×

Aplikasi atau Situs Website?

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Aplikasi atau Situs Website?

06 August 2021

Di dunia serba online ini, bisnis butuh platform yang bisa menunjang branding, marketing, hingga engagement dengan konsumen.

 

Bahkan saat kebutuhan bisnis semakin meningkat. Seperti membutuhkan platform yang bisa memproses transaksi secara otomatis, juga yang bisa mengatur task pekerjaan secara real time. Butuh ini-itu. Duh!

 

Untuk mewujudkannya, Anda memiliki dua pilihan, yaitu aplikasi atau website.

 

Keduanya adalah teknologi yang terlihat sebelas-dua belas. Karena hampir mirip bahkan tidak sedikit juga yang bingung dan bertanya-tanya:

 

  • “Kapan saya harus pakai website?”
  • “Kenapa perlu pakai aplikasi?”
  • “Memangnya, perbedaan keduanya apa?”
  • “Yang mana yang lebih cocok ya, website atau aplikasi?”

 

Tenang, jika Anda memiliki pertanyaan yang sama, di artikel ini Anda akan menemukan jawabannya. Yuk, langsung mulai saja.

 

Apasih bedanya?

Sebuah aplikasi seringkali dijumpai pada smartphone. Sedangkan Situs website diakses melalui browser web, seperti Safari atau Chrome, dan kode sebenarnya berada di server di tempat lain di internet.

Artinya, aplikasi selalu berada pada smartphone, dan memiliki fitur yang bekerja dengan baik pada perangkat seperti kamera, chip NFC, dll.

Sementara situs web hanya ada di handphone kita ketika mengaksesnya dari browser web. (Meskipun Anda dapat memiliki tautan ke suatu situs sebagai ikon di home smartphone Anda).

Sebuah aplikasi yang baik untuk digunakan bila:

  • Konten digunakan secara teratur — seperti sosial media, berita, pemesanan taksi atau ojek online, dan lain sebagainya
  • Membutuhkan interaksi — memposting pembaruan, mengambil gambar, dll
  • Dapat membantu menyelesaikan tugas lebih mudah. Alasan yang paling penting dalam merilis aplikasi sederhana contohnya seperti untuk memeriksa waktu transportasi umum yang biasanya digunakan setiap hari. Anda tentu saja dapat membuka situs web tetapi aplikasi dibuat untuk memungkinkan Anda melakukan suatu hal dengan cepat, dengan beberapa ketukan.
  • Anda ingin hadir dalam pikiran/kehidupan pengguna Anda. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak situs web menyarankan Anda mengunduh aplikasi mereka — para user berpotensi lebih untuk menggunakan aplikasi Anda jika mereka melihatnya, daripada ingat untuk mengunjungi situs web Anda.

 

Website lebih cocok digunakan ketika:

  • Tidak menggunakan suatu konten secara teratur — seperti formulir pendaftaran, halaman pemesanan yang akan digunakan pengguna sekali atau hanya beberapa kali, daftar dokter atau jam buka toko Anda
  • Menginginkan sedikit perawatan teknis. Aplikasi memerlukan lebih banyak pemeliharaan — setiap versi iOS / Android mungkin memerlukan pembaruan untuk aplikasi Anda. jika kontennya cukup statis, situs web memerlukan penyegaran konten yang sama banyaknya dengan aplikasi, untuk mempertahankan minat pengguna.

Pada umumnya website selalu dibutuhkan oleh para pengusaha yang menggeluti bisnis di bidang digital marketing.

Sebagai contoh — saat ini saya hanya memiliki situs website Crosstechno dan tidak ada aplikasi. Apakah saya memerlukan aplikasi? Sebagian besar pembaca kemungkinan besar akan melihat situs di laptop, jadi tidak akan menggunakannya di ponsel mereka.

Apa pun aplikasi yang saya punya — saya juga memerlukan situs web:

  • Untuk pengguna yang lebih suka menggunakan situs web
  • Untuk memberikan informasi tentang aplikasi
  • Untuk memberikan dukungan untuk aplikasi
  • Untuk memasarkan aplikasi

Yuk tanyakan hal berikut kepada diri Anda:

  • Apakah dengan men-download aplikasi dapat memberikan value bagi user yang menggunakannya? Apa manfaatnya bagi mereka? Apa yang membuat pengalaman mereka menjadi lebih baik dengan mengunduh aplikasi Anda?
  • Apakah mereka akan menyimpan aplikasi di perangkat mereka? Mengapa?
  • Apakah mereka akan sering menggunakannya?
  • Bagaimana cara mengetahui apakah ide Anda yang sebenarnya adalah ide yang bagus?

 

Aplikasi ataupun website, pilih dengan baik dan kemudian konsultasikan kebutuhan Anda pada kami segera!

Crosstechno merupakan perusahaan Jasa Pembuatan Aplikasi yang berlokasi di Kota Surabaya. Berfokus pada jasa pembuatan website, aplikasi, dan online marketing. Kami siap membantu Anda memiliki aplikasi khusus untuk bisnis Anda, guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan melalui aplikasi sebagai media pendukung bisnis Anda.

 

Your Success is Our Pride

 

---

 

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

 

Cheers!

 

Artikel lainnya dari Crosstecho

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website 2021

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…