×

Native atau Hybrid? Ini Cara Memilihnya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Native atau Hybrid? Ini Cara Memilihnya

29 October 2021

Saat ini, aplikasi seluler adalah salah satu alat bisnis paling dinamis. Efisiensi mereka dalam membangun hubungan dengan pelanggan tidak ada bandingannya. Berbagai macam layanan menggunakan aplikasi seluler untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi penggunanya.

 

Sebagian besar aplikasi yang dikembangkan adalah untuk salah satu atau kedua platform iOS dan Android. Jika Anda tidak tahu perbedaan antara keduanya, tidak perlu khawatir. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi Native dan Hybrid.

 

Baca juga: Ini Alasannya Flutter Menjadi Kerangka Pengembangan Aplikasi Terbaik 2021

 

Native App

Diprogram untuk bekerja dengan sistem operasi tertentu. Aplikasi yang dikodekan untuk iOS tidak akan berfungsi dengan Android dan sebaliknya. Aplikasi seluler asli mengikuti panduan khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pengembang dapat membangun aplikasi yang memanfaatkan semua fitur sistem operasi. Aplikasi asli memerlukan pengembangan aplikasi terpisah untuk setiap platform. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi semacam itu dapat memakan lebih banyak waktu dan biaya. Manfaatnya meskipun, menjadi kinerja yang lebih baik.

 

Keuntungan Native App

  • Pengalaman Pengguna yang Ditingkatkan

Aplikasi asli juga dapat memanfaatkan kemampuan mode offline dengan lebih baik. Berfokus pada satu platform meningkatkan efisiensi aplikasi. Kombinasi dari semua faktor ini meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

 

  • Peningkatan Kinerja

Saat aplikasi dikodekan untuk sistem operasi tertentu, aplikasi tersebut memiliki metrik performa tinggi. Ini karena optimalisasi memori dan penyimpanan yang lebih baik yang dicapai melalui kode. Aplikasi seluler asli juga lebih mudah dirawat dan diperbarui.

 

  • Keamanan yang Lebih Baik

Tidak seperti aplikasi hybrid, aplikasi asli dapat sepenuhnya memanfaatkan kemampuan perangkat keras. Oleh karena itu, ia menawarkan keamanan data yang tinggi kepada pengguna. Dapat membaca lebih lanjut tentang keamanan aplikasi di sini.

 

  • Kegunaan

Pengembangan aplikasi asli menawarkan akses ke fitur terbaru segera setelah diluncurkan sehingga pengembang dapat dengan mudah mengintegrasikannya dalam aplikasi.

 

  • Personalisasi

Aplikasi asli dapat membantu menyesuaikan tata letak. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memiliki desain terbaik sambil memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

 

 

Baca jugaPembuatan Aplikasi Bisnis Untuk Anda

 

 

Kekurangan Native App

  • Biaya

Dengan meningkatnya komplikasi pengembangan aplikasi seluler asli, harganya juga meningkat. Kebutuhan akan sumber daya yang sangat baik dan pengembang berpengalaman membuat seluruh proses menjadi mahal.

 

  • Memakan Banyak Waktu

Karena aplikasi perlu dikembangkan secara terpisah untuk kedua platform, itu membutuhkan lebih banyak waktu. Bahkan mengembangkan satu aplikasi asli membutuhkan lebih banyak waktu daripada aplikasi seluler hibrida.

 

 

 

Hybrid App

Aplikasi Hybrid memiliki properti lintas platform. Ini berarti bahwa aplikasi hybrid dapat berjalan di beberapa platform. Pengembang dapat membuat satu aplikasi yang akan berjalan di iOS dan Android. Aplikasi ini dapat dilihat sebagai situs web yang dimasukkan ke dalam wadah. Sebagian besar mereka menggunakan mesin rendering dari browser sistem operasi bawaan.

 

Keuntungan Hybrid App

  • Dapat Diakses Di Berbagai Platform

Aplikasi hybrid dapat berjalan di iOS dan Android dengan kode dasar yang sama karena mereka tidak harus mengembangkan kode terpisah untuk kedua platform.

