×

Mengenal Technical Writer

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Mengenal Technical Writer

27 February 2023

TECHNICAL WRITER
Sebagai seorang technical writer, tugas utama Anda adalah menyusun dokumen teknis yang menjelaskan produk atau layanan dengan jelas dan terperinci kepada pengguna atau pelanggan.


1. KETERAMPILAN MENULIS
Seorang Technical Writer harus dapat membuat tulisan yang tersusun dengan baik serta mudah untuk dimengerti. Sebagai Technical Writer, penting untuk memilih penggunaan Bahasa yang tepat untuk menyampaikan hal yang rumit dengan sederhana.


2. KETERAMPILAN RISET
Riset diperlukan untuk memastikan bahwa apa yang kamu tuliskan benar dan relevan. Apalagi, jika kamu menuliskan sebuah dokumentasi untuk produk yang diproduksi sebuah perusahaan yang belum kamu kenal.


3. BEKERJA DALAM TEAM
Technical Writer harus bisa mengomunikasikan apa yang ia tuliskan kepada pelanggan dan perusahaan. Di lingkup kerjanya, mereka mungkin bekerja dengan editor atau manajer Konten.


4. BERPIKIR KRITIS
Berpikir kritis dalam konteks penulisan teknis berarti mampu untuk membuat penilaian yang jelas dan beralasan. Ketika melihat suatu produk dan mengetahui cara kerjanya, Technical Writer harus mampu berpikir kritis untuk dapat membantu memunculkan cara menyampaikan instruksi dengan sederhana. Tugas tambahan mungkin termasuk memperbarui dokumen eksisting, membantu dalam pengujian produk atau layanan, dan bekerja dengan tim pemasaran untuk menghasilkan materi promosi. Sebagai seorang technical writer, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pemahaman teknis yang solid, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan ketepatan dan ketelitian.

5. BERORIENTASI PADA DETAIL
Penyampaian instruksi yang salah akan berdampak tidak baik untuk banyak orang. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa setiap tahapan instruksi itu sudah dituliskan dengan tepat.

 

Skill apa sih yang harus dimiliki oleh Technical Writer?

1. MENULIS
Seorang technical writer harus punya kemampuan menulis yang menarik. Sangatlah penting. Seseorang dengan passion menulis justru yang lebih bisa menjelaskan sesuatu kepada user lewat kemampuan bahasa yang dipunya. Mengapa bukan developer? Simplenya, tentu saja tak semua developer punya kemampuan menulis yang baik. Justru, seorang penulis akan mudah mempelajari product knowledge dan software. Ia akan dengan senang hati merinci bahasan yang pas untuk disampaikan.

2. PASSION TEKNOLOGI
Passion di bidang teknologi amat sangat perlu dibutuhkan bagi mereka yang ingin jadi technical writer. Jangan buta terhadap technologi karena akan mempermudah kamu yang akan berkarir di bidang ini.

3. DATA ANALYST
Kemampuan menganalisa data juga perlu dipunyai seorang technical writer. Kamu harus pandai menganalisa data yang diberikan. Setidaknya, tulisan dokumen yang dibuat bakal lebih akurat dan tidak salah.

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno :

Jasa Pembuatan Website Surabaya

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…