×

SEO essentials

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
SEO essentials

02 November 2012

Google telah beberapa kali melakukan update (terhitung 13 kali) dan pada Penguin update, Google menarget situs - situs yang melanggar pedoman dari webmaster Google. Hal ini bertujuan untuk lebih mempromosikan situs yang berkualitas dan menurunkan peringkat dari situs - situs yang menggunakan teknik black hat SEO. Anda dapat membuat akun di google webmaster tool untuk mendapatkan free tools yang dapat membantu anda dalam men-submit site Anda, melacak link dan traffic, membuat site maps dan mengakses banyak informasi berguna lainnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenati Technical Guidelines dan Design And Content Guidelines.

 

Technical Guidelines

  • Memanfaatkan file robot.txt pada server Anda
    Anda dapat menggunakan file robot.txt untuk memberitahu search engine halaman mana saja yang diindeks dan untuk mencegah crawling pages yang mempunyai nilai sedikit atau bahkan tidak mempunyai nilai. Alat analisis robots.txt bisa membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda telah menggunakan file secara benar.
  • Hilangkan semua penghalang ke mesin pencari
    Session IDs, Flash, JavaScript, cookies, DHTML, dan frames dapat mengakibatkan pengindeksan situs tidak lengkap. Untuk melihat situs anda seperti cara search engine spider lakukan, Google merekomendasikan untuk melihat situs tersebut melalui text browser seperti Lynx.
  • Optimalkan Loading Halaman
    Semenjak pengalaman pengguna juga diperhitungkan dalam menentukan kualitas dari suatu website, maka Google merekomendasikan pemantauan kinerja situs secara rutin dengan menggunakan  Site Performance tool pada Webmaster Tools, atau menggunakan tools seperti Page Speed, WebPagetest and YSlow.
  • Pastikan server Anda mendukung  If-Modified-Since HTTP header.
    The If-Modified-Since HTTP header memungkinkan Google tahu bahwa konten telah berubah sejak terakhir kali dikunjungi oleh Google spider.

 

Design And Content Guidelines

  • Luangkan Waktu Untuk Merencanakan Situs Anda
    Pastikan situs Anda mempunyai hirarki yang jelas dan logis dan semua halaman bisa dicapai dari setidaknya satu link teks statis. Perhatikan jumlah link pada suatu halaman tetap pada jumlah yang sesuai atau masuk akal.
  • Kembangkan Daftar Kata Kunci Dan Pastikan Anda Menggunakannya
    Pikirkan bagaimana orang - orang akan mencari produk atau service yang Anda promosikan melalui Situs Anda. Gunakan google Adwords Keywords Tool untuk membantu Anda mencari title dan meta tags yang optimal.
  • Optimalkan Title Dan Meta Tag
    Buatlah title tag yang akurat dan deskriptif untuk halaman Anda serta untuk meta description tag (Google mengabaikan meta tag kata kunci).
  • Menggunakan Heading Tags Secara Tepat
    Terdapat 6 ukuran dari heading tags yang tersedia, dimulai dari yang terpenting <h1> sampai <h6>. Secara umum direkomendasikan untuk tetap berpegang pada <h1>, <h2>, <h3> ,<h4> seperti <h5> , dan <h6> yang secara berkala ditempatkan di bawah ukuran teks default, sedangkan <h4> biasanya diasumsikan untuk sesuai dengan ukuran teks.
    Heading Tags memberikan petunjuk visual yang penting bagi pembaca untuk mengidentifikasi item - item penting pada halaman web. Mereka juga membantu mesin pencari ke petunjuk apa yang paling penting pada suatu halaman web. Gunakan mereka secara hati- hati dan pastikan kata - kata yang Anda gunakan membantu mendefinisikan struktur halaman secara lebih baik.
  • Membuat Site Map
    Pastikan site map links menjadi bagian yang penting dari situs Anda lalu kirimkan link tersebut dengan menggunakan Google Webmaster Tools.
  • Membuat Anchor Text Yang Bermakna
    Meskipun Anda tidak dapat selalu mengendalikan anchor text pada external pages yang terhubung pada situs Anda, Anda dapat memastikan anchor text di dalam site Anda sendiri relevan, deskriptif, dan berguna.
  • Menjaga dynamic web pages seminimum mungkin
    Tidak semua search engine spiders mengjelajahi dynamic web pages, jadi cara yang terbaik adalah dengan membatasi penggunaan dynamic web pages dan menjaga agar URL tetap singkat.
    Meskipun Anda harus menghindari embedding teks pada gambar dan mengisi ALT atribut dengan keywords, Anda harus menyediakan judul yang bagus, akurat, dan deskriptif dan juga keterangan untuk gambar.
  • Sediakan gambar yang berkualitas dan relevan
    Konten yang relevan disekitar gambar dapat membantu memberikan informasi yang lebih jauh kepada search engines.
  • Tentukan lebar dan tinggi gambar
    Penentuan lebar dan tinggi gambar membantu mempercepat loading halaman dan menyediakan pengalaman user yang lebih baik karena browser bisa memulai membuat halaman sebelum gambar di download jika mereka tahu spesifikasi ini.
  • Membuat URL yang mudah dimengerti
    User friendly URL dapat membantu bagi siapa pun yang hendak terhubung ke konten anda, mereka juga bisa membantu search engine menjelajahi situs Anda secara lebih efisien.RL yang panjang akan susah untuk diingat. Jika URL anda relatif pendek dan mengandung kata - kata yang relevant dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka hal ini akan menyediakan informasi yang berguna bagi user dan search engine mengenai konten halaman web.

Berikutnya akan dijelaskan mengenai Link dan Quality Guidlines.

Sumber : www.webdesignerdepot.com

17
5, 2024
Membangun loyalitas merek melalui pengalaman pelanggan adalah suatu strategi pemasaran yang sangat e…
6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…