×

Tips Pembuatan Website Bagi User Dengan Usia Lanjut

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips Pembuatan Website Bagi User Dengan Usia Lanjut

24 October 2013

By :Jasa Pembuatan Web Perusahaan

Orang - orang di atas umur enam puluh lima tahun adalah kelompok pengguna internet yang paling cepat berkembang. Mereka menemukan internet berguna untuk sumber informasi tentang kesehatan hingga keuangan. Mereka juga ingin bermain game seperti generasi muda dan menggunakan internet untuk pemesanan perjalanan dan berbelanja.

Orang-orang dalam usia kelompok ini lebih dari mampu untuk menggunakan internet, tetapi sering menemukan permasalahan terkait dengan usia mereka seperti pemahaman teks yang kurang atau penglihatan yang lemah. Mereka mungkin juga menemukan bahwa kemampuan mereka untuk meng-klik secara akurat pada satu kata atau target tidak seperti dulu. Berikut ini adalah lima prinsip sederhana bagi designer web surabaya dalam merancang sebuah situs web untuk pengunjung berusia di atas enam puluh lima tahun.

1. Menjaga Layout Tetap Bersih

Ketika merancang situs web, pastikan bahwa halaman rapi dan tidak ada gangguan pada informasi penting. Pecahlah informasi ini ke dalam bagian-bagian yang jelas dengan judul yang menggunakan huruf tebal. Sediakan ruang ekstra di sekitar target yang bisa diklik dan membuat tombol dapat bekerja hanya dengan satu kali klik.

Gunakanlah teks hitam pada latar belakang terang atau teks dengan warna terang pada latar belakang gelap. Jagalah halaman tetap pendek daripada membuat pengguna melakukan scrool down terlalu ke bawah. Jika semua konten dapat sesuai dalam jendela browser, bahkan lebih baik. Gunakan template standar yang disertakan dalam CMS Anda jika mungkin.

2. Membuat Kata – Kata Dapat dibaca

Ketika merancang situs web untuk audiens yang lebih tua disarankan agar Anda tidak membuat font Anda lebih kecil dari 12 poin. Beberapa situs memiliki kemampuan bagi pengguna untuk menyesuaikan ukuran teks jika mereka kesulitan untuk membacanya. Tetaplah menggunakan teks dalam huruf besar dan kecil. Hal ini lebih mudah dibaca. Menggunakan font serif san dan menghindari font naskah. Gunakan tipe left-justified karena akan membuat garis kosong tidak merata sehingga akan membantu mereka untuk tidak kehilangan posisi mereka di halaman website.

3. Navigasi Yang Mudah

Gunakan navigasi yang sederhana dan konsisten. Jangan terlalu banyak lapisan atau halaman. Gunakan tombol yang mengatakan 'halaman sebelumnya' dan 'halaman berikutnya' untuk membuat navigasi yang lebih mudah. Hindari menu scroll down karena mereka dapat membuat sulit untuk dinavigasi. Jika Anda harus menggunakan link, jelaskan apa yang terjadi jika mengklik link tersebut  sehingga mereka dapat membuat keputusan apakah akan mengklik  atau tidak.

4. Tambahkan Ekstra

Semakin tua pengguna web maka semakin besar kemungkinan untuk sulit mendengar atau memiliki penglihatan yang buruk. Oleh karna itu pastikanlah agar teks dapat dibaca dengan baik, Anda mungkin ingin menambahkan file audio yang membacakan apa yang tertulis.

Anda dapat menempatkan sebuah tombol besar di sebelah teks yang bertuliskan 'suara' sebagai isyarat. Anda mungkin ingin menambahkan video yang dapat mereka tonton dan dengarkan. Jika Anda menggunakan audio dan video, pastikan ada transkripsi download konten bagi mereka yang tuli.

5. Bukti Ini Dalam Pengujian

Ini adalah ide yang baik untuk menguji website Anda pada kelompok usia target. Anda dapat mengumpulkan feedback dari test tersebut.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…