×

Kalian HarusTahu Perbedaan Cc dan Bcc pada Email !!!

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Kalian HarusTahu Perbedaan Cc dan Bcc pada Email !!!

29 September 2020

Sobat CT, seberapa seringkah kalian membuka email setiap harinya? Apakah kalian juga sudah mengetahui kegunaan Cc dan Bcc ketika ingin mengirim sebuah email? Apakah kalian juga telah mengetahui perbedaan keduanya? Namun pada kenyataanya meski sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang masih belum mengerti perbedaan dan fungsi Cc dan Bcc pada email. Apakah kalian adalah salah satunya? Terkadang banyak pula yang menganggapnya sama. Oleh karena itu agar terhindar dalam penggunaannya yang salah, berikut ini simak penjelasan dari perbedaan Cc dan Bcc pada email.

Apa itu Carbon Copy (Cc)
Carbon copy atau yang biasa kita kenal dengan istilah Cc ini merupakan sebuah kolom yang biasa digunakan untuk mengirimkan email ke penerima lain. Biasanya penerima Cc ini merupakan seseorang yang diberi tembusan dan si penerima email utama dapat mengetahui siapa saja yang menerima email tersebut.

Apa itu Blind Carbon Copy (Bcc)
Blind carbon copy atau yang biasa kita sebut Bcc ini hampir sama dengan Cc, yaitu untuk meneruskan isi email kepada orang lain sebagai tembusan. Namun, bedanya adalah si penerima email utama dan penerima email Cc tidak dapat melihat siapa saja penerima email Bcc.

Perbedaan pada Cc dan Bcc
Dari penjelasan singkat tentang Cc dan Bcc Anda sudah bisa menyimpulkan satu perbedaan Cc dan Bcc, yaitu dari visibility atau keterlihatannya. Email Bcc tidak dapat dilihat penerima lainnya, sedangkan Cc dapat dilihat seluruh penerima. Jadi, hanya pengirim yang dapat mengetahui daftar Bcc lengkap dalam email kirimannya.
Katakanlah kalian mengirimkan email dengan penerima utama (TO) Asep, Cc ditujukan pada Bagas serta Cherly, dan Bcc untuk Diyah. Asep hanya bisa melihat Bagas dan Cherly sebagai penerima. Begitu halnya dengan Bagas dan Cherly. Namun Diyah bisa tahu bahwa ada penerima utama Asep dan Cc yang ditujukan pada Bagas dan Cherly. Walau begitu, jika Bcc ditambah email Eko katakanlah, Diyah juga tidak dapat melacaknya karena memang Bcc tidak dapat dilihat oleh penerima lain.

BACA JUGA : Mengapa Perlu Email Bisnis !!!

Alasan kenapa kalan harus mengetahui Cc dan Bcc
CC bisa kalian gunakan ketika mengirimkan salinan email ke orang-orang yang terlibat tapi bukan penerima utama atau ketika kalian ingin memberitahukan pada para penerima email bahwa ada orang lain yang menerima email yang sama.
Sementara Bcc sering digunakan untuk keperluan bisnis, dimana terdapat suatu privasi yang harus dijaga. Misalkan kalian merupakan seseorang pegawai dalam bidang perusahaan jasa. Tiba-tiba saja terdapat seorang pelanggan setia yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Pelanggan tersebut menggunakan email untuk mengungkapkan ketidak puasan terhadap perusahaan. Manajer Anda ingin mengetahui bagaimana kinerja dan cara kalian dalam menangani pelanggan tersebut. Maka Anda bisa menggunakan Bcc untuk Manager. Sehingga tanpa diketahui oleh pelanggan, manajer memperhatikan isi dari percakapan email tersebut. Pelanggan hanya tahu bahwa yang membalas emailnya Anda.


Semoga penjelasan di atas bisa membantu kalian untuk menggunakan email dengan lebih baik lagi di masa mendatang ya Sobat CT!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…