×

Tips dan Trik Membangun Website Toko Online yang Baik [Part 1]

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Tips dan Trik Membangun Website Toko Online yang Baik [Part 1]

02 June 2020

Saat ini hampir semua orang setiap hari mengakses internet tanpa batas dan mampu melakukan banyak hal seperti berjualan dan berbelanja online. Hal ini sering disebut dengan istilah E-Commerce atau toko online (online shop), yang saat ini banyak menjamur dan mampu meringkas banyak waktu dibandingkan dengan cara berbelanja secara konvensional. Dengan adanya pembelian secara online ini juga menambah deretan aplikasi pembayaran (transaksi) yang juga mudah.

Siapa saja punya kemampuan dan kesempatan untuk membuat dan meluncurkan situs web toko online mereka sendiri karena banyaknya platform pembuatan website yang tersedia. Sebuah situs web toko online adalah bagian dari strategi bisnis yang dapat Anda coba untuk mengembangkan usaha dan menarik lebih banyak pembeli dari skala kecil hingga skala besar. Namun dalam diperlukan juga pengetahuan dalam pengelolaan toko onloine tersebut. Berikut tips dan trik dalam membangun toko online impian Anda,

  1. Tahu kapan waktu yang tepat memiliki website toko online
    Ketika Anda mengetahui bahwa website toko online menjadi trend bisnis saat ini, jangan lakukan itu jika Anda belum tahu kapan Anda harus menggunaknnya. Sebenarnya menjalankan bisnis online dengan website bisa dilakukan kapan saja, namun alangkah lebih baik apabila Anda memiliki pemahaman yang cukup terlebih dahulu mengenai digital marketing, sehingga tidak akan membuat Anda pusing nantinya.
    Anda akan tahu apa saja yang dibutuhkan oleh website toko online Anda agar bisa digunakan dengan baik oleh pelanggan Anda. Jangan terburu-buru karena ingin mengikuti trend. Anda harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Letakkan fokus Anda pada pengguna, bukan hanya pada pelanggan saja
    Saat Anda mulai beralih ke bisnis online, maka orientasi Anda kini bukan hanya untuk pelanggan, tapi pengguna atau pengunjung website Anda. Mengapa? Karena saat Anda memiliki website toko online, maka pengguna atau pengunjung website Anda adalah calon pelanggan Anda. Ketika mereka tidak memberikan penilaian menarik dari mengunjungi website Anda, bisa jadi mereka tidak bisa menjadi pelanggan Anda.

  3. Pastikan toko online Anda terlihat professional
    Jika Anda ingin memiliki bisnis online yang aktif, Anda harus fokus pada kualitas sejak awal. Anda perlu membangun toko yang terlihat professional, menarik dan mudah dalam penggunaanya.

  4. Pilih cara atau metode pembayaran dan pengirimannya.Kemudahan pembayaran dan cara pengiriman adalah salah satu faktor yang banyak dicari oleh pembeli. Dalam metode pembayaran Anda juga dapat menjalin kerja sama dengan banyak aplikasi besar yang mempunyai ragam pembayaran mulai dari fitur satu-klik, opsi dompet digital dan lainnya. Setelah Anda memiliki daftar opsi, Anda harus benar- benar memahami opsi cara kerja pembayaran yang Anda pilih tersebut karena itu akan mempengaruhi penjualan Anda secara keseluruhan. Sedangkan dalam metode pengirimannya Anda dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi yang memiliki banyak pilihan service seperti system COD yang saat ini paling banyak disukai oleh masyarakat.

  5. Pasang aplikasi analisis untuk mengukur kesuksesan traffic Anda
    Sebuah situs web penjualan online pasti  membutuhkan data dan tolok ukur untuk menumbuhkan bisnis mereka. Untuk memulai pelacakan tersebut, Anda dapat menggunakan opsi pelacakan analitis yang dapat membantu Anda dengan metrik dasar seperti :
    1. Jumlah pengunjung
    2. Tingkat konversi
    3. Penjualan produk yang paling populer
    4. Pendapatan rata- rata pelanggan

           Analytics secara umum adalah elemen kunci dalam membantu Anda untuk bertindak berdasarkan                   fakta dan bukan asumsi tentang pelanggan dan bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui tips dan trik dalam membangun website toko online yang baik, apakah niat Anda untuk memiliki sebuah toko online semakin kuat ?
Apabila iya, kami memiliki penawaran yang menarik bagi Anda yang berniat memiliki toko online, yaitu potongan biaya pembuatan toko online sebesar 50%. Harga normal sebesar 6.000.000 dan sekarang Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 3.000.000. Promo ini terbatas hingga Akhir Juli 2020 ya sahabat bisnis, jadi jangan sampai ketinggalan...

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…