×

7 Hal Utama yang Menentukan eCommerce Masa Depan

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
7 Hal Utama yang Menentukan eCommerce Masa Depan

29 July 2022

Segalanya bergerak cepat di dunia e-commerce. Faktanya, aman untuk mengatakan bahwa industri ini selalu berkembang, dengan tren dan teknologi baru yang muncul setiap saat. Sebagai pengecer online, penting untuk tetap berada di depan kurva dan mengikuti tren e-commerce terbaru jika Anda ingin tetap kompetitif.

 

Pertumbuhan perusahaan sangat bergantung pada kemampuannya untuk beradaptasi dengan perkembangan baru, khususnya, mengembangkan solusi eCommerce khusus seputar pergeseran tren dan perilaku pengguna.

 

Menurut Statista lebih dari 2 miliar pembeli digital yang tercatat melakukan pembelian secara online, dan hal ini diperkirakan terus meningkat untuk tahun 2022.

 

Pengiriman Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

93

Pandemi mengungkapkan bahwa sektor e-commerce menghasilkan jumlah emisi karbon yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan raksasa industri berada di bawah pengawasan atas peran mereka dalam peningkatan tersebut.

Jeff Bezos dan timnya di Amazon telah berkomitmen pada inovasi untuk mengurangi jejak karbon mereka, yang bertujuan untuk menjadi Zero Carbon, pada tahun 2040.

 

Fleksibilitas

Fleksibilitas selalu penting bagi konsumen, meskipun sekarang menjadi prioritas yang lebih tinggi dari sebelumnya. 71% konsumen Eropa akan secara aktif memilih perusahaan yang memiliki opsi pengiriman yang lebih fleksibel daripada yang lain.

Ditambah semakin banyak pelaku retail online yang memilih untuk bekerja dengan berbagai operator pengiriman untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan dan untuk menyediakan layanan rencana B jika masalah muncul.

 

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pengalaman Berbelanja

301

Kecerdasan buatan (AI) adalah istilah umum untuk teknologi cerdas. Perusahaan eCommerce menggunakan teknologi ini dalam berbagai cara, termasuk prediksi pola belanja, otomatisasi penjualan, dan rekomendasi produk yang dipersonalisasi.

Di sisi lain, augmented reality (AR) mengacu pada teknologi konten digital yang ditumpangkan, seperti gambar atau suara, di atas lingkungan dunia nyata. Berikut adalah beberapa angka yang membuktikan potensi mereka:

  • Peningkatan penggunaan AI di seluruh bisnis menghasilkan nilai bisnis sebesar $2,9 triliun (Semrush, 2021).
  • Tujuh puluh satu persen konsumen mengatakan mereka akan lebih sering berbelanja jika mereka menggunakan AR (ThinkMobiles, 2021).

 

Belanja Online Berbasis Suara

Menurut sebuah studi global yang dilakukan oleh Wunderman Thompson, belanja online berbasis suara akan meraup lebih dari $40 miliar pada tahun 2022 di AS dan Inggris saja, yang merupakan pangsa pasar sebesar 18%.

 

Sementara beberapa teknologi pencarian suara memulai awal yang rumit dalam hal pengalaman pengguna dan kekhawatiran dari pendukung privasi, teknologi ini akan menjadi perlengkapan yang terintegrasi penuh dalam perjalanan pelanggan e-commerce dalam waktu dekat.

 

Beberapa Metode Pembayaran

90

Pembayaran online telah ada sejak paruh pertama tahun 90-an, tetapi pertumbuhan industri eCommerce baru-baru ini menghasilkan opsi pembayaran yang lebih fleksibel dan dapat diakses. Meskipun penggunaan kartu kredit, dan kartu debit sudah popular, tetapi dompet digital seperti OVO, Dana, ShopeePay dan seterusnya juga memiliki popularitas di kalangan kawula muda. Mau website terhubung dengan system pembayaran digital?.

 

eCommerce Omnichannel

Salah satu tren paling populer dalam belanja online adalah eCommerce omnichannel, menggabungkan beberapa saluran pemasaran untuk memberikan pengalaman belanja online yang mulus kepada pelanggan. ECommerce Omnichannel memungkinkan Anda untuk memelihara pelanggan potensial Anda melalui saluran penjualan secara efektif tidak peduli bagaimana mereka berhubungan dengan bisnis Anda.

 

Misalnya, pelanggan melakukan pemesanan di situs web Anda. Kemudian, mereka memutuskan untuk memeriksa status pesanan dan detail pengiriman di ponsel mereka melalui aplikasi seluler bisnis Anda. Misalkan mereka menemukan masalah ketika barang itu tiba. Mereka dapat dengan cepat menghubungi perwakilan layanan pelanggan Anda melalui saluran media sosial Anda.

 

Personalisasi Khusus yang Mulus

91

Kemajuan dalam pembelajaran mesin, pelacakan situs web yang canggih, dan aplikasi situs web yang canggih menawarkan peluang personalisasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika Anda ingin menawarkan sentuhan manusia itu.

Contohnya ada di www.very.co.uk, memiliki strategi personalisasi yang sederhana tetapi sangat efektif. Karena menggunakan teknologi geolokasi untuk menunjukkan pakaian berdasarkan cuaca yang dialami pengguna saat ini. Jadi, ketika baik-baik saja dan cerah, pelanggan Anda akan disuguhi pakaian pantai yang menggoda dan ketika dingin, parka atau syal terbaru.

 

Ini adalah aktivitas personalisasi yang dirancang untuk menjangkau pelanggan dengan produk yang paling relevan dan bermanfaat tepat saat mereka membutuhkannya. Hasilnya? Konversi yang lebih tinggi, dan pelanggan yang lebih bahagia.

 

 

Intinya, bisnis tetap berada di depan tren saat ini untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan tetap relevan dalam industri belanja online yang sangat kompetitif. Meskipun begitu tren e-Commerce memiliki kesamaan dalam memberikan pengalaman pengguna.

 

Saat Anda memfokuskan pengalaman pengguna yang lebih baik, Anda dapat memberikan lebih banyak pengalaman positif bagi pelanggan Anda dan menjaga pesanan dan penjualan tetap berdatangan.

 

Artikel diperbarui 27/7/22

 

Buat toko online? Klik widget dibagian kiri layar Anda untuk berkonsultasi secara Gratis.

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Cara Membuat e-Commerce seperti Pro

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…