tentang posting terbaru, pengumuman produk, dan banyak lagi.

 

 

Bisa! Buat situs Website dan Blog affordable dengan support 24jam. Konsultasi gratis sekarang.

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Jasa Pembuatan Website Company Profile Surabaya

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…