×

14 Alasan Menggunakan Aplikasi Mobile untuk Perkembangan Bisnis Anda

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
14 Alasan Menggunakan Aplikasi Mobile untuk Perkembangan Bisnis Anda

06 May 2020

Jika Anda masih berfikir bahwa aplikasi mobile hanya diperuntukkan pada binis yang telah memiliki nama besar, itu berarti Anda salah. Sebab kini usaha Mickro Kecil dan Menengah sudah mulai mengikuti trend tersebut untuk melebarkan sayap bisnis mereka dengan menggunakan aplikasi mobile. Mereka telah sadar mengenai keefektifan penggunaan aplikasi mobile pada bisnis mereka. Jika Anda masih belum yakin membuat aplikasi mobile sendiri untuk meningkatkan bisnis Anda, simak beberapa alasan berikut :

  1. Membangun Brand dan pengakuan
    Aplikasi mobile bagi bisnis Anda selain digunakan sebagai sarana penyebaran informasi juga berkontribusi terhadap brand awereness. Berbicara mengenai brand awereness, aplikasi mobile itu layaknya papan kosong yang dapat menjadi apa saja yang Anda inginkan. Dan hal yang harus benar-benar Anda perhatikan ialah menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan dan disukai oleh para pelanggan. Sementara dalam urusan pengakuan, Anda harus berusaha agar para pelanggan sering terlibat dengan aplikasi mobile yang Anda buat agar mereka cenderung semakin cepat dalam membeli produk atau jasa/jasa yang Anda tawarkan.

  2. Menjadi invisible kapanpun dan dimanapun
    Dengan mengguankan aplikasi mobile pada bisnis Anda dapat memudahkan para pelanggan dan calon pelanggan dalam mengakses toko virtual Anda kapanpun dan dimanapun untuk mendapatkan informasi mengenain produk/jasa yang Anda tawarkan.

  3. Menjadi lebih unggul dalam bekompetisi
    Bisnis kecil yang mulai menyadari teknologi dengan menggunakan aplikasi mobile masih relative jarang. Sehingga Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mengambil langkah lebih awal dari pesaing Anda dalam menggunakan aplikasi mobile sebagai media pengubung Anda dengan para pelanggan atau calon pelanggan

  4. Sebagai media penyimpanan tak terbatas
    Pada aplikasi mobile juga dapat sebagai media penyimpanan data-data produk/jasa Anda yang tak terbatas, serta Anda akan mendapatkan penyimpanan data yang lebih sederhana, dan mudah Anda akses daripada menggunakan cara yang konvensional.
    mobile marketing concept illustration 114360 1497
  5. Menciptakan saluran pemasaran langsung
    Dengan menggunakan aplikasi mobile Anda dapat menyebarkan berbagai informasi secara umum seperti harga, news, feed, akun pengguna, bentuk pemesanan, messenger, dan hal lainnnya yang dapat diterima dengan mudah oleh para pelanggan. Jadi, semua hal yang akan Anda bagikan kepada pelanggan misalnya promosi produk atau penjualan khusus dapat mudah dibagikan kepada para pelanggan hanya dengan sentuhan ujung jari mereka.

  6. Meningkatkan keterlibatan pelanggan
    Dengan aplikasi mobile Anda dapat membangun dan meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Contohnya pelanggan dapat terhubung dengan Anda dengan fitur help desk atau fitur pesan. Dengan komunikasi yang baik akan membuat pelanggan atau calon konsumen semakin tertarik dengan produk Anda.
    usability testing concept illustration 114360 1571
  7. Melacak produk lebih cepat
    Pada saat Anda menggunakan aplikasi mobile, maka data mengenai produk yang ada dapat diolah serta disimpan dalam aplikasi mobile tersebut. Sehingga nantinya tidak akan membuat Anda kesulitan dalam melakukan pelacakan suatu produk karena semuanya sudah tersimpan dengan baik di dalam aplikasi.

  8. Meningkatkan loyalitas konsumen secara mengikat
    Aplikasi mobile dapat juga digunakan untuk meningkatkan loyalitas secara mengikat dari konsumen sebab konsumen diharuskan mengunduh terlebih dahulu aplikasi mobile bisnis Anda. Dengan ini juga dapat meningkatkan kemudahan konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan serta dalam melakukan pembanyaran secara online.

  9. Menampilkan persediaan dengan akurat
    Aplikasi mobile juga berguna untuk menampilkan persediaan produk secara akurat. Dari sini Anda dapat melakukan pengecekkan apakah data yang ada di dalam aplikasi sama dengan data yang sebenernya di lapangan. Sehingga Anda dapat meminimalisir adanya kecurangan atau hal yang serupa.

  10. Mengurangi kelalaian
    Sering terjadinya kelalaian yang dilakukan oleh para karyawan, dimana disebabkan oleh keterbatasan dalam menghafal spesifikasi suatu produk. Sebagai jalan alternative pada Aplikasi mobile dapat digunakan untuk menyimpan data mengenai produk sehingga para karyawan tidak lagi diharuskan mengghafalkan banyak data mengenai suatu produk dan apabila dibutuhkan para karyawan dapat langsung melihatnya pada menu laporan pada aplikasi.
    mobile testing concept illustration 114360 1565
  11. Mempermudah dan menyederhanakan proses akutansi
    Pada aplikasi mobile dapat memudahkan dan menyederhanakan proses pembukuan atau akuntansi karena Anda hanya tinggal melihat table penjualan harian yang tercatat secara otomatis ketika terjadi transaksi. Sehingga Anda tidak perlu lagi menhitung dengan menggunakan kalkulator atau memakai rumus perhitungan, sebab aplikasi mobile sudah dirancang sangat praktis untuk segala kebutuhan bisnis Anda.

  12. Mengurangi kesalahan transaksi
    Aplikasi mobile juga dapat mengurangi kesalahan dalam transaksi, sebab dapat memungkinkan Anda melakukan pengecekkan ulang pada produk yang telah di-input atau dimasukkan serta memungkinkan Anda untuk memperbaiki kesalahan penginputan produk.

  13. Biaya perawatan dan perbaikan yang rendah
    Jika dibandingkan dengan cara konvensional, aplikasi mobile biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang jauh lebih rendah. Aplikasi mobile mempunyai perangkat yang sederhana dan telah banyak vendor yang bisa memperbaikinya. Oleh karena itu, perawatan dan perbaikan yang dibutuhkan akan lebih rendah.

  14. Membantu analisa pelanggan
    Sebuah bisnis tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan banyak pelangan baru serta meningkatkan penjualan terhadap produk yang dipasarkan. Namun juga untuk mempertahankan para pelanggan agar tidak pergi dan beralih kepada pihak pesaing. Dengan menggunakan aplikasi mobile kita dapat menyimpan data pelanggan setia, seperti nama dan informasi kontak mereka. Dengan data ini Anda dapat melakukan personalisasi pada pengalaman pelanggan yang datang ke toko virtual Anda serta memberikan program khusus kepada mereka sehingga membuat mereka merasa lebih istimewa dan merasa mendapatkan perhatian lebih dari Anda.

Setelah mengetahui 14 alasan mengapa harus memiliki dan menggunakan aplikasi mobile dalam perkembangan bisnis Anda, kenapa masih ragu? Segera ambil langkah lebih maju daripada para pesaing Anda, agar bisnis yang Anda rintis semakin berkembang. Untuk info lebih lanjut hubungi CS kami dan jangan lupa follow akun instagram @crosstechno ya. 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…