×

Cara Mudah Menemukan Kata Kunci Website Yang Potensial

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Cara Mudah Menemukan Kata Kunci Website Yang Potensial

04 August 2023

Salah satu hal penting dalam menulis artikel adalah menentukan kata kunci website. Jika Kamu mau buat artikel SEO, penentuan kata kunci tidak boleh asal dan hanya berdasarkan kira-kira. Tujuan mencari kata kunci adalah supaya nanti jika artikel bisa masuk halaman satu Google relevan dengan produk atau jasa yang Kamu tawarkan dan mendatangkan banyak pengunjung tepat.

Berikut cara menemukan kata kunci untuk sebuah website tanpa menggunakan alat bantu (tool). Kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ketika hendak mencari kata kunci:

1. Kenali Target Pasar untuk Memilih Niche Keyword

    Cara riset kata kunci pertama adalah memetakan bagaimana target pasar. Teknik ini adalah cara yang sangat sederhana untuk mengidentifikasi Niche Topic yang disukai pelanggan potensial. Begitu kamu mengidentifikasi Niche Topic ini, kamu dapat dengan mudah menemukan keyword apa yang digunakan pelanggan potensial setiap harinya.

2. Meneliti Topik dan Industri

    Lakukan riset tentang topik yang relevan dengan website tersebut dan industri di mana website tersebut beroperasi. Pelajari tren terbaru, topik yang sedang dibicarakan, dan kata kunci umum yang terkait dengan topik tersebut.

3. Analisis Persaingan

    Tinjau website-website pesaing yang beroperasi dalam industri yang sama. Perhatikan kata kunci yang mereka gunakan di konten mereka, judul halaman, meta deskripsi, dan tag. Ini dapat memberikan wawasan tentang kata kunci yang berpotensi relevan untuk website Anda.

4. Mencari Saran Otomisasi Pencarian

    Ketika Kamu mulai mengetikkan kata kunci yang relevan di mesin pencari seperti Google, Kamu akan melihat saran otomatisasi pencarian yang muncul. Suggestion ini sering kali berdasarkan kata kunci yang populer dan dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan untuk website Anda.

5. Mempertimbangkan Intent Pengguna

    Pikirkan tentang apa yang akan dicari pengguna yang tertarik dengan topik atau layanan yang ditawarkan oleh website. Cobalah memahami tujuan dan maksud pengguna ketika mereka mencari informasi terkait topik tersebut. Dengan mempertimbangkan intent pengguna, Kamu dapat mengidentifikasi kata kunci yang relevan yang dapat menarik pengunjung ke website.

6. Membaca komentar dan Ulasan

    Baca komentar, ulasan, atau pertanyaan dari pengunjung atau pelanggan potensial yang terkait dengan topik atau industri yang dibahas di website. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang kata kunci atau istilah yang sering digunakan oleh mereka.

7. Menggunakan Google Analytics

    Jika website yang Kamu buat sudah dipasang kode Google Analytics, Kamu dapat melihat kata kunci yang digunakan oleh pengunjung yang datang ke website. Meskipun data ini mungkin terbatas, itu bisa memberikan beberapa ide kata kunci yang relevan.

8. Buat Daftar Kata Kunci

   Cara riset keyword selanjutnya bisa kamu lakukan dengan membuat daftar atau list kata kunci utama. Catat beberapa varian kata kunci yang kamu anggap perlu. Lalu, pilah hingga ada yang cocok dan sesuai dengan bisnis atau hal yang ingin kamu promosikan di website. Kamu bisa mengeliminasi kata yang dianggap kurang cocok. Semakin mudah diingat dan diucapkan, maka akan semakin besar pula potensi meningkatkan trafik kunjungan website. Kemudian kata kunci yang dibuat harus sesuai dengan isi website.

 

 Artikel Lainnya di Crosstechno:

Manfaat Artikel Dalam Bisnis Online

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…