×

Apa Saja yang Bisa Dibuat Dengan Menggunakan AI

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apa Saja yang Bisa Dibuat Dengan Menggunakan AI

20 September 2023

Kemajuan teknologi yang kita rasakan belakangan ini telah terbukti sukses membantu berbagai aktivitas dan kinerja berat di kehidupan sehari-hari. Apalagi, baru-baru ini masyarakat dibuat terpukau dengan kehadiran sejumlah contoh Artificial Intelligence yang tanpa disadari menghadirkan kemudahan untuk melakukan berbagai hal. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa itu Artificial Intelligence dan sejumlah fungsinya pada platform yang kita gunakan di keseharian. Apalagi, teknologi AI tampaknya telah menjamur karena kecakapannya dalam membantu aktivitas. Lalu, apa yang perlu diketahui oleh pengguna tentang Artificial Intelligence dan manfaatnya dalam keseharian?

Contoh Artificial Intelligence yang Kita Gunakan Sehari-Hari

Kecerdasan buatan dari waktu ke waktu terus mendapat perhatian dunia. Dalam praktiknya, kecerdasan buatan dibedakan menjadi dua, yakni AI lemah dan AI kuat. AI lemah atau weak AI dirancang guna melakukan tugas tertentu sesuai dengan yang diprogramkan. Sedang AI kuat atau Strong AI dirancang dengan sistem yang sifatnya kognitif layaknya manusia. Nah, dari ulasan di atas apakah Anda kian penasaran apa saja kecerdasan buatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya:

1.Asisten Virtual

        Asisten virtual merupakan salah satu contoh Artificial Intelligence pertama yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti peranan asisten pada umumnya, teknologi ini mampu membantu berbagai pekerjaan manusia seperti pencarian informasi,pengaturan jadwal meeting, membacakan e-mail, bahkan mengingatkan sejumlah acara penting yang perlu kamu hadiri. ChatGPT merupakan salah satu contoh dari Artificial Intelligence berbentuk asisten virtual. Di mana, teknologi itu mampu membantu sejumlah pekerjaan sehari-hari layaknya brainstorming ide, mengumpulkan informasi, serta membantu mengerjakan konten teks. Tidak heran, jika AI menjadi andalan banyak orang karena sejumlah manfaat yang ditawarkan.

2.Media Sosial

        Dari waktu ke waktu perkembangan media sosial selalu mengagumkan. Namun, perlu diketahui jika perkembangannya ini tentu tak lepas dari peran AI. Kecerdasan buatan di sini ditanamkan untuk memberikan rekomendasi feed dan teman. Selain itu, AI di media sosial juga mampu menyaring berita bohong dan berita lain sebagainya.

3.Search Engine

        Contoh Artificial Intelligence (AI) berikutnya adalah fitur search engine atau mesin pencarian. Di mana, teknologi ini menjadi salah satu contoh Artificial Intelligence yang paling sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian yang paling relevan serta  sesuai dengan informasi yang kamu butuhkan.

4.Aplikasi Streaming Musik dan Film

        Misalnya ketika sedang mengakses layanan streaming musik, platform tersebut menghadirkan sejumlah rekomendasi lagu-lagu dengan genre musik favoritmu. Hal tersebut merupakan hasil dari kecerdasan buatan yang mempelajari kebiasaan user dalam mendengarkan beberapa lagu tertentu sehingga mampu mengkurasi lagu yang sesuai minatmu.

5.Mobile Banking

        Contoh Teknologi Artificial Intelligence kelima nyatanya hadir dari dunia perbankan. Di mana, sistem yang dahulu dijalankan secara manual kini dapat dioperasionalkan secara otomatis. Di mana, pihaknya memanfaatkan aplikasi mobile banking atau m-banking untuk para pengguna agar bisa melakukan transaksi keuangan apa saja tanpa perlu khawatir tidak adanya mesin ATM terdekat.

6.GPS Navigation

        Teknologi satu ini sangat membantu di era sekarang ini. Teknologi yang ditanamkan dalam GPS sendiri cukup rumit karena prosesnya yang menggunakan big data. GPS di sini tak hanya mampu memprediksi jarak dan waktu, tetapi juga mampu mendeteksi seberapamacet jalanan yang hendak dilalui dengan berbagai simbol warna. Dari sini kemudian pengguna diberikan opsi rute tercepat agar terhindar dari kemacetan. Menariknya lagi, GPS juga memiliki fitur tiga dimensi yang memungkinkan Anda untuk melihat view lokasi secara tiga dimensi hanya lewat layar gadget.

7.Filter Instagram

        Salah satu kecerdasan buatan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah fitur filter dalam sosial media. Misalnya dalam TikTok atau Instagram Anda bisa dengan mudah menghilangkan jerawat atau membuat tampilan wajah yang lebih tirus dan bersih hanya dalam sekali pencet. Padahal, ketika kita menggunakan jasa penyunting video atau foto hal tersebut tentunya cukup lama dilakukan karena dikerjakan secara manual. Nah, uniknya filter dalam media sosial tersebut mampu melakukannya secara real time. Inilah kecerdasan buatan.

8.Aplikasi Transportasi Online

        Apakah kamu sering menggunakan aplikasi transportasi online, seperti Grab, Gojek, atau Maxim untuk kehidupan sehari-harimu? Faktanya, platform tersebut juga memanfaatkan teknologi AI untuk mempermudah pengoperasian bagi para pengguna. Aplikasi transportasi online menjadi contoh  Artificial Intelligence berikutnya dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin juga jarang kamu sadari. Di mana, teknologi AI dimanfaatkan untuk mengelola interaksi user dengan fitur aplikasi transportasi online. Misalnya, ketika memesan layanan ojek online,  kamu akan menerima pesan notifikasi yang menyampaikan di mana posisi driver ojek online hingga lama waktu tunggu yang kamu perlukan. Nah, semua itu dapat terjadi karena adanya penggunaan teknologi AI dalam aplikasi transportasi online.

9.Translator

        Perlu diketahui jika sekarang translator pun juga dibekali dengan AI. Translator memiliki kemampuan voice record yang memungkinkan untuk menerjemahkan suara Anda dalam sesuai dengan bahasa yang dipilih. Tak hanya itu, beberapa aplikasi translator bahkan

memiliki fitur kamera sehingga memudahkan Anda untuk mentranslate sebuah tulisan tanpa harus mengetiknya, cukup memotretnya dan hasil terjemahan akan segera tersedia.

Artikel Lainnya di Crosstechno:

Yuk, Mengenal Apa Itu ChatGPT?

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…