×

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website 2021

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips Memilih Jasa Pembuatan Website 2021

05 March 2021

Apabila saat ini Anda sedang ingin membuat website dari suatu agensi, tentu Anda perlu berhati-hati memilih. Salah menjatuhkan pilihan jasa pembuatan website bisa saja malah berakibat buruk. Mulai dari website yang tidak sesuai keinginan, tidak selesai sesuai jadwal, hingga menjadi korban penipuan.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan tips memilih jasa pembuatan website profesional dengan hasil terbaik. Jadi, Anda tak perlu was-was lagi. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

  • Ketahui Kebutuhan Anda

Anda perlu menentukan kebutuhan Anda dulu. Sebab, dalam dunia jasa pembuatan website, Anda akan menjumpai istilah tertentu untuk para Developer yakni yang membuat design dan website dari nol, dan Designer yakni jika Anda hanya membutuhkan mendapat bantuan terkait tampilan website meliputi user experience dan user interface. Keduanya mempunyai skill yang berbeda dalam pembuatan website sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Bagaimana jika Anda membutuhkan keduanya?

Anda bisa memilih layanan jasa pembuatan website profesional/agency yang memiliki skill mumpuni di kedua bidang tersebut. Salah satu contohnya, Crosstechno. Singkatnya, Anda membutuhkan lebih dari freelancer perorangan. Sebab, Crosstechno mempunyai beberapa layanan sekaligus dengan orang-orang yang ahli di bidang development dan design.

 

  • Cari Tahu Profil Pembuat Website

Tips memilih jasa pembuatan website yang pertama dapat dimulai dari mengetahui profil pembuat website atau agensi. Saat mencari agensi, hal inilah yang sebaiknya pertama kali Anda amati. Anda bisa melihat visi juga misi perusahaan disini, juga siapa yang bertanggung jawab. Informasi lain berupa kontak atau alamat juga tertera di company profile.

 

  • Ketahui Portofolio Pembuat Website

Di bagian portofolio, Anda bisa menjumpai informasi seperti foto tim yang disertai sertifikat keahlian, atau hal lain seperti afiliasi dengan perusahaan besar lain. Tak jarang, agensi profesional membuat kompetisi yang bisa Anda ikuti, dan semua bisa Anda lihat di bagian ini. Tapi, saat menilai, janganlah terpaku pada banyak atau sedikitnya portofolio yang ditampilkan. Fokus saja pada kualitas karya yang dihasilkan, itu yang terpenting. Bisa saja agensi tersebut tak mau menampilkan semua karya karena ada perjanjian dengan klien.

 

  • Cek Kredibilitas dan Legalitas

Kredibel berarti bisa dipercaya, dan legal berarti telah berizin. Carilah agensi yang telah terdaftar sebagai perusahaan, misalnya CV, lebih bagus lagi kalau PT. Ini salah satu bukti kalau agensi tersebut benar-benar profesional dalam menawarkan jasa. Agensi besar cenderung akan tetap dominan di model bisnis apapun, ini karena kredibilitas perusahaan sudah lama terbangun di mata konsumen. Atribut ini tak diperoleh singkat, dan jelas kualitas agensi seperti ini lebih bisa diandalkan.

 

  • Cek Demo dan Testimoni Pelanggan

Testimoni bisa punya peran layaknya bukti kalau agensi tersebut benar-benar bisa diandalkan. Review dari konsumen lain penting untuk Anda baca. Anggap saja ini seperti saat Anda ingin belanja online lalu melihat-lihat review dari konsumen lain lebih dulu sebelum membeli.

Apa cara terbaik untuk mengetahui reputasi suatu jasa pembuatan website? Yup, dengan melihat ulasan dari konsumen mereka. Bisa dari review di website resmi mereka, Google Bisnisku atau akun media sosial yang dimiliki. Anda juga bisa lihat testimoni konsumen lain juga demo untuk cari tahu kualitas dari apa yang ditawarkan ini. Komentar klien lain sangat penting, terutama untuk rujukan. Jangan lupa bagian ini, karena Anda bisa melihat apresiasi, saran, juga kritik, yang ditujukan pada agensi.

