×

Pahami Rentang Waktu Pembuatan Aplikasi Sebelum Anda Membuat Salah Satunya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Pahami Rentang Waktu Pembuatan Aplikasi Sebelum Anda Membuat Salah Satunya

15 April 2021

Mungkin terbesit di benak Anda, berapa lama sih aplikasi mobile itu bisa dibuat?

Jawabannya mungkin lebih lama dari yang Anda ekspektasikan, tetapi tidak selama itu sehingga membuat Anda takut karena mengeluarkan pengeluaran yang mungkin saja tidak sedikit. Mulai dari melakukan riset, membandingkan spesifikasi, berapa lama dan bagaimana pembuatannya, dan memasuki tahap pengetesan, akhirnya Anda akan mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya yang dibutuhkan dalam projek pembuatan aplikasi itu sendiri.

Setiap aplikasi pastinya sangat berbeda dalam hal kompleksitas dan desain, namun langkah peembuatannya memiliki pola yang sama. Dimulai dari menyesuaikan tampilan, suasana, dan fungsionalitas setiap aplikasi merupakan proses pengembangan begitu detail juga memiliki kode yang rumit. Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut tentang jalannya projek pembuatan aplikasi pada umumnya, kami telah menguraikan secara singkat 4 fase dasar pembuatan aplikasi sekaligus jadwal dan persyaratan yang waktu yang telah direncanakan.

 

Fase Pertama: Riset dan Pengumpulan Ide (2-3 minggu)

Proses pembuatan aplikasi sangat mirip, bila Anda pernah terlibat dalam proses pengembangan perangkat lunak. Ide yang dimiliki memang banyak, tetapi muncul dengan ide yang "benar" adalah kuncinya. Kami merekomendasikan Anda untuk menjelajah Google Play Store atau App Store untuk menemukan apakah ada aplikasi serupa lainnya disana. Cukup dengan mengetik beberapa kata kunci untuk melihat apa yang muncul di Google Play Store dan iOS App Store. Jangan heran jika ada aplikasi serupa yang dipasarkan. Waktu yang tepat untuk menambahkan fitur unik dan sentuhan khusus merek Anda sendiri adalah kuncinya sebelum Anda memulai. Jika Anda memerlukan bantuan untuk memastikan idenya solid, coba cek pengembang aplikasi Anda atau Crosstechno (https://crosstechno.com/)– yang siap menawarkan pengalaman dan perspektif mereka. Setelah konsepnya sudah solid, Anda akan melanjutkan ke Fase 2.

 

Fase Kedua: Spesifikasi dan Desain (2-4 minggu)

Desain sangat penting dalam menyangkut aplikasi. Kreasikan tampilan yang tepat dan sesuaikan suasana nya dengan cepat, atau butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan detail yang tepat. Anda, sang pembuat keputusan, akan bekerja dengan tim Anda untuk:

  • Mengdentifikasi tugas spesifik yang akan diselesaikan aplikasi. Apa persyaratannya?
  • Tentukan bagaimana aplikasi akan bekerja dengan situs web yang ada atau direncanakan. Akankah itu meniru situs web atau meniru fungsinya secara keseluruhan dan dipromosikan sendiri sebagai aplikasi yang berdiri sendiri?
  • Diskusikan kebutuhan pengguna Anda dan bagaimana aplikasi akan mengatasi potensi masalah navigasi atau operasional. Tidak ada yang lebih buruk dari aplikasi yang memiliki gangguan. Pengguna tidak akan menggunakan aplikasi yang menjanjikan fungsionalitas tetapi gagal untuk memberikan yang user inginkan.
  • Buat desain aplikasi bersama dengan dokumentasi yang merinci setiap fitur. Diskusikan kemungkinan perubahan atau revisi untuk memastikan desain mencakup semua yang diperlukan untuk saat ini.
  • Putuskan apakah Anda ingin meluncurkan lebih banyak fitur di masa mendatang. Anda dapat menghemat waktu dan uang jika Anda membuat rencana ke depan.

 

Fase Ketiga: Arsitektur dan Pengembangan Aplikasi (2-6 bulan)

Merencanakan semua jenis aplikasi perangkat lunak memang membutuhkan waktu. Jadwalkan setiap tugas dalam proyek dan lihatlah di mana Anda bisa lebih efisien dengan waktu dan anggaran Anda. Seperti projek yang kompleks lainnya, beberapa tugas dapat diselesaikan sebelumnya, sementara yang lain harus mengikuti urutan langkah demi langkah.

Misalnya, Anda dapat menggunakan ikon aplikasi di seluruh proyek. Gunakan ikon "dummy" untuk sementara - terkadang tampilan aplikasi berubah seiring waktu seiring dengan perkembangan arsitektur. Mengembangkan gambaran umum dan rencana khusus sangat penting untuk tetap sesuai anggaran dan meningkatkan kesuksesan dalam penyelesaian aplikasi.

Setelah Anda mengembangkan rencana dan menerimanya, membangun arsitektur dapat dimulai. Kerangka kerja ini mencakup antarmuka pengguna (UI), pengalaman pengguna (UX), front-end, dan back-end. Ini merupakan proses yang sangat teknis, terutama jika aplikasi perlu berintegrasi dengan teknologi lain.

 

Fase Terakhir: Pengujian dan Penyelesaian (3-6 minggu)

Tahap ini adalah saat dimana Anda menguji setiap komponen di setiap arah dari ujung ke ujung. Meskipun tim Anda sedang meninjau UI, UX, front-end, dan back-end saat mereka mengembangkannya, masalah mungkin muncul yang tidak dapat dilihat hingga semua elemen disatukan dan diuji. Uji semua fitur menggunakan latihan tes. Mereka harus mengekspos area lemah atau gangguan untuk disiapkan untuk koreksi.

Pengujian alfa dan Beta akan membantu Anda mempelajari apakah aplikasi dapat menangani banyak pengguna pada saat yang bersamaan. Pengujian beban dan kinerja akan memastikan bahwa aplikasi bebas dari kesalahan sebelum diluncurkan. Pastikan pengujian dilakukan pada perangkat dan browser yang berbeda untuk mencerminkan pengalaman pengguna Anda.

Pembuatan aplikasi mobile sangat bervariasi, dimulai dari 2-9bulan dari tahap pembuatan konsep hingga ke tahap penyelesaian. Namun, jadwal dan biaya projek apapun ditentukan oleh ruang lingkupnya.

Semakin kompleks aplikasi yang Anda harapkan, semakin banyak waktu dan uang yang dibutuhkan untuk mengembangkannya.

Namun demikian, karena perangkat seluler terus menguasai pangsa terbesar pasar perangkat lunak komputer, pengembangan aplikasi seperti Crosstechno dapat membantu membawa perusahaan Anda ke tingkat kesuksesan yang belum penah Anda jangkau sebelumnya. Karena ini seringkali merupakan proses yang panjang, pertimbangkan untuk bekerja dengan Crosstechno, pengembang aplikasi yang berpengalaman untuk memandu Anda melalui setiap langkah.

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

Baca Artikel Lainnya

Pertimbangkan Desain Ulang Aplikasi dan Website Anda BIla Menemui Hal Ini3 Aplikasi untuk Buat Toko Online Instant14 Alasan Menggunakan Aplikasi Mobile untuk Perkembangan Bisnis Anda

 

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…