×

Apa itu Google Panda

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apa itu Google Panda

19 October 2012

Apakah itu Google Panda ?

sebuah algoritma dari google untuk menaikkan kualitas hasil pencarian pada mesin google yang dirilis sekitar februari 2011. Algoritma pencarian sebelumnya yang bernama google cafeine tampaknya kewalahan mengatasi ulah para webmaster yang telah melakukaakn spam dalam membidik kata kunci tertentu. Sumber : Wikipedia

Berarti selama ini hasil pencarian dari mesin google kurang berkualitas ?

bisa dikatakan ya, bisa juga dikatakan tidak.
Dianggap kurang berkualitas, Karena pada kata kunci tertentu ada orang-orang yang sengaja untuk membidik kata kunci tertentu supaya dapat masuk ke dalam website yang diinginkan, dengan tujuan mendapat traffic, atau menghasilkan uang dari klik iklan yang terpasang, pdahal isi website belum tentu sesuai dengan yang diingikan oleh si pencari website. Website yang seperti ini lah yang masuk dalam kategori "low quality sites"(web berkualiatas rendah) web yang ingin "disingkarkan" google dalam hasil pencarian. Untuk itu algoritma google panda ini berusaha untuk menampilkan kembali situs berkualitas tinggi pada halaman atas dari hasil pencarian.

Mengapa Google ingin situs berkualitas tinggi yang tampil ?

itu semua kembali kepada faktor bisnis :), google tentunya ingin menjadi mesin pencarian yang terus terpercaya, Walaupun saat ini masih tetap yang terbaik di dunia. Apabila tetap menjadi yang terbaik, tentu google akan terus menjadi pendulang pundi-pundi emas bagi para pemasang iklan.

Bagaimana Cara kerja algoritma Google Panda ?

Google dapat mengetahui website yang berkulitas rendah dengan menggunakan persentase pengulangan kata kunci terhadap konten. Halaman yang diisi/diperkuat dengan pengulangan kata kunci tanpa penjelasan yang lebih jelas lagi, menjadi target google untuk dimasukkan ke dalam "low quality sites". Website yang memiliki bounce rate tinggi termasuk  dalam incaran google panda . 
Bounce rate artinya Jumlah pengunjung yang masuk ke website tetapi langsung pergi meninggalkan website karena artikel yang dicari tidak ditemukan / kurang memuaskan. Jadi jika pengunjung langsung kabur tanpa membuka halaman lain website maka ini akan terhitung sebagai Bounce Rate.

Oleh karena itu bangun website yang ingin dibuat dengan konten bermutu dan berkualitas. Apabila semua itu dipenuhi, traffic dan ranking tinggi menjadi bonus :)

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…