 

  • Jelaskan Mendetail Kebutuhan Anda

Ada baiknya ketika Anda merekrut jasa pembuatan website, alih alih berkata saya butuh model seperti website addax, sangat disarankan untuk mengkomunikasikan terhadap tim jasa pembuatan website secara mendetail dimulai dari maksud dan tujuan anda membuat website, masalah teknis website, contoh website dengan fitur yang Anda inginkan, font yang digunakan, pemilihan warna hingga bentuk logo.

 

  • Siapkan Budget Anda

Semakin kompleks sebuah website, semakin besar uang yang harus dikeluarkan untuk jasa pembuatannya. Oleh karena itu, siapkan budget sesuai dengan kebutuhan website Anda. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membangun website dengan fitur standar terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan pengembangan sesuai budget yang Anda miliki.

Sebaiknya kita tetap berhati-hati terhadap scam website terlalu murah. Karena belum tentu yang terlalu murah itu sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan.

 

  • Pastikan Keamanan Data, Garansi, dan Maintenance

Dalam membuat website tidaklah sepele. Bila dilihat dalam jangka panjang, Anda mungkin perlu memberikan perhatian ekstra terhadap keamanan data, maintenance, atau bahkan apakah bergaransi?

Anda pasti tidak ingin database yang berisi seluruh file website terekspos. Yang tak kalah penting, bagaimana tanggung jawab agensi jika masalah seperti ini terjadi. Pastikan Anda tahu lebih detail tentang isu keamanan data dari agensi tersebut. Idealnya, agensi professional tidak hanya berfokus membuat website saja. Mereka juga akan memberi garansi atau jaminan kalau website buatan mereka benar-benar bisa diandalkan. Klaim atau garansi bisa memberi Anda rasa aman. Semisal ada error code saat install plugin, agensi siap kapanpun menangani masalah seperti ini. Hanya saja, pastikan kalau garansi yang diberi bersifat gratis. Karena tak jarang agensi meminta biaya tambahan dengan mengatakan error yang terjadi terlalu parah. Gangguan teknis di website bisa terjadi kapanpun, dan garansi juga harus mencakup masalah seperti ini. Sebagai konsumen, Anda berhak tanya atau bahkan meminta garansi. Jangan takut dianggap cerewet, karena ini merupakan hak yang harus Anda dapat.

Kebanyakan agensi menarik biaya maintenance pada bulan pertama sebagai bagian dari layanan, tapi ada juga yang tahunan. Tergantung paket yang diambil, Anda bisa mengambil paket sebatas pembuatan website saja atau plus maintenance. Ini yang harus Anda pahami jika tak ingin ribut-ribut masalah invoice. Tegaskan, berapa lama maintenance yang didapat, juga adakah biaya tambahan untuk ini. Maintenance bisa mencakup apapun, termasuk saat plugin dalam wp-admin minta upgrade.

 

  • Diskusikan Detail Kontrak

Saat memilih sebuah jasa pembuatan website yang cocok, jangan lupa untuk mendiskusikan kontrak kerja terlebih dahulu. Seperti tanggal deadline, jumlah revisi, dan lain sebagainya.

 

Memilih jasa pembuatan website memang tak bisa sembarangan. Apalagi melihat semakin menjamurnya web agency dan freelancer di internet. Salah-salah, bukannya untung, Anda malah akan kecewa. Intinya, jangan pernah memilih jasa pembuatan website karena tergiur iming-iming harga yang murah saja. Selalu lihat profil dan reputasi jasa tersebut dari ulasan konsumen mereka.

Sebagai informasi, Crosstechno memiliki layanan jasa pembuatan website terjangkau yang bisa didapatkan melalui Tautan Ini (www.crosstechno.com).

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

Cheers!

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…