×

Tips Mahir Menjadi Web Developer

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips Mahir Menjadi Web Developer

05 August 2019

Dengan semakin berkembanganya internet, profesi web developer juga telah berkembang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah.

  1. Pahami konsep HTTP
    Salah satu komponen mendasar dalam dunia web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Pahamilah proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client. pada saat kita sedang membuka halaman web.

  2. HTML dan CSS
    Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. Dan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS), kita dapat memformat tampilan tersebut dengan lebih mudah dan tentu saja menjadi lebih bagus.

  3. Javascript
    Dengan menggunakan Javascript, web yang kita buat bisa menjadi lebih interaktif. Kita bisa membuat popup window, autocomplete, datepicker, dan banyak hal lainnya dengan menggunakan Javascript.

  4. Server Side Programming
    Pemrograman Server Side merupakan bagian terpenting pada programan web dinamis. Pada bagian ini pilihan bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari sangat banyak. Mulai dari bahasa yang sudah lama beredar seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go. 

  5. Database SQL
    Web dinamis tidak akan lengkap bila tidak menggunakan Database Management System (DBMS) sebagai sarana penyimpanan data. Database pada aplikasi web banyak sekali kegunaannya seperti menyimpan data user, artikel, transaksi penjualan, dan lain-lain sesuai dengan jenis aplikasi web yang dikembangan.

  6. Web Server
    Web server juga merupakan komponen yang penting. Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Web server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx. Pelajarilah konfigurasi dasar web server untuk mendukung skill Anda sebagai web developer.
17
5, 2024
Membangun loyalitas merek melalui pengalaman pelanggan adalah suatu strategi pemasaran yang sangat e…
6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…