×

Kategori Aplikasi yang Paling Dicari Berdasarkan Industri dan Fungsionalitasnya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Kategori Aplikasi yang Paling Dicari Berdasarkan Industri dan Fungsionalitasnya

25 June 2021

Ada banyak sekali aplikasi baik itu android maupun ios yang dapat di download secara gratis maupun berbayar di playstore maupun appstore. Ketergantungan dengan handphone pintar atau bahasa kerennya Smartphone membuat banyak orang berlomba lomba untuk membuat aplikasi yang berbasis android maupun ios dengan harapan mampu menarik pengguna dan mendapat keuntungan yang besar.

Dari banyaknya aplikasi yang ada di pada App Store, Play Store berikut kami deskripsikan 6 kategori yang perlu dipahami sebelum membuat aplikasi.

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk membuat salah satunya, mari menentukan ide aplikasi mobile yang cocok. Yuk kita mulai!

 

Lifestyle Apps

Kategori ini mungkin lebih disenangi oleh orang dewasa yang memperhatikan gaya hidupnya entah itu soal fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Aplikasi dengan tipe ini biasanya selalu ada dalam jangka waktu yang lama, karena penggunannya merasa aplikasi yang digunakan sudah menjadi bagian dari Lifestyle-nya.

 

Bila Anda merencanakan untuk membuat aplikasi jenis ini, selalu kembangkan inovasi yang menarik untuk pengguna Anda agar selalu memakainya atau bahkan tidak bisa hidup tanpanya.

 

Social Media Apps

Aplikasi sosial media merupakan aplikasi yang paling populer. Bagaimana tidak, bersosialisasi secara online serasa seperti bernafas saat ini. Kita dapat mengubungkan para koneksi, keluarga atau teman yang jauh, hingga survei kompetitor bisnis Anda. Kita semua lebih sering berbagi banyak hal melalui sosial media. Facebook salah satunya dengan pengguna 1 miliar pengguna aktif setiap harinya.

 

Bila Anda berencana membuat aplikasi ini, memberikan nuansa yang menyenangkan sewaktu menggunakan, cepat, dan selalu mengembangkan fitur fitur terupdate untuk tetap menjaga para penggunanya adalah kunci dari keberhasilan dari pembuatan aplikasi ini.

 

Banyak aplikasi lain memungkinkan Anda untuk berbagi produk, skor tinggi, atau item berita dengan jejaring sosial Anda. Mereka memudahkan penggunanya untuk membagikan sesuatu yang mereka sukai tanpa harus meninggalkan aplikasi.

 

Anda dapat menemukannya pada aplikasi yang cukup populer seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, TikTok, Snapchat, dan sebagainya.

 

Utility Apps

Aplikasi yang dapat Anda jumpai seperti Reminder, Kalkulator, Senter, Cuaca, bahkan hingga senter memang cenderung kita gunakan walaupun hanya beberapa saat saja.

 

Dalam memonetisasi aplikasi tipe ini diperlukan untuk meningkatkan frekuensi aplikasinya. Meskipun kunjungan singkat tidak begitu menguntungkan, tetapi banyak dari kunjungan tersebut dapat menambah aliran pendapatan yang signifikan.

 

Entertainment Apps

Hampir dari pengguna segala umur, sangat menikmati tipe aplikasi ini. Game adalah salah satu kategori aplikasi mobile yang lebih jelas dan membutuhkan sedikit penjelasan. Jenis aplikasi ini populer di kalangan pengembang karena membawa pengguna kembali beberapa kali setiap minggu, terkadang beberapa kali per hari.

 

Dalam permainan yang paling sukses, frekuensi dan durasi permainannya tinggi. Coba untuk membuat game Anda “membuat ketagihan” mungkin dengan menawarkan reward reward kecil kepada pengguna yang kembali setiap hari atau beberapa hari berturut-turut.

 

Beberapa contohnya seperti Angry Birds, Clash of Clans, Subway Surfer, dan lain sebagainya.

 

Productivity Apps

Meskipun produktivitas mungkin terdengar seperti salah satu jenis aplikasi seluler yang membosankan, ini adalah kategori yang sangat populer. Jenis aplikasi ini membantu penggunanya menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien, membuat tugas yang terkadang biasa menjadi lebih mudah dan, menyenangkan yah?

 

Contoh aplikasi produktivitas dari Google dan Apple, seperti:

Docs, Sheets, Wallet/Pay, dan aplikasi lainnya seperti Evernote ataupun Wunderlist

 

Jenis aplikasi ini sangat diperlukan jika dilakukan dengan benar. Artinya, Anda juga berkontribusi membantu pengguna Anda menyelesaikan tugas dengan lebih mudah, cepat, dan efisien daripada pesaing Anda. Fitur praktis yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan dari titik A ke titik B adalah yang membedakan jenis aplikasi seluler ini, jadi berkreasilah dan temukan cara untuk melakukan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain.

 

Information Outlet Apps

Aplikasi berita selalu memberikan penggunanya informasi mengenai suatu hal yang mungkin mereka cari. Contohnya seperti Buzzfeed, Detik, Google Berita & Cuaca, Reddit, dan lain sebagainya.

 

Jika Anda mengembangkan aplikasi berita, Anda harus menemukan cara unik untuk berkomunikasi dengan pengguna Anda, karena semua berita akan membahas hal yang sama pada akhirnya.

 

Kesempatan Anda untuk lebih disorot adalah dalam cara Anda mempresentasikannya. Buat sesuatu yang unik dan gunakan ke dalam jenis berita yang akan Anda laporkan untuk memberikan sesuatu yang istimewa yang dicari pengguna Anda.

 

Crosstechno merupakan perusahaan Jasa Pembuatan Aplikasi yang berlokasi di Kota Surabaya. Berfokus pada jasa pembuatan website, aplikasi, dan online marketing. Kami siap membantu Anda memiliki aplikasi khusus untuk bisnis Anda, guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan melalui Aplikasi mobile sebagai media pendukung bisnis Anda.

Tak perlu pikir lama - lama, pastikan untuk jasa pembuatan aplikasi mobile yang profesional dan terpercaya, Anda hanya perlu mengandalkan sepenuhnya kepada jasa pembuatan aplikasi mobile di Crosstechno.

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

 

Cheers!

 

Artikel Lainnya dari Crosstechno:

Sekarang Buat Aplikasi Native Android dan iOS tidak perlu buat 2x 

3 Aplikasi untuk Buat Toko Online Instant 

  

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…