×

Mengapa Kita Harus Pintar Dalam Memanfaatkan Teknologi

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Mengapa Kita Harus Pintar Dalam Memanfaatkan Teknologi

20 October 2023

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, teknologi telah memainkan peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi pada masa kini telah memengaruhi aspek pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, hingga pertahanan dan keamanan. Teknologi telah mengubah cara kita untuk berinteraksi, bekerja, dan mendapatkan informasi.

Peran teknologi sangat membantu semua orang dalam mendapatkan berita terkini di berbagai belahan dunia melalui smartphone/smart tv, contohnya ketika krisis ekonomi berbagai belahan dunia tidak hanya Indonesia saja.

Sayangnya tak semua orang bisa menggunakan teknologi terbaru tersebut. Masih saja ada yang kurang paham dan malas mempelajarinya. Ada yang beralasan karena sudah tua, sudah tradisi manual, anak desa, tidak punya uang dan alasan lainnya. Harusnya justru karena ketidaktahuan itu, kita harus menjadi tahu.

Mempelajari teknologi juga tidak memerlukan biaya yang mahal juga. Sebaliknya, teknologi malah memberikan banyak kemudahan dengan biaya yang relatif terjangkau. Tidak bisa menguasai teknologi terbaru justru membuat kita jauh tertinggal. Bagaimana pun, setiap saat dunia tempat kita tinggal akan terus mengalami perubahan.

Mengapa Kita Harus Memanfaatkan Teknologi dalam era digital ini?
1. Teknologi Makin Berkembang
    Di era digital ini, teknologi berkembang pesat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia. Oleh karena itu, generasi muda harus cermat dalam menggunakan teknologi informasi untuk mencari berbagai peluang baru. Pesatnya perkembangan teknologi tidak akan berpengaruh apa pun jika tidak dibarengi dengan kualitas generasi muda yang unggul.

2. Supaya Tetap Up-To-Date (Terkini)
    Saat ini, tentunya kita tidak ingin menjadi orang yang ketinggalan zaman. Dengan melek teknologi, kita akan mengetahui tren terbaru, aplikasi yang inovatif, dan cara untuk mengikuti perkembangan terkini.

3. Mempermudah Kehidupan Sehari – hari
    Teknologi dirancang untuk mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melek teknologi, kita dapat memanfaatkan perangkat dan aplikasi yang ada untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan keterampilan.

4. Akses Informasi Tanpa Batas
    Dahulu, mencari informasi merupakan salah satu tugas yang sulit. Namun, dengan adanya akses internet saat ini, informasi yang kita butuhkan dapat ditemukan dalam hitungan detik. Dengan melek teknologi, kita bisa memperoleh informasi dengan lebih cepat dan mudah.

5. Peluang Karier dan Bisnis
    Industri teknologi terus berkembang pesat. Dengan melek teknologi, kita memiliki peluang untuk menciptakan karier atau bisnis yang menjanjikan di bidang teknologi. Kita dapat menjadi developer (pengembang aplikasi), digital marketer, influencer, dan masih banyak yang lainnya.

6. Lebih Inisiatif, Inovatif dan Kreatif
    Dulu sebelum teknologi maju seperti sekarang, sudah banyak juga manusia yang inovatif dan kreatif. Tetapi untuk melakukan sebuah penelitian dan menghasilkan sebuah penemuan, mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena kurangnya dukungan teknologi. Dewasa ini, semakin gencar inovasi dan kreasi dalam berbagai bidang sebab teknologi menjadi salah satu penentu kunci dalam mempercepat hasil penelitian dan penemuan.

7. Mencapai Efektivitas dan Efisiensi
    Harus diakui bahwa teknologi benar-benar telah memangkas sebagian besar biaya dan waktu dalam aktivitas manusia. Misalnya saja, dulu mengirim kabar dengan surat yang dikirim lewat kantor pos, tibanya berhari-hari. Sekarang sekali ketik dan klik, pesan akan tersampaikan. Begitu juga, pergi ke luar negeri dulu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang karena biaya yang mahal, sekarang kemajuan teknologi membuat orang kelas bawah pun juga bisa keluar negeri dengan adanya maskapai penerbangan yang murah.

 

Artikel Lainnya di Crosstechno:

Mau Bikin Web Property Agent? Daerah Surabaya? Di Crosstechno Saja!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…