×

Mengapa Negative Adalah Positive Pada Web Design ?

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Mengapa Negative Adalah Positive Pada Web Design ?

10 January 2014

By : Jasa Pembuatan Web Perusahaan

Sebagai pengingat, mari kita luangkan waktu sejenak untuk kembali ke dasar : Terdapat dua jenis ruang atau space dalam desain website surabaya dan desain website lainnya, yaitu positive space dan negative space. Positive space mengandung semua elemen dari situs Anda seperti konten, navigasi, gambar, dll. Negative space (sering disebut sebagai spasi) adalah semua ruang kosong di antara positive space, ruang di sekitar konten yang memisahkan unsur-unsur desain dan membantu untuk membangun dan menentukan cara pengguna berinteraksi dengan konten dalam ruang positif. Ada juga dua jenis negative space, micro dan macro. Micro negative space  adalah ruang antara unsur-unsur yang lebih kecil dari desain, seperti ruang antar paragraf,  ruang antara huruf serta kata, dan yang lainnya. Macro negative space adalah ruang antara elemen - elemen desain yang lebih besar, unsur-unsur inti dari desain seperti header dan footer.

Micro negative space

Pertama tama, kita akan membahas mengenai micro negative space. Mengingat ukuran tidak membuat micro negative space menjadi kurang penting, sebaliknya malah mempertahankan jumlah spasi yang sesuai dalam blok teks dapat membuat situs lebih mudah dibaca, lebih mudah untuk dimengerti, dan bahkan dapat membantu pengunjung memahami dengan baik apa yang mereka baca. Fokus dan pemeliharaan perlu lebih mendalam lagi pada saat kita membicarakan micro negative space. Kita perlu berhati-hati untuk memastikan bahwa semua ruang negatif dalam blok teks kita terlihat rapi dengan cara yang estetis seimbang, terbuka, serta tidak terlihat kacau.

Ini berarti membuat ruang antara header dan paragraf dengan tepat, memberikan perhatian khusus untuk ketinggian garis dalam paragraf, dan memastikan bahwa ruang antara baris tidak terlalu di atas atau di bawah. Bahkan ruang antara kata-kata dan huruf juga perlu diatur. Hal ini tidak selalu mudah. Menentukan margin dan padding untuk penyesuaian micro negative space adalah seni yang rumit.  Setiap situs akan memiliki keseimbangan sendiri. Meskipun Anda tidak ingin terlalu sedikit spasi, memiliki terlalu banyak spasi juga akan berdampak negatif.

Macro Negative Space

Sekarang mari kita memperbesar ruang lingkup kita sedikit, dan fokus pada sisi macro negative space. Meskipun sisi ini cenderung diberi perhatian lebih, kita masih sering tidak memberikan lebih banyak ruang terbuka untuk bernapas. Orang orang terkadang mengacaukan header mereka dengan memasukkan segala sesuatu yang mereka bisa masukkan ke dalam header, karena hal ini adalah yang pertama kali pengunjung lihat. Buatlah agar daerah ini hanya memuat beberapa elemen kunci sehingga pengguna tahu persis di mana mereka berada dan tidak merasa sesak segera setelah mereka masuk ke situs.

Sama seperti header, cukup mudah untuk mengira bahwa footer dan sidebar sebagai suatu elemen yang dapat memuat semua hal mengenai konten. Tempat untuk mendorong dan memasukkan informasi sebanyak mungkin. Memang benar bahwa pada bagian ini konten dapat lebih banyak dimasukkan, tetapi pengontrolan tetap harus diambil untuk memastikan bahwa Anda meninggalkan cukup ruang baik di sekitar maupun di dalam elemen-elemen ini. Jadi pastikan bahwa terdapat ruang yang cukup di sekitar setiap blok elemen. Berikan perhatian khusus untuk memastikan bahwa akan ada banyak ruang di sekitar semua calls to action.

 

Mengapa negative space penting ?

Penggunaan negative space memainkan peran besar dalam usability dari desain website surabaya. Pengguna tidak hanya perlu merasa nyaman membaca semua konten di situs, tetapi mereka juga harus dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Keadaan situs yang kacau tidak akan membuat hal ini menjadi mudah. Banyak orang (terutama client), cenderung ingin memasukkan informasi pada setiap inci yang tersedia pada layar dan kemudian bertanya-tanya mengapa situs terlihat sangat berantakan dan tidak menarik. Dan lebih lagi, mengapa pengguna tampaknya mengalami kesulitan menjelajahi situs tersebut.

Sebagai desainer kita harus membuat client mengerti mengapa negative space ini begitu penting dan mengapa memilih  konten apa yang akan disertakan dalam situs mereka adalah sama pentingnya. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk tidak membuang-buang biaya, tapi juga untuk tidak menghabiskan ruang pada layar. Buatlah negative space menjadi elemen yang dibutuhkan dalam membuat informasi penting yang sudah di layar menjadi menonjol dalam suatu tempat yang lapang dan tampak profesional.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…