×

Manfaat Loyalty Program Untuk Perkