×

6 Jenis Fintech Mewujudkan Cashless Society

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
6 Jenis Fintech Mewujudkan Cashless Society

29 July 2021

Di era transformasi digital ini, teknologi membantu setiap industri mewujudkan efisiensi yang lebih baik dan memberikan kepuasan pelanggan yang belum pernah ada sebelumnya. Hal yang sama berlaku untuk sektor keuangan.

Kemajuan fintech pada berbagai bidang industry keuangan telah membuka jalan bagi masyarakat untuk ‘tidak menggunakan’ uang tunai. Wabah Covid-19 baru-baru ini telah memicu pertumbuhan pembayaran ‘tanpa menggunakan kontak’. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa selama wabah virus corona, lebih dari setengah pembayaran di Jerman dilakukan melalui metode pembayaran contactless, dibandingkan dengan 35% sebelum pandemi. Demikian pula, warga negara Inggris juga telah mengurangi penggunaan uang tunai mereka menjadi setengahnya setelah lockdown.

Bisnis Fintech memainkan peran penting dalam mengubah dunia keuangan menjadi non-tunai. Dari asuransi hingga investasi, fintech mengubah sektor keuangan dengan mengubah cara layanan diberikan kepada pelanggan. Kemajuan teknologi juga telah membuka pintu bagi layanan keuangan baru seperti e-wallet.

Sementara teknologi yang meningkat setiap tahun, sektor keuangan memiliki berbagai layanan keuangan dengan menggunakan teknologi. Berikut adalah beberapa industri keuangan di mana teknologi memiliki dampak yang signifikan:

 

Payment Gateaway

Payment Gateaway ini telah mengubah sistem pembayaran tradisional dan membuat ekonomi tumbuh lebih cepat. Payment Gateaway ini adalah tulang punggung infrastruktur pembayaran seluler saat ini.

Payment Gateaway berfungsi sebagai perantara antara pedagang dan pelanggan atau pembayar dan penerima. Bertindak sebagai penjaga gerbang ke data pembayaran si pembayar dan memastikan keamanan transaksi. Selain mengurangi risiko pencurian data, Payment Gateaway juga melindungi transaksi dari pembayaran kartu yang kedaluwarsa, dana yang tidak mencukupi, dan aktivitas penipuan.

Banyak penyedia layanan teknologi sedang mengembangkan Payment Gateaway berbasis teknologi blockchain yang seharusnya lebih aman dan hemat biaya daripada yang sudah ada.

 

Mobile Payments

Munculnya sistem pembayaran seluler telah memudahkan transaksi tanpa uang tunai. Memang sangat mudah untuk melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode batang (Barcode) atau menghubungkan dompet elektronik Anda ke aplikasi penyedia layanan.

Semuanya dimulai pada tahun 1997 ketika Coca Cola memperkenalkan pembayaran seluler melalui beberapa mesin penjual otomatis sebagai contoh.

 

Mobile Banking

Pada tahun 2020, hampir setiap bank memiliki aplikasi seluler sendiri. Dan sebagian besar layanan perbankan mereka juga ditawarkan melalui aplikasi. Ini telah mengubah cara nasabah berinteraksi dengan bank. Memeriksa saldo rekening, melihat riwayat transaksi, mengelola rekening bank, mentransfer uang menjadi nyaman dengan ketersediaan layanan 24/7.

Kesibukan aplikasi perbankan khusus seluler juga telah membuat perubahan di industri keuangan. Mereka memangkas biaya operasional mereka dengan menghilangkan kebutuhan akan infrastruktur fisik, tidak seperti bank tradisional yang sangat bergantung pada pengaturan fisik dan sumber daya manusia mereka.

 

Online Stock Trading

Dengan aplikasi perdagangan saham dan platform online, perdagangan saham telah menjadi terdesentralisasi, dan sekarang siapa pun dapat memperdagangkan saham dengan jentikan jari menggunakan smartphone mereka. Mirip dengan infrastruktur perbankan khusus seluler, layanan perdagangan saham online hemat biaya dan nyaman. Mereka menawarkan saldo stok minimum rendah, membuatnya layak untuk semua orang.

 

Robo-Advisors

Penasihat Robo adalah penasihat keuangan yang memberikan saran investasi dengan intervensi manusia yang minimal. Aplikasi manajemen portofolio/penasihat Robo ini menggunakan algoritme cerdas untuk memberikan nasihat manajemen aset. Ini membantu penasihat keuangan untuk menganalisis sejumlah besar portofolio secara efisien dan dalam waktu yang lebih singkat.

 

Insurtech

Insurtech adalah penggunaan teknologi untuk membawa efisiensi ke industri asuransi tradisional. Ini adalah fenomena yang berkembang yang diharapkan dapat membantu perusahaan asuransi berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan cara yang lebih baik. Munculnya bisnis Insurtech telah membawa layanan baru ke dalam industri asuransi.

Di Inggris sendiri, Insurtechs muncul sebagai permata mahkota fintech. Temuan $2,6 miliar pada 2018 berimplikasi bahwa masa depan Insurtech cerah.

 

Sektor keuangan sudah memasuki ambang transformasi digital. Lembaga keuangan seperti bank sedang mengalami perubahan besar-besaran untuk mengikuti perubahan permintaan pelanggan.

Dengan pergeseran pelanggan dari infrastruktur keuangan tradisional ke mobile application, sepertinya lembaga keuangan fisik akan menjadi masa lalu. Dan siapa yang tahu? Mungkin kemajuan teknologi blockchain akan membawa keamanan ke tingkat berikutnya, dan kita mungkin mewujudkan impian masyarakat yang cashless.

So, apakah Anda ingin membuat aplikasi mobile untuk bisnis Anda?

Crosstechno merupakan perusahaan Jasa Pembuatan Aplikasi yang berlokasi di Kota Surabaya. Berfokus pada jasa pembuatan website, aplikasi, dan online marketing. Kami siap membantu Anda memiliki aplikasi khusus untuk bisnis Anda, guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan melalui aplikasi sebagai media pendukung bisnis Anda.

 

 

Your Success is Our Pride

 

---

 

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

 

Cheers!

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

JASA PEMBUATAN APLIKASI SURABAYA, JAWA TIMUR

Pertimbangkan Desain Ulang Aplikasi dan Website Anda BIla Menemui Hal Ini

5 Tips Utama Dalam Mengembangkan Aplikasi Android

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…