×

Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Menganggarkan Biaya Pembuatan Mobile-App

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Menganggarkan Biaya Pembuatan Mobile-App

29 April 2021

Bisnis pembuatan mobile app baik di Android dan iOS menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Di Indonesia, kini mulai banyak perusahaan yang bergerak untuk mengembangkan aplikasi. Meski menjanjikan, kamu harus tahu jika biaya pembuatan aplikasi tidaklah sedikit. Apalagi yang bisa berjalan di dua sistem operasi, yaitu Android dan iOS. Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan mobile app ini? Yuk, simak ulasan cara menghitung biaya standar pembuatan aplikasi ini!

Langsung pingin tahu kisaran harga cek di sini ya :)

Pertanyaan yang paling sering kami jumpai bila bersapa dengan klien kami melalui DM Instagram adalah: saya mau, dan berapa harganya membuat aplikasi mobile? Jawabannya adalah tergantung bagaimana fitur dan aplikasi yang Anda mau. Namun, minimal pembuatan aplikasi toko online dari Crosstechno adalah 18 juta. Dan mungkin saja mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta tergantung dari kompleksitasnya.

Sebelum Anda menelisik artikel ini lebih lanjut, anda dapat mengkalkulasikan biaya kasar pembuatan aplikasi di website rekomendasi berikut ini:

Beberapa reaksi kita mungkin terkejut, kenapa di internet sana ada harganya miring sekali? Hanya dengan sekian juta saja? memang beberapa hal tertentu pembuatan aplikasi nya sederhana, dan developernya sudah memiliki aplikasi sejenis, mungkin Anda akan mendapatkan harga murah.

Umumnya membuat aplikasi mobile memiliki lebih banyak tantangan daripada membuat aplikasi desktop. Pertama, ukuran layar setiap gadget yang ada di dunia ini pasti berbeda dengan resolusi yang berbeda pula, membuat user interface di mobile device yang sebenarnya terlihat indah tidaklah mudah. Khususnya dalam menampilkan informasi yang bersifat static (misal: table yang memiliki kolom dan baris yang banyak).

90% para pengguna mobile phone menghabiskan waktunya di suatu aplikasi. Sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi seluler yang berbeda sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari mereka. Pelaku bisnis maupun perusahaan berusaha mengkonversi situs perusahaan ke dalam aplikasi Android maupun iOS.

 

Berikut Proses dalam pembuatan Aplikasi

  • Proses Pengembangan aplikasi

Proses ini terdapat beberapa tahap, yakni

    • Tahap Perencanaan

Pada tahap ini programmer perlu  memastikan aplikasi mobile yang akan dikembangkan dapat memberikan kontribusi fundamental bagi sistem kinerja perusahaan dalam suatu pertemuan intensif bersama dengan yang berkepentingan atau pemilik usaha. 

    • Tahap Pengumpulan Konten

Tim pengembang Anda akan mengumpulkan semua konten, aset, gambar-gambar, struktur dan hak akses ke database. 

    • Tahap Desain

Pada tahap desain akan mendesain aplikasi mobile yang meliputi layout penempatan teks, gambar, dan keseluruhan alur logic dari aplikasi mobile.

    • Integrasi, dan Uji Coba

Pengembang akan melakukan proses coding, membangun database, alfa, beta, dan final testing. Selain itu, akan mengintegrasi aplikasi Android maupun iOS dengan sistem yang sudah ada.

    • Tahap Perilisan Aplikasi

Dalam tahap perilisan aplikasi mobile, pihak pengembang akan bertanggung jawab agar aplikasi mobile yang dibuat berhasil. Jika aplikasi mobile diperuntukkan bagi publik, maka pihak penyedia jasa memberikan layanan marketing dan branding online. Sebab, penyedia jasa lebih memiliki pengetahuan teknis yang detail mengenai semua sisi aplikasi mobile tersebut. Pastikan Anda selalu memilih penyedia jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS yang memberikan jaminan pelayanan hingga tahap ini seperti Crosstehno.

Standar biaya pembuatan aplikasi akan berpengaruh kepada jumlah jam kerja. Selain itu, pertimbangkan pula fungsi dan elemen produksi yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi, karena semakin banyak yang akan dikembangkan maka semakin banyak pula tenaga kerja dan biaya yang dibutuhkan.

 

 
  • Perkiraan biaya pembuatan berdasarkan konten

e-commerce

 

~ Rp 18.000.000 - Rp 150.000.000

 

Katalog

   

~ Rp 20.000.000 - Rp 70.000.000

 

Aplikasi Chat atau telpon

~ Rp 30.000.000 - Rp 250.000.000

Aplikasi Game

 

~ Rp 15.000.000 - Rp 1.000.000.000++

Aplikasi lokasi SNS

 

~ Rp 20.000.000 - Rp 800.000.000

Tool System

 

~ Rp 20.000.000 - 200.000.000

 

Dilansir dari data markey.id

       
             

 

  • Biaya Design, Dokumentasi, Dan Perencanaan

Pengetahuan dan pengalaman sangat dibutuhkan dalam membuat desain dengan interface terpadu dan mudah digunakan. Dalam pembuatan aplikasi dari tahap perencanaan, perlu mempertimbangkan konsep aplikasi yang akan dibuat, sebab pada proses pengembangan sering mengalami perbedaan antara System Engineer dan Desainer.

