×

Peran Foto Produk Pada Kesuksesan Toko Online Anda

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Peran Foto Produk Pada Kesuksesan Toko Online Anda

16 September 2021

Belanja online sudah menjadi hal yang umum di masyarakat dewasa ini. Terlebih lagi sejak adanya pandemi Covid-19, volume transaksi toko online meningkat pesat. Karena sifat toko online yang virtual, maka kebutuhan akan foto produk yang dijual melalui toko online menjadi mutlak adanya.

Sekilas mungkin foto sebuah produk tidak begitu penting, namun perlu diketahui bahwa foto sebuah produk sangat penting sekali untuk branding. Dengan kata lain bahwa foto tersebut harus benar-benar dibuat sebagus mungkin dan semenarik mungkin. Hal ini bertujuan agar sebuah produk bisa lebih mudah untuk dipasarkan.

Ada banyak alasan mengapa foto produk yang dijual di lapak atau toko online yang akan di-upload sebaiknya tidak sembarangan. Karena foto produk yang dipajang menjadi jembatan yang mengakomodasi kebutuhan panca indera calon pembeli untuk melihat atau merasakan dengan kondisi virtual lapak atau toko online.

 

Foto produk adalah tujuan pertama yang dilihat oleh calon pembeli

Foto produk yang besar, jelas dan tajam tentu akan sangat membantu bagi calon pembeli dalam melihat dan memahami produk yang sedang dilihatnya di layar komputer atau layar ponsel.

 

 

Foto produk adalah cermin nilai dan nama baik toko

Foto produk yang baik adalah "brand ambassador" bagi produk tersebut dan juga bagi penjualnya. Tidak masalah jika produk yang anda jual secara online adalah produk rumah tangga sehari-hari, tapi jika foto produk yang ditampilkan sangat baik dan detail maka penilaian calon pembeli terhadap produk tersebut akan berbeda.

Pada akhirnya, dimanapun anda berjualan online, di marketplace yang ada, di media sosial, atau dengan membuat website sendiri, kualitas dari foto produk yang ditampilkan memegang peranan sangat penting agar produk tersebut bisa cepat terjual.

 

 

Foto produk yang sama dengan lapak atau toko sebelah justru kurang meyakinkan

Terkadang pengelola lapak atau toko online tidak punya waktu atau fasilitas untuk membuat foto produk yang akan dijual di toko online miliknya.

Mudah, tapi bagaimana dengan kepercayaan pelanggan Anda yang melihatnya. Karena kebanyakan calon pembeli kurang suka atau cenderung malas untuk klik atau masuk ke lapak yang memiliki foto produk yang sama. Mereka lebih tertarik melihat foto produk yang tampak berbeda dengan yang lain meski produk yang dimaksud adalah produk yang sama.

 

 

Foto produk membantu calon pembeli untuk lebih paham

Biasanya penilaian pertama dari calon pembeli adalah apakah benar ini adalah produk yang dia cari atau dia butuhkan. Selanjutnya akan dilihat mulai bentuk, ukuran, warna, bahkan sampai ke detai gambar yang ada. Baru kemudian umumnya mereka akan membaca keterangan atau penjelasan terkait gambar produk tersebut.

Tersedianya foto produk dari sudut pandang lain akan sangat membantu calon pembeli untuk lebih paham dan segera membeli produk tersebut. Demikian juga dengan tambahan foto produk secara close-up sehingga tampak detail produk dengan jelas dan tajam.

Bukan karena kamera yang digunakan untuk mengambil gambar, melainkan foto produk yang lengkap, yang bisa menciptakan pengalaman unik dan rasa nyaman calon pembeli yang akan memenangkan persaingan. Yang mana akan sangat menguntungkan karena bisa mendorong calon pembeli untuk tidak berpindah ke lapak atau toko sebelah dan melakukan pembelian di lapak atau toko online milik Anda.

Bisa dibilang foto produk memang sangat penting dalam hal strategi pemasaran dan branding sebuah produk yang dijual tersebut. Maka dari itu gunakan foto produk yang bagus dan bisa menunjang kelangsungan dari menjual sebuah produk tersebut. Jangan sepelekan pentingnya foto produk untuk branding toko online Anda. Selalu pastikan untuk membuat sebuah foto produk yang bagus sehingga dan lakukan dengan baik dan pastikan semunya memenuhi kriteria terbaik, sehingga dengan begitu maka proses pemasaran akan berlangsung dengan baik sehingga menarik banyak sekali pelanggan.

 

Crosstechno merupakan perusahaan Jasa Pembuatan Aplikasi yang berlokasi di Kota Surabaya. Berfokus pada jasa pembuatan website, aplikasi, dan online marketing. Kami siap membantu Anda memiliki toko online khusus untuk bisnis Anda, guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan saat ini juga.

 

Your Success is Our Pride

 

---

 

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

 

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website 2021

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…