  • Menghemat Waktu

Satu kode akan berjalan di platform iOS dan Android. Pengembang aplikasi hybrid hanya perlu mengerjakan satu kode, sehingga sangat efisien waktu.

  • Perawatan mudah

Karena hanya ada satu kode dasar, menjadi mudah untuk memperbarui program. Pengguna tidak perlu mengunduh versi terbaru untuk memperbaiki bug.

  • Memperbaiki Saku

Hanya satu program dasar yang perlu dibangun untuk kedua platform, yang secara drastis mengurangi biaya pengembangan. Akibatnya, ini jauh lebih murah daripada aplikasi seluler asli.

 

 

Baca Juga: Kategori Aplikasi yang Paling Dicari Berdasarkan Industri dan Fungsionalitasnya

 

 

Kekurangan Hybrid App

  • Koneksi Internet Diperlukan

Karena dalam beberapa kasus mereka pada dasarnya adalah situs web yang dibungkus dengan aplikasi asli, Anda harus terhubung ke internet untuk menggunakan semua fitur. Ini mungkin tidak benar dalam kasus React Native.

  • Antarmuka Pengguna Tidak Memadai

Karena antarmuka harus kompatibel dengan kedua platform, beberapa fungsi dikompromikan. UI di aplikasi hybrid tidak sekuat aplikasi asli.

  • Keterlibatan Pengembang Aplikasi Asli

Banyak masalah fungsionalitas dalam aplikasi seluler hibrida memerlukan pengembang aplikasi asli untuk menyelesaikannya yang dapat menyebabkan biaya tambahan.

 

 

Setiap pendekatan memiliki pro dan kontra, tetapi pada akhirnya pendekatan asli akan memiliki manfaat terbesar bagi keuntungan perusahaan. Ada keuntungan dan kerugian yang jelas dan berbeda untuk kedua pendekatan Native dan Hybrid, dan itulah sebabnya perbandingan ini masih relevan.

 

Kecepatan ke pasar, satu kode sumber, teknologi web lintas-kompatibel, pembaruan mudah, ketersediaan sumber daya, dan biaya anggaran (awal!) yang lebih rendah membuat aplikasi hybrid sangat menarik. Namun, dalam jangka panjang, kerugian terbesar dari aplikasi hybrid adalah bahwa perusahaan kemungkinan akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki dan menyesuaikan aplikasi karena keluhan pengguna tentang elemen UI atau masalah yang didorong oleh kinerja.

 

Selain itu, aplikasi asli memiliki keuntungan tambahan dari fungsi yang khusus untuk OS tempat aplikasi dibuat (misalnya, kamera, GPS, buku alamat, dan sebagainya). Selain itu, pendekatan asli menawarkan keamanan terbaik di kelasnya untuk  aplikasi seluler, kinerja terbaik, antarmuka pengguna yang sangat responsif, dan akses ke semua API asli.

 

Dengan kata lain, investasi awal mungkin lebih tinggi tetapi perusahaan akan menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang sambil menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa dan kinerja aplikasi standar industri. Setiap pendekatan memiliki pro dan kontra, tetapi pada akhirnya pendekatan asli akan memiliki manfaat terbesar bagi keuntungan perusahaan.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, kunjungi kami di  Crosstechno

 

Kami percaya setiap bisnis layak mendapat layanan dan hasil terbaik dari Crosstechno. Dengan tim profesional yang siap membantu Anda memiliki aplikasi Android dan iOS guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan melalui Aplikasi mobile sebagai media pendukung bisnis Anda.

 

Tersedia beragam paket pembuatan website sesuai kebutuhan Anda, hemat biaya karena tidak perlu merekrut tenaga tambahan desainer dan programmer.

 

Layanan lainnya dari Crosstechno:

Jasa pembuatan aplikasi

Jasa pembuatan toko online

Jasa pembuatan website logistik 

 

 

Hubungi Kami

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…