 

  • Biaya Dukungan Operasional

Dalam proses pembuatan aplikasi yang sudah selesai dan siap rilis akan memerlukan biaya dukungan. Sebab, terdapat beberapa proses yang perlu dilakukan setelah perilisan aplikasi, diantaranya memperbaiki bug dan masalah yang tidak ditemukan dalam tahap pengembangan, membuat lingkungan yang mudah digunakan user, penambahan fitur dan update sistem.

Jika Anda tidak memperhatikannya dengan benar, kemungkinan besar Anda akan mengalami over budget sebab tidak memiliki perencanaan sejak awal. Selain itu, aplikasi dengan layar manajemen akan membutuhkan biaya server, biaya domain, biaya SSL, maupun biaya dukungan operasi back end.

 

  • Anggaran Biaya Awal dan Biaya Bulanan

Perhatikan standar pembuatan aplikasi sebelum mempertimbangkan salah satunya, seperti layanan Android App, Website Plan, dan juga biaya layanan iPhone App.

 

  • Penerapan layanan dan aplikasi

Layanan dalam pengembangan aplikasi Android App dan website plan, penyedia akan melakukan pengembangan aplikasi Android dan aplikasi dengan native Java terbaru. Sedangkan untuk iPhone dan website plan akan melakukan pengembangan aplikasi iPhone dan aplikasi dengan native Swift terbaru.

Layanan pengembangan website dalam perangkat Android App dan website plan akan melakukan pengembangan website untuk mobile, tablet, dan komputer menggunakan PHP, Java, dan My SQL. Sementara pada perangkat iPhone App dan website plan akan melakukan pengembangan website untuk mobile, tab, dan komputer dengan menggunakan PHP, Java, dan My SQL.

Layanan pengembangan sistem Back End atau Admin Panel pada Android App dan website plan, pengembangan sistem back end untuk manajemen konten pada aplikasi Android dan website. Sedangkan, pada iPhone App dan website plan, pengembangan sistem back end untuk memanajemen konten aplikasi iPhone dan website.

Layanan sistem maintenance pada Android App dan website plane, sistem maintenance tersebut untuk perangkat Android App, website, dan back end. Sama halnya dengan iPhone dan website plan, sistem maintenance untuk iPhone App, website, dan back end.

Untuk layanan penyewaan server pada Android App dan website plan serta iPhone App dan website plan, biaya server menggunakan sistem kontrak. Server yang ditawarkan dengan spesifikasi tinggi 220 core CPU terbaru yang memiliki performa tinggi. Bahkan, lima kali lebih unggul dari server lainnya yang 4 Core serta penyimpanan hingga 5 GB.

Selain itu mendukung upload aplikasi melalui Google Play dan App Store. Akun Google Play untuk Android dan akun App Store untuk iPhone yang dibuat oleh Anda, sebab membutuhkan kartu kredit pelanggan guna pembuatan akun. Untuk App Toko memiliki akun bersama yang disediakan untuk pelanggan yang tidak dapat menyiapkan akun Google Play dan akan dikenakan opsi biaya tambahan. Sedangkan, untuk App Store Anda harus membuat akun di bawah aturan perusahaan Apple.

 

  • Faktor yang Dapat Mengubah Harga Pembuatan Aplikasi

Cukup sulit untuk menentukan standar biaya pembuatan aplikasi. Sebab, terdapat beberapa pertimbangan dalam menentukan berapa biaya yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh desain aplikasi, tingkat kerumitan, fitur apa yang ingin ditampilkan, dan lainnya.

Selain, itu, beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga pembuatan aplikasi Android dan iOS, diantaranya platform aplikasi, jenis user interface, pendaftaran integrasi dengan media sosial, konten yang dihasilkan user, penanganan dan pelacakan lokasi, integrasi external Application Programming Interfaces, keamanan berbasis SSL, proteksi DOS, dua faktor otentikasi, dan review dan analisis dari admin.

Terlepas dari informasi mengenai aplikasi, Anda perlu mendiskusikan hal tersebut dengan tim Anda, mengatur tugas, dan mengatur biaya yang akan Anda gunakan nantinya.

Hal terpenting yang perlu Anda ketahui bahwa artikel ini tidak dapat memperkirakan secara mendetail proses pengembangan aplikasi. Selain itu kami harap dari artikel ini Anda memiliki perkiraan untuk penganggaran dari aplikasi Android, dan iOS.

Konsultasikan kebutuhan Anda sebelum membuat aplikasi dengan Crosstechno. Handal, serta memiliki tim professional dalam bidangnya.

Lihat portofolio kami

 

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Pertimbangkan Desain Ulang Aplikasi dan Website Anda BIla Menemui Hal Ini

 

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…