×

Pentingnya Kenali Macam Framework PHP

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Pentingnya Kenali Macam Framework PHP

11 August 2023

Framework PHP – Ada berbagai hal menarik yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin membuat dan mengembangkan website atau aplikasi dari nol, termasuk penggunaan framework PHP. Salah satunya adalah menciptakan fungsionalitas yang tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga dapat diperbarui sesuai dengan perkembangan pasar dan kebutuhan pengguna.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas berbagai macam framework PHP yang sangat berguna untuk proyek pengembangan website dan aplikasi. Terdapat delapan framework PHP terbaik yang kami rekomendasikan khusus untuk Anda.

Apa itu Framework PHP

Tidak dapat dipungkiri, dalam pengembangan software, framework memiliki peran sebagai penyimpanan file yang memuat beberapa fungsi dasar. Tujuannya sendiri adalah sebagai pondasi bagi para developer supaya dapat mengembangkan proyek menjadi lebih efisien. Terlebih apabila terdapat keinginan mengembangkan proyek dari awal, tentunya di dalam semua program semua fungsi haruslah ada.

Fungsi dasar dari sebuah framework PHP adalah menyediakan struktur dan kerangka kerja yang dapat mempermudah pengembangan aplikasi web. Dengan menggunakan framework, pengembang dapat menghindari repetisi dalam menulis kode, mengimplementasikan pola desain yang baik, dan meningkatkan produktivitas dalam pengembangan aplikasi.

Fungsi Framework

Framework memiliki fungsi utama untuk mempermudah para developer mengembangkan aplikasi dan website terkait struktur MVC (Model View Controller) yang digunakan. Jadi, tiga fungsi framework adalah sebagai berikut:

1. Program Menjadi Lebih Terstruktur dan Tersusun

    Saat developer mengerjakan pengembangan aplikasi atau website yang besar, maka program yang ditulis akan menjadikan proses debugging semakin lambat. Selain itu, saat Anda mencari kode program yang error akan semakin sulit karena program yang tidak terstruktur.

    Oleh karena itu, dengan adanya framework dapat menjadikan program menjadi lebih terstruktur sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan kode yang perlu diperbaiki. Bahkan beberapa jenis framework ada yang menerapkan konsep MVC (Model View Controller) yang akan memudahkan developer untuk memisahkan antara logika dan view.

2. Praktis Untuk Developer

    Saat Anda mengembangkan aplikasi atau website, akan lebih praktis ketika Anda menggunakan framework. Alasannya karena framework sudah menyediakan kode berupa function dan class jadi proses pembuatan software atau aplikasi akan menjadi lebih cepat. Anda cukup memanggil function atau class tersebut ke dalam kode program Anda.

3. Memiliki Keamanan Yang Lebih Unggul

    Beberapa dari developer telah menggunakan segala cara untuk  mengamankan aplikasi dan website yang telah mereka buat. Setelah framework hadir, developer boleh sedikit tenang soal keamanan program yang telah dibuat. Karena setiap celah keamanan dari framework sudah diidentifikasi oleh 10-100+ developer ahli. Framework juga terus diperbarui versinya untuk menawarkan fitur baru dan menangani bug yang meminimalisir celah keamanan framework.

8 Framework PHP Terbaik untuk Pengembangan Website

Mungkin bagi yang pernah mencoba framework sebelumnya, pasti sudah tahu mengenai beberapa perbedaan tool yang memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin informasi berikut ini dapat menjadi acuan Anda untuk memilih framework PHP yang terbaik dan sesuai untuk kebutuhan pengembangan website atau aplikasi

1. Laravel

    Framework PHP terbaik pertama adalah Laravel. Framework ini begitu familiar di kalangan para developer. Dikenal karena memiliki syntax yang mudah untuk dipahami dan digunakan. Dengan Laravel, website dan aplikasi akan mudah dikembangkan dalam waktu yang relatif singkat.

2. CodeIgniter

    Codelgniter adalah framework PHP terbaik selanjutnya yang menggunakan arsitektur Model View Controller (MVC). Di dalam kalimat yang sederhana tersebut, Codelgniter biasanya menggunakan komponen yang berbeda-beda untuk mengelola task development secara lebih terperinci.

3. Symfony

    Di urutan ketiga, terdapat framework PHP terbaik yang bernama Symfony. Framework PHP ini memiliki nama yang unik dan terkenal fleksibel. Di dalamnya terdapat sistem bundle dan sistem komponen yang memudahkan siapa pun untuk memilih fungsi PHP sesuai dengan keinginan, atau menggunakan keseluruhan framework. ramework ini juga turut menawarkan fungsionalitas testing bawaan untuk mengetahui apakah aplikasi telah berjalan normal atau malah terdapat error.

4. Zen

   Zen ini banyak disebut orang sebagai framework PHP “glue”, karena sifatnya yang berbasis komponen. Framework ini adalah framework PHP yang berorientasi pada obyek dan berbasis MVC. Oleh karena itu, Anda dapat me-load komponen yang diinginkan sebagai individual library. Dengan kata lain, Zen akan memudahkan Anda untuk fokus terhadap komponen yang diperlukan. Selain itu, Anda dapat menggunakan kode yang telah ditulis sebelumnya. Keunikan ini  adalah kabar baik baik para developer termasuk juga Zen ini dapat diintegrasikan dengan library eksternal guna mengembangkan fungsionalitasnya.

5. Phalcon

    Di antara banyak framework PHP yang tersedia, Phalcon mencolok dengan keunikan yang membedakannya. Phalcon membanggakan diri sebagai ekstensi C dari PHP yang dibangun dengan bahasa pemrograman C. Meskipun terdengar aneh, dalam praktiknya, Phalcon menjadi salah satu framework PHP tercepat yang pernah ada.

6. CakePHP

    CakePHP adalah salah satu framework PHP yang populer dan memiliki beberapa keunggulan utama yang menjadikannya pilihan yang baik untuk pengembangan aplikasi web. Framework ini tidak pernah berhenti untuk terus berkembang dan menawarkan performa yang semakin baik dengan setiap versi terbaru yang diluncurkan. Tidak hanya itu, framework ini juga selalu menyajikan komponen-komponen baru yang memudahkan pengembang. Namun, keunggulan utamanya sebenarnya terletak pada pendekatan konvensi dalam menulis kode.

7. Yii

    Yii adalah sebuah framework PHP yang dikembangkan dengan tujuan untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi web. Framework ini merupakan singkatan dari “Yes, it is!” yang menggambarkan sifat mudah digunakan dan cepat dalam pengembangan aplikasi.

8. FuelPHP

    FuelPHP adalah sebuah framework pengembangan aplikasi web berbasis PHP. Framework ini dirancang untuk mempercepat proses pengembangan dengan menyediakan struktur yang jelas dan modular. FuelPHP mengikuti konsep Model-View-Controller (MVC) yang umum digunakan dalam pengembangan web.

 

Artikel lainnya di Crosstechno:

Cara Mudah Menemukan Kata Kunci Website Yang Potensial

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…