×

Strategi Content Marketing

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Strategi Content Marketing

16 June 2023

Bagi pelaku usaha sudah pasti memiliki strategi content marketing adalah keharusan, karena tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan penjualan.

Dan mungkin Anda tahu bahwa salah satu manfaat menjalankan strategi konten marketing dengan benar dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang membuat strategi konten untuk memasarkan produk atau layanan mereka sehingga menghasilkan keuntungan.

Tujuan dari Content Marketing

Sebelum mempelajari pembuatan strategi konten marketing, tentu Anda juga ingin tau tujuan dari content marketing bukan? Nah kami akan menjelaskan bagaimana konten marketing berperan penting bagi bisnis Anda.

1. Pemasaran Konten benar-benar seni berkomunikasi Untuk Memikat Calon Pembeli

    Ada banyak orang sudah malas duluan ketika didatangi oleh sales yang menjual sesuatu sebelum sales tersebut menjelaskan produk atau layanannya. Ini salah satu alasan mengapa pemasaran konten adalah seni komunikasi yang efektif memikat konsumen. Di era internet ini, kita sebagai pemilik bisnis harus tahu bahwa pembeli sangat cerdas dalam menemukan barang atau layanan yang ingin mereka beli.

2. Mendatangkan Prospek Berkualitas

    Pemasaran konten digunakan untuk menarik dan mengembangkan audiens target tertentu dengan tujuan akhir menciptakan keterlibatan pelanggan yang sebenarnya. Dengan menggunakan pemasaran konten, Anda harus berusaha untuk mengubah dan meningkatkan perilaku pelanggan Anda terhadap perusahaan Anda dengan cara yang positif.

3. Meningkatkan Brand Awareness, Konversi dan Penjualan

    Mungkin hampir semua pelaku bisnis bertujuan memiliki brand awareness yang baik, pelanggan yang banyak dan juga penjualan yang meningkat setiap waktunya. Dan perlu Anda ketahui semua itu bisa di tempuh dengan menjalankan pemasaran konten. Apabila Anda melakukan content marketing dengan strategi yang tepat, maka semua hal yang kami sebutkan tadi bisa Anda dapatkan.

Strategi Konten Marketing

Untuk membantu Anda memulai meningkatkan upaya konten Anda, berikut adalah ikhtisar dari masing-masing dari tujuh langkah untuk membuat strategi pemasaran konten Anda:

1.  Tentukan Tujuan Pemasaran Konten Anda

     Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan mengapa Anda melakukan pemasaran online. Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing, dan mungkin Anda juga memiliki tujuan yang berbeda dari pelaku bisnis lainnya. Memiliki tujuan sangat penting karena dengan tujuan yang jelas akan memudahkan Anda memiliki cara untuk mencapainya.

2. Customer Persona

    Strategi content marketing berikutnya ialah memahami audiens Anda. Karena dengan begitu Anda bisa merancang strategi seperti apa yang cocok untuk memikat mereka.

3. Riset Pasar

    Bukankah Anda ingin menargetkan orang-orang yang tepat? Maka dari itu Anda membutuhkan data dan riset pasar. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa memahami kondisi pasar saat ini serta ke mana arahnya. Riset pasar dapat memberikan wawasan tentang apa yang telah di lakukan pesaing Anda untuk meningkatkan strategi Anda nantinya. Karena belajar tentang pasar juga termasuk belajar tentang pesaing Anda.

4. Pemilihan Platform dan dan Jenis Konten

    Setelah selesai menganalisis pasar, langkah selanjutnya ialah memilih platform dan jenis konten yang akan Anda gunakan. Pemilihan platform digital sangat penting karena ini penentu kesuksesan strategi konten Anda. Jika Anda salah memilih alat atau media promosi, ini dapat berdampak buruk pada bisnis online Anda ke depannya.

5. Buat Konten Anda

    Langkah berikutnya adalah membuat konten yang akan Anda distribusikan untuk mendatangkan prospek yang menghasilkan konversi. Anda harus membuat konten yang menarik dan relevan dengan apa yang di butuhkan oleh konsumen Anda. Jika Anda menggunakan konten artikel itu artinya Anda harus melakukan riset keyword untuk mendatangkan prospek berkualitas.

6. Mendistribusikan Konten dengan SEO, SEM, SEA, PPC, dan lainnya.

    Setelah konten telah di buat, langkah selanjutnya adalah mendistribusikan ke audeins target Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mendistribusikan konten seperti SEO, SEM, PPC, SMM dan pemasaran lainnya.

7. Analisis Hasil

   Jika konten sudah di distribusikan sudah pasti akan mendapatkan hasil bukan? Anda bisa melihat data yang di hasilkan oleh konten yang sudah Anda bagikan kepada audiens Anda melalui alat yang tersedia untuk masing-masing platform yang Anda gunakan.

 

Artikel Lainnya di Crosstechno:

Manfaat Blogging Bagi Bisnis Online

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…