×

Kenali Berbagai Macam Tipe Pendanaan Awal Startup dan Bagaimana Menggunakannya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Kenali Berbagai Macam Tipe Pendanaan Awal Startup dan Bagaimana Menggunakannya

21 January 2021

Berjalannya Startup butuh lebih dari sekedar kopi dan kerja keras. Setiap bisnis pastinya membutuhkan pendanaan, hal ini berlaku bagi pemula. Pendanaan tahap awal yang tepat dapat membuat perbedaan antara mempekerjakan karyawan bertalenta yang bisa diandalkan atau kehilangan bakat yang sangat dibutuhkan. Ketika mulai mencari pendanaan awal mungkin terasa seperti tugas tanpa tujuan dan tanpa harapan. Tetapi dengan pengetahuan yang tepat, Anda dapat mencari di tempat yang tepat untuk jenis pendanaan yang tepat - dan menempatkan startup Anda tepat di tempat yang seharusnya.

Berikut rangkuman untuk Anda jenis - jenis pendanaan awal dan bisnis mana yang membutuhkannya.

Opsi pendanaan awal sangat bervariasi. Meskipun dari setiap jenis pendanaan akan memberi Anda uang, bukan berarti apa yang Anda lihat memang benar terjadi. Pikirkan tentang situasi Anda saat ini ketika membaca deskripsi berikut untuk memutuskan jenis pendanaan awal mana yang paling cocok untuk Anda.

  • Small Business Loans

Ketika datang ke sumber pendanaan, anggaplah pinjaman usaha kecil ini sebuah roti dan mentega dari peminjam usaha ini. Pinjaman bisnis kecil mirip dengan pinjaman pribadi, bila Anda saudah mantap dengan keputusan ini, artinya Anda telah menyetujui sejumlah dana tertentu dengan tingkat bunga terpasang. Anda bisa mendapatkan pinjaman usaha kecil melalui bank dan lembaga keuangan lainnya yang dapat ditemukan di Indonesia.Perlu diingat bila ingin melakukan pinjaman pribadi, Anda harus memiliki kredit bisnis yang kuat. Hal ini tentunya dapat membantu Anda memperoleh pinjaman yang lebih besar dengan tingkat bunga yang lebih rendah, dan mengurangi jumlah biaya pinjaman Anda secara keseluruhan.

Ideal untuk: Bisnis apa pun dengan kredit yang layak dan memiliki kebiasaan belanja yang bertanggung jawab dapat menjadi kandidat yang bagus untuk pinjaman usaha kecil. Pastikan Anda memiliki rencana keungan yang matang sebelum mendapatkannya, karena menyia-nyiakan pinjaman usaha kecil bisa berakibat fatal. Kemungkinan terburuknya Anda tidak akan mendapatkan persetujuan untuk pinjaman kedua segera setelah mengambil pinjaman pertama, jadi sekali lagi: gunakan pinjaman pertama dengan bijak.

 

  • Funding Rounds

Banyak startup akan melalui berbagai Funding Rounds, yang merupakan periode di mana perusahaan mencari berbagai jenis pendanaan. Funding Rounds dikelompokkan menjadi tiga kelompok: pendanaan Seri A, Seri B, dan Seri C, masing-masing sesuai dengan tahapan perusahaan. Dalam setiap putaran pendanaan, uang umumnya dipertukarkan dengan ekuitas perusahaan, artinya investor mengharapkan pengembalian investasi mereka.

Funding Rounds mungkin diperlukan untuk memulai operasional perusahaan Anda, berinvestasi dalam pemasaran, ataupun dapat membantu menjual produk Anda.

Ideal untuk: Beberapa perusahaan yang ingin mencari modal awal, akan melalui putaran pendanaan. Jika Anda merasa nyaman untuk menukar kepemilikan sebagian dari perusahaan Anda untuk pendanaan yang diperlukan serta memiliki rencana bisnis yang solid, Anda mungkin siap untuk pendanaan Seri A.

 

  • Venture Capitalist

Seorang pemodal ventura (VC) merupakan jenis investor swasta yang mendanai perusahaan pemula "yang menjanjikan". Seorang VC seringkali menjadi anggota perusahaan modal ventura yang lebih besar. Perusahaan-perusahaan besar ini sering kali memiliki dewan untuk memilih perusahaan mana yang akan mereka dukung.

Jika perusahaan telah dipilih oleh firma modal ventura, VC akan menghubungi Anda untuk menawarkan pendanaan. Secara tradisional, pemodal ventura membeli ekuitas di sebuah perusahaan, berarti mereka mengharapkan pembayaran dalam suatu bentuk atau hal lainnya, bila dan ketika perusahaan itu berhasil. Tetapi, jika bisnis Anda tidak berhasil, VC pada dasarnya melakukan investasi yang buruk dan tidak akan menerima imbalan apa pun.

Ideal untuk: Jika startup Anda sudah memiliki ide dan memiliki produk yang layak, Anda bisa menjadi kandidat yang baik untuk modal ventura. Pemodal ventura adalah pebisnis yang tidak mengambil risiko tidak perlu. Untuk memperoleh investasi modal ventura, para pemula biasanya harus siap untuk menghadirkan layanan atau produk mereka kepada publik tetapi kekurangan dana untuk melakukannya.

