×

Pentingnya Memiliki Nama Domain Pribadi untuk Binis Anda

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Pentingnya Memiliki Nama Domain Pribadi untuk Binis Anda

25 June 2020

Ketika Anda mulai menjalankan sebuah bisnis, memikirkan dan memilih nama domain untuk perusahaan Anda ialah hal yang penting. Apa sih domain? Pengertian domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sehingga Domain dapat diartikan sebagai alamat kantor atau toko kamu di dunia digital (website). Sepertinya halnya kantor atau toko fisik, yang juga memiliki alamat lengkap. Domain bersifat unik, hanya ada 1 domain untuk 1 pemilik. Nama domain berfungsi untuk mempermudah akses ke websitemu. Kalau pakai alamat IP seperti 162.221.3.1 susah kan? (fyi beli domain itu hanya bisa disewa ya, bukan selamanya).

Penyedia servis domain Verisign, melaporkan diquarter pertama tahun 2020 terdapat 366,8 juta nama domain yang sudah terdaftar. Dengan pilihan nama yang semakin sedikit ini, artinya Anda memiliki banyak sekali saingan untuk mendapatkan domain impian Anda.

Mengapa perlu menggunakan domain pribadi untuk bisnis Anda?
Jawabannya sederhana. Branding. Dengan kata lain, Anda ingin produk diingat oleh orang-orang. Saat ini, nama domain dianggap bagian dari brand Anda. Dengan nama domain tersebut klien dan customer mengingat brand atau produk Anda. Dengan memiliki domain pribadi, prosentasi bisnis Anda akan meningkat karena:

  1. Bisnis Anda jadi terlihat lebih profesional. Profesional dalam hal ini tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga akan menambah kredibilitas, reputasi, dan kepercayaan.
  2. Customer/client jadi lebih mudah mengakses bisnis Anda kembali. Semakin mudah diingat domain Anda, semakin besar kemungkinannya customer kembali berkunjung ke situs bisnis Anda.

Apa saja manfaat domain untuk bisnis ?

  • Membuat website
    Nama domain bisa digunakan untuk keperluan membuat website. Seperti yang sudah dibahas, nama domain dapat memudahkan seseorang untuk mengakses situs web Anda. Untuk memulai membuat website, setidaknya dibutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan seluruh file html, javascript, css, dan database.
  • E-mail profesional
    Dengan memiliki domain, Anda bisa membuat alamat email profesional. Ini membantu Anda agar terlihat lebih profesional dan kredibel di mata pelanggan. Bayangkan saja, apabila perusahaan Anda masih menggunakan email umum seperti gmail, yahoo, atau outlook? Mungkin klien atau customer akan merasa kurang yakin dengan bisnis Anda.
    Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, maka segeralah amankan nama domain Anda, kemudian setup email profesional Anda. Contohnya, nama domain crosstechno.com bisa digunakan untuk membuat email profesional seperti admin@crosstechno.com
  • Mengarahkan ke media sosial
    Jika Anda ingin mengarahkan nama domain ke media sosial bisnis Anda seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter, itu sangat mungkin dilakukan. Dalam hal ini mungkin Anda tidak ingin membuat website, hanya ingin mem-branding sosial media Anda dengan sebuah nama domain agar mudah diakses oleh klien atau customer Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui tips-tips dalam memilih nama domain yang cocok untuk bisnis Anda, silahkan baca artikel 6 Tips Untuk Memilih Nama Domain Yang Tepat.

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…