×

Penggunaan White Space Dalam Web Design

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Penggunaan White Space Dalam Web Design

09 December 2012

By : Web Design Surabaya

Apakah White space tersebut? ruang kosong di antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Hal ini dapat meliputi: ruang di sekitar grafik dan gambar, margin dan selokan, ruang antara kolom, dan bahkan ruang antara jenis baris. White space disebut juga sebagai negative space. Negative space juga tidak menyiratkan arti bahwa hanya warna putih yang dapat digunakan dalam pembuatan website yang dibuat oleh jasa design web Anda, tetapi juga warna – warna lainnya juga dapat diaplikasikan.

Penggunaan white space yang baik memungkinkan terjadinya hubungan yang baik antara unsur – unsur halaman dengan design dari website yang dibuat oleh jasa design web Anda. Sebagai contoh, bayangkanlah ketika Anda berada dalam lift atau eskalator. Penggunaan white space yang buruk pada website yang dibuat oleh jasa design web Anda akan membuat pengunjung merasa berada pada lift yang penuh sesak dan hanya mempunyai sedikit ruang untuk bergerak. Sebaliknya Penggunaan white space yang baik pada website yang dibuat oleh jasa design web Anda akan membuat pengunjung merasa santai dan mempunyai ruang bebas untuk bernapas dengan mudah.

Penggunaan white space yang cukup besar digunakan untuk menciptakan kesan yang canggih, eksklusif, dan mewah pada sejumlah desain produk high end seperti parfum dan mobil. White space juga bisa digunakan pada desain website yang dibuat oleh jasa design web Anda sehingga mempunyai kesan canggih, eksklusif, dan mewah.

White space mempunyai 3 peran utama, yaitu :

  1. Untuk membuat pengelompokan
    Item – item yang ada pada website yang dibuat oleh jasa design web Anda akan lebih mudah untuk diatur dan dikelompokkan dengan menggunakan white space.
  2. Untuk membuat penekanan
    White space dapat digunakan untuk menunjukkan penekanan pada sebuah paragraph di website yang dibuat oleh jasa web design Anda.
  3. Legibility
    Penggunaan White space pada desain website yang dibuat oleh jasa design web Anda akan mempermudah pembacaan isi konten sehingga pengunjung dapat memahami dan mengambil informasi yang terdapat dalam website Anda.

 

Tips dalam penggunaan white space pada desain website yang dibuat oleh jasa design web Anda.

  1. Rencanakan penggunaan white space dalam website yang dibuat oleh jasa design web Anda. Perencanaan ini akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat white space pada website yang dibuat.
  2. Meningkatkan line height. Peningkatkan default line-height dapat dengan segera membuat konten lebih mudah untuk dicerna oleh pengunjung website yang dibuat oleh jasa design web Anda. Pengaturan yang baik adalah menggunkanan 150 % dari ukuran font untuk rasio line-height.
  3. Gunakan sistem grid . Penggunaan sistem grid akan membuat jasa design web Anda memikirkan untuk menggunakan white space. Penggunaan margin yang sesuai, dan gutters dalam grid akan membuat elemen – elemen dalam website yang dibuat oleh jasa design web Anda menjadi lebih teratur.
  4. Lakukan pengurangan jumlah elemen pada halaman website yang dibuat oleh jasa design web Anda sehingga kemungkinan untuk penambahan white space semakin besar.
  5. Gunakan point sistem untuk menentukan prioritas dari elemen – elemen desain yang ada pada website yang dibuat oleh jasa desain web Anda. Kurangi elemen – elemen yang tidak penting sehingga dapat dilakukan penambahan white space pada website yang dibuat oleh jasa design web Anda.
6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…