×

Apa itu NFC dan Bagaimana Penggunaannya

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apa itu NFC dan Bagaimana Penggunaannya

19 August 2021

NFC atau Near Field Communication adalah protokol yang membantu dua perangkat berkomunikasi secara nirkabel saat diletakkan bersebelahan—misalnya, smartphone atau jam tangan pintar dapat digunakan untuk pembayaran atau boarding pass. Berikut cara kerjanya.

 

Teknologi Near Field Communication (NFC) memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi yang aman, bertukar konten digital, dan menghubungkan perangkat elektronik dengan satu sentuhan. Transmisi NFC berjarak dekat (dari sentuhan hingga beberapa sentimeter) dan mengharuskan perangkat berada dalam jarak dekat.

 

Perangkat dengan perangkat keras NFC dapat menjalin komunikasi dengan perangkat lain yang dilengkapi NFC serta "tag" NFC. Tag NFC adalah chip NFC tanpa daya yang menarik daya dari smartphone terdekat atau perangkat NFC bertenaga lainnya. Mereka tidak membutuhkan baterai atau sumber daya mereka sendiri. Pada dasarnya, tag NFC dapat digunakan sebagai pengganti kode QR yang lebih nyaman.

 

Untuk membuat koneksi NFC, Anda hanya perlu menyentuh dua perangkat yang dilengkapi NFC secara bersamaan. Misalnya, jika Anda memiliki dua ponsel cerdas yang dilengkapi NFC, Anda akan menyentuhnya secara bersamaan. Jika Anda memiliki tag NFC, Anda akan menyentuh bagian belakang ponsel cerdas yang dilengkapi NFC ke tag NFC.

 

Pembayaran Menggunakan Mobile Phone

Pembayaran NFC bekerja mirip dengan fitur pembayaran nirsentuh tap-to-pay seperti MasterCard's PayPass, yang disertakan pada kartu kredit MasterCard. Ponsel cerdas yang dilengkapi NFC dapat disentuh (atau dilambai) ke terminal pembayaran berkemampuan NFC untuk membayar sesuatu, menggantikan kebutuhan akan kartu kredit.

 

Mentransfer Data Secara Nirkabel

Data dapat ditransfer secara nirkabel antara dua smartphone yang dilengkapi NFC. Sentuh dua ponsel secara berurutan dan konten yang dilihat di satu perangkat akan dikirim ke perangkat lainnya. Transfer file ditangani melalui Bluetooth setelah dimulai, tetapi tidak ada proses pemasangan Bluetooth yang rumit — cukup ketuk dan sisanya akan terjadi secara otomatis.

 

Tag NFC

Siapa pun dapat membeli tag NFC, yang cukup murah. Anda dapat mengonfigurasi tindakan yang terjadi saat ponsel cerdas Anda bersentuhan dengan tag NFC.

Misalnya, Anda selalu memasukkan ponsel cerdas ke mode senyap saat akan tidur. Alih-alih melakukan ini secara manual setiap malam, Anda bisa meletakkan tag NFC di meja samping tempat tidur Anda. Saat Anda pergi tidur, Anda dapat menempatkan ponsel cerdas Anda ke tag NFC dan ponsel cerdas Anda akan melakukan tindakan yang dapat Anda konfigurasikan, seperti mengaktifkan mode senyap secara otomatis.

 

Anda juga dapat membuat tag NFC yang berisi SSID dan frasa sandi jaringan Wi-Fi Anda. Saat orang mengunjungi rumah Anda, mereka dapat menyentuhkan ponsel mereka ke tag NFC dan masuk daripada memasukkan detail jaringan Wi-Fi secara manual.

 

Ini hanya beberapa contoh — Anda dapat melakukan tindakan apa pun yang dapat dijalankan oleh aplikasi di ponsel cerdas Anda.

 

Lebih Banyak Kemungkinan Penggunaan

NFC memiliki berbagai kemungkinan penggunaan lainnya, termasuk:

 

  • Mengunduh Informasi dengan Cepat: Banyak bisnis, iklan, dan produk memiliki kode QR, yang harus dipindai dengan kamera ponsel cerdas. NFC dapat berfungsi sebagai kode QR yang jauh lebih baik — cukup ketuk atau lambaikan ponsel cerdas di atas chip NFC tempat kode QR akan digunakan untuk mengakses informasi.
  • Transit & Boarding Pass: Smartphone yang dilengkapi NFC juga dapat menggantikan transit pass pada sistem transit atau boarding pass di bandara.
  • Pass Keamanan: Ponsel cerdas yang dilengkapi NFC dapat tap ke rearder untuk mengakses area aman. Pabrikan mobil bahkan sedang mengerjakan kunci mobil yang dilengkapi NFC.

 

Mau buat aplikasi dengan NFC juga? Kontak kami sekarang dan konsultasikan keperluan Anda.

 

Crosstechno merupakan perusahaan Jasa Pembuatan Aplikasi yang berlokasi di Kota Surabaya. Berfokus pada jasa pembuatan website, aplikasi, dan online marketing. Kami siap membantu Anda memiliki aplikasi khusus untuk bisnis Anda, guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan melalui aplikasi sebagai media pendukung bisnis Anda.

 

Your Success is Our Pride

 

---

 

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…