 

  • Angel Investors

Investor malaikat adalah individu dengan uang untuk mendukung startup dan calon pemilik bisnis. Tidak seperti VC, investor malaikat umumnya solo dan tidak terlibat dengan dewan atau firma. Tapi, mirip dengan VC, angel investor umumnya mengharapkan pengembalian investasi mereka, karena mereka telah membeli beberapa bentuk ekuitas atau kepemilikan dari perusahaan Anda.

Sama halnya seperti VC, investor malaikat dapat dibiarkan begitu saja bahkan jika terjadi investasi yang buruk. Ini membuat Angel Investor menjadi pilihan yang lebih aman daripada pinjaman bisnis tradisional. Perlu diingiat bila Anda menjual ekuitas dengan imbalan pendanaan. Berarti Anda mungkin tidak memiliki kendali penuh atas bisnis Anda lagi, karena Anda harus menjawab permintaan investor Anda.

Ideal untuk: Bila Anda ingin menarik Angel Investor, Anda pasti ingin memastikan bisnis Anda sangat terorganisir dan Anda memiliki rencana untuk terus maju kedepan. Angel Investor biasanya dianggap sebagai bagian dari putaran awal pendanaan, maksudnya Angel Investor menyediakan pendanaan untuk bisnis pada tahap awal. Hal ini membuat Angel Investor  menjadi pasangan ideal untuk bisnis dengan sedikit lebih dari sekedar ide.

Tetapi, Angel Investor seperti unicorn, sulit didapat dan tidak selalu terorganisir atau diatur seperti perusahaan modal ventura. Angel Investor bahkan bisa menjadi teman atau keluarga. Jika Anda mengenal seseorang yang memiliki dana, mereka bisa menjadi Angel Investor potensial.

 

  •  Incubators

Inkubator bisnis, juga dikenal sebagai program akselerator, adalah grup yang didedikasikan untuk membantu memulai bisnis. Inkubator umumnya didirikan dan didanai oleh perusahaan lain yang ingin membantu bisnis rintisan baru untuk mencapai potensi penuh mereka. Inkubator sering kali menawarkan ruang bagi perusahaan untuk bekerja, bantuan pendanaan, dan bahkan bimbingan.

Ideal untuk : Hampir semua bisnis atau wirausahawan tahap awal bisa mendapatkan keuntungan dari inkubator. Mereka yang memiliki ide bisnis dan tim yang solid akan mendapatkan hasil maksimal dari hal tersebut, tetapi bahkan startup tahap awal yang hampir tidak meninggalkan tanah bisa mendapatkan keuntungan besar dari inkubator yang tepat.

 

  • Crowdfunding

Bagi beberapa orang yang memiliki ide bisnis juga beberapa orang yang membutuhkan dana, crowdfunding adalah solusinya. Crowdfunding adalah jenis pendanaan di mana pendukung pribadi (biasanya investor individu) membeli produk atau layanan Anda sebelum tersedia. Hal ini dapat memberikan pemilik bisnis sebuah ide juga kesempatan untuk mendanai proyek mereka dengan imbalan menyediakan produk atau layanan itu kepada pendukung mereka.

Crowdfunding dapat dilakukan dengan menyelenggarakan acara lokal atau digital, tetapi lebih sering dilakukan melalui platform crowdfunding, seperti Kickstarter atau Indiegogo (baca artikel tentang crowdfunding). Platform ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menjelajahi ribuan ide dan mendukung ide yang mereka minati.

Ideal untuk: Jika Anda memiliki produk atau layanan yang berorientasi pada pelanggan, Anda dapat menjadi kandidat yang kuat untuk crowdfunding. Tentunya Anda pasti ingin memiliki rencana untuk menggunakan dana apa pun, dan yang lebih penting, peta terperinci dari pendanaan yang dibutuhkan dan bagaimana dana itu akan digunakan. Pada banyak platform, termasuk Kickstarter, Anda harus menjabarkan tujuan pendanaan Anda, atau tujuan tambahan, untuk memberikan transparansi kepada investor Anda.

 

  • Equity Crowdfunding

Equity Crowdfunding mirip dengan crowdfunding karena Anda mencari pendanaan dari sekelompok orang yang cukup banyak. Tidak seperti crowdfunding tradisional, Anda tidak menjual produk atau layanan Anda. Equity Crowdfunding melibatkan penjualan ekuitas di perusahaan Anda. Artinya pada dasarnya Anda menjual banyak saham dari perusahaan, melalui saham, bagi hasil, dll.

Ideal untuk: Karena crowdfunding ekuitas melibatkan penjualan ekuitas dan bukan suatu produk atau layanan yang layak, Equity Crowdfunding dapat lebih cocok untuk bisnis pada tahap awal. Jika Anda merasa nyaman menjual ekuitas dan Anda memiliki ide bisnis yang solid, crowdfunding ekuitas bisa menjadi cara terbaik untuk memulai bisnis Anda.

 

Bisnis Anda unik. Tidak ada solusi pendanaan yang tepat untuk semua orang, jadi pikirkan di mana bisnis Anda dan apa yang nyaman Anda lakukan. Jika ragu, bicarakan hal financial kepada penasihat keuangan atau bicarakan dengan lembaga keuangan terpercaya Anda. Tentunya bila merasa kesulitan membuat Aplikasi ataupun website crowdfunding seperti Investree, tim professional kami siap membantu Anda.

Pada akhirnya, Anda akan mengambil keputusan yang tepat untuk startup Anda dan menemukan pendanaan yang Anda butuhkan. Dari sana, Anda dapat berfokus untuk menghadirkan produk atau layanan Anda kepada mereka yang paling membutuhkan Anda.

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…