×

Tips Desain Situs Web Minimalis

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips Desain Situs Web Minimalis

25 November 2021

Bagi yang belum tahu, minimalis dalam desain website diartikan dengan menyederhanakan antarmuka dengan menghilangkan elemen yang tidak diperlukan. Ada beberapa hal yang dilakukan untuk membuat website tampil dengan cantik dalam gaya minimalisme. Berikut Crosstechno sudah merangkum beberapa tipsnya. Scroll down kebawah sekarang.

Ciri khas website yang minimalis:

  • Antarmuka yang ramah bagi pengguna atau user-friendly;
  • Navigasi tersembunyi;
  • Tidak lebih dari tiga warna sekaligus;
  • Banyak white space atau “ruang kosong”;
  • Bereksperimen dengan font;
  • Tidak ada detail berlebih: transisi warna, bayangan, tekstur;
  • Tidak ada tombol tambahan.

 

Selain cantik bila dilihat, berikut manfaat lain dari website minimalis yang akan membuat Anda mempertimbangkannya nanti:

  • Minimalisme itu selalu menjadi sebuah tren, dan itu akan tetap ada untuk sementara waktu;
  • Website minimalis mudah dibuat responsif;
  • Dengan lebih sedikit objek di halaman, situs web minimalis memuat lebih cepat;
  • Minimalisme memungkinkan pengguna untuk memusatkan semua perhatian mereka pada produk atau layanan yang Anda jual;
  • Minimalisme membuat navigasi menjadi intuitif.

 

 

52

Source: https://studiorotate.com/

 

Tips ini penting dilakukan untuk Anda bila ingin mengadopsi gaya minimalisme pada website Anda

 

Gunakan spasi

Ruang putih, atau ruang negatif (yang akan menjadi istilah desain yang lebih tepat), adalah ruang antar elemen dalam suatu komposisi. Ada banyak manfaat menggunakan spasi, tetapi yang pertama dan terpenting, ini meningkatkan pengalaman pengguna dan memusatkan perhatian pada konten halaman web dan produk Anda.

 

Whitespace menambahkan keseimbangan pada desain. Dengan menyadari apa yang menempati ruang di antara blok konten utama situs web Anda, Anda dapat membuat situs Anda memikat pembaca, mengundang mereka untuk tinggal lebih lama dan menggulir lebih jauh.

Memiliki banyak spasi adalah salah satu trik utama untuk gaya minimalis.

 

Baca Juga: TIPS Menghindari Desain Yang Sama Pada Website Anda

 

Gunakan warna-warna cerah

Saat menggunakan warna-warna cerah, padukan dengan warna komplementer yang lebih menenangkan dan lembut, berikan tipografi hitam atau putih, dan miliki produk cerah yang indah seperti contoh di atas dan di bawah.

Juga, coba dan hindari animasi yang rumit, transisi yang tajam antara blok konten dan font yang funky.

 

Jadi lebih classy menggunakan font

Penggunaan tipografi yang efisien dapat mengimbangi penggunaan gambar dan animasi yang jarang, membuat situs web Anda menarik secara visual. Font membuat hierarki, yang nantinya dapat memberi tahu pengunjung Anda apa yang penting dan membantu mereka menavigasi halaman.

 

Penting untuk diingat bahwa cara font ditampilkan di layar ponsel akan mencerminkan kegunaan keseluruhan produk Anda. Menurut Statista, antara 2009 dan 2017, lebih dari 50% dari semua halaman web dibuat dengan pendekatan mobile-first. Dan dengan banyaknya perangkat seluler di pasar, tren ini kemungkinan akan berlanjut.

Font Sans Serif adalah pilihan terbaik untuk membuat situs web minimalis hanya karena tampilannya yang cenderung tajam dan bersih.

Berikut adalah referensi font bold yang cerah dalam desain halaman homepage website mereka.

 

58

Source: https://coopbrand.co/

Ukuran font adalah aspek penting lain dari desain yang minimalis, terutama jika tidak banyak elemen lain di halaman. Menggunakan font kecil bisa menjadi cara yang bagus untuk menyajikan informasi tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang.

Namun, berhati-hatilah, karena teks kecil dapat dengan mudah hilang di halaman dan membuat desain tampak kotor dan mengganggu.

 

Menyiapkan navigasi

Cara utama menciptakan kesan minimalis adalah dengan menghilangkan setiap kelebihan, tetapi terkadang desainer bisa bertindak terlalu jauh, menghapus sebagian besar tombol navigasi situs web. Meskipun masuk akal untuk menghapus elemen yang jarang digunakan, pastikan Anda tidak menyembunyikan tautan dan instrumen yang penting bagi pengguna Anda.

Anda dapat membiarkan tombol Menu tidak tersentuh dan merangkum sisa tombol navigasi di dalamnya. Tombol Beranda dapat disembunyikan di logo perusahaan.

Selain itu, pastikan bahwa tombol disorot dengan cara tertentu ketika diarahkan sehingga pengguna tahu bahwa mereka benar-benar dapat diklik.

 

Baca juga: Tampil Lebih Menonjol Dibanding Kompetitor Anda Dengan Toko Online Dari Crosstechno 

 

Pilih gambar dengan hati-hati

Gunakan foto HD besar dan cerah untuk menciptakan hubungan emosional antara situs web Anda dan pengguna Anda, menyiapkan getaran khusus. Namun, ingatlah bahwa gambar tidak boleh digunakan sebagai dekorasi saja, tetapi juga harus menampilkan produk atau layanan apa pun yang Anda tawarkan.

 

Tambahkan detail kecil

Tidak ada tren yang bisa bertahan jika tidak beradaptasi dari waktu ke waktu. Minimalisme telah berhasil bertahan begitu lama karena fleksibel dan dapat diatur ulang untuk memenuhi kebutuhan baru.

Desainer bereksperimen dan mengubah tampilan tradisional di situs web minimalis dengan menambahkan detail kecil. Ini bisa menjadi elemen non-fungsional yang digunakan untuk menarik perhatian. 

Tanda-tanda dekoratif terbang, garis bawah, objek geometris, dan fragmen menjadi semakin populer karena mereka menambahkan sesuatu yang istimewa pada desain dan berfungsi untuk menyeimbangkan konten, memisahkannya, atau menunjuk ke arahnya.

Atau terkadang memperhatikan detail lebih seperti saat scrolling atau pointer mouse. Desain minimalis telah menjadi salah satu pendekatan desain paling populer untuk waktu yang lama, dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut untuk waktu yang lama.

 

succeed

Source: https://coopbrand.co/

Kesan minimalis ada pada pandangan pertama; untuk membuatnya ringan dan mudah digunakan, Anda perlu memikirkan setiap elemen dengan sangat teliti. Jangan pernah mengorbankan kegunaan demi visual, atur konten Anda, dan berusaha untuk membuat jalur yang lebih efisien di seluruh situs web.

 

Memilih jasa pembuatan website terbaik memang gampang-gampang susah dan memerlukan sedikit pengetahuan. Pengetahuan tersebut misalnya mengenai bagaimana cara kerja pembuat web mempengaruhi tercapai tidaknya tujuan dalam pembuatan situs tersebut.

 

Crosstechno siap memberikan pelayanan terbaik dalam jasa pembuatan website yang bisa diandalkan.

 

Crosstechno adalah perusahaan jasa pembuatan dan pengembang aplikasi serta website untuk segala tujuan dimanapun Anda berada. Dengan tim profesional terbaik, dan support yang handal, menjadikan partner terbaik Anda dalam memberikan solusi bisnis di bidang IT.

 

Kami percaya setiap bisnis layak mendapat layanan dan hasil terbaik dari Crosstechno. Dengan tim profesional yang siap membantu Anda memiliki aplikasi Android dan iOS guna mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Saatnya memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan melalui Aplikasi mobile sebagai media pendukung bisnis Anda.

 

Tersedia pula beragam paket untuk pembuatan website sesuai kebutuhan Anda, hemat biaya karena tidak perlu merekrut tenaga tambahan desainer dan programmer.

 

Layanan lainnya dari Crosstechno:

Jasa pembuatan aplikasi

Jasa pembuatan toko online

Jasa pembuatan website logistik 

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

Aplikasi atau Situs Website?  

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…