×

Internet of Things dan Cara Kerjanya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Internet of Things dan Cara Kerjanya

08 January 2021

IoT atau lebih dikenal dengan Internet of Things umumnya merupakan sebuah konsep dimana objek tertentu memiliki kemampuan mentransfer data melalui jaringan tanpa interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer.

Kemampuan IoT ini sangat bermacam-macam. Sebut saja konvergensi teknologi nirkabel, MEMS hingga internet. IoT juga kerap diidentifikasikan dengan RFID untuk cara komunikasi. Konsep ini juga mencakup teknologi sensor lain seperti QR code, teknologi nirkabel dan masih banyak lainnya.

Sering kali internet of things juga diterapkan diberbagai benda yang ada di sekitar kita. Contohnya seperti alat untuk pengolahan bahan pangan, mesin, teknologi hingga elektronik. Sederhananya, internet of things merupakan mesin atau alat yang diidentifikasikan sebagai perangkat virtual berbasis internet.

IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman dimana setiap perintah argumen tersebut menghasilkan interaksi antar mesin yang terhubung secara otomatis tanpa ada campur tangan manusia dan tanpa batas jarak.

Artinya, internet disini menjadi penghubung kedua mesin tadi. Lantas, dimana letak campur tangan manusia? Manusia di dalam IoT hanya sebatas pengawas dan juga pengatur mesin yang bekerja.

IoT memiliki hambatan yang cukup besar dalam penyusunan jaringan komunkasi. Jaringan di dalam IoT sangatlah kompleks, dan diperlukan sistem dengan keamanan yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, pembiayaannya juga sangat mahal dan sering mengalami kegagalan.

IoT diaplikasikan dalam berbagai bidang, diantaranya:

  • Pertanian, Dimulai dari pengumpulan data seputar  suhu, kelembaban, cuaca, hujan hingga serangan hama di dunia pertanian. Data tersebut digunakan untuk mengotomatisasi teknik pertanian supaya lebih unggul. Bukan hanya itu, data tersebut dipakai juga untuk mengambil keputusan sesuai kuantitas dan kualitas masalah.
  • Energi, Perangkat yang dimaksud dalam penerapan IoT adalah televisi, lampu, outlet listrik, switch dan masih banyak lainnya. Dampak utamanya adalah memungkinkan mesin atau jaringan untuk berkomunikasi dengan baik didalam pembangkitan listrik yang hemat dan juga efektif.
  • Lingkungan, Umumnya aplikasi yang digunakan memantau lingkungan dengan menggunakan sensor yang membantu terwujudnya perlindungan lingkungan. Penerapannya adalah untuk memantau kualitas air dan udara suatu wilayah.
  • Otomasi Hunian, yang paling ketara beserta contoh penerapannya adalah mesin untuk otomatisasi suatu hunian. Perangkat didalamnya bisa dipakai untuk mengontrol dan juga memantau sistem elektrik dan mekanis untuk semua bangunan. Alat ini digunakan untuk digunakan untuk memantau energi secara real time untuk menghemat energi.
  • Kesehatan, Contohnya data atau informasi rekaman kesehatan pasien bisa ditransfer ke semua rumah sakit. Data tersebut bisa dikirimkan dengan mudah tanpa pasien harus melakukan pengecekan lagi manfaat IoT tersebut benar-benar membantu pasien karena tidak harus mengeluarkan dana tambahan untuk check up.
  • Transportasi, Internet of things juga membantu manusia untuk terintegrasikan antara kontrol, komuniksi dan pemrosesn informasi untuk sistem transportasi sekarang dan masa depan. Bukan hanya informasi mengenai teknologi mesinnya saja, namun juga mencangkup infrastruktur hingga fungsi pengguna dan pengemudinya juga.

Semenjak pandemic berlangsung di Indonesia, IoT yang terus berkembang pesat, diantaranya kesehatan, agrikultural, dan energi.

Misalnya pada industri kesehatan, saat ini banyak perangkat IoT yang dimanfaatkan contoh mengukur suhu tubuh yang dikenal dengan thermal detection dan lainnya. Sektor agrikultural juga membutuhkan teknologi IoT seperti remote monitoring karena saat ini para pelaku industri ini susah untuk mengecek jualan mereka. Yang terakhir dari sektor energi dalam hal ini misalnya energi air, elektronik, dan gas juga menggunakan remote monitoring.

Demikian informasi mengenai internet of things yang bisa Anda pahami. Internet of things adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Sudah banyak mesin dan teknologi yang membantu kelangsungan hidup manusia, Jadi tidak heran jika internet merupakan jantung kehidupan masyarakat modern seperti sekarang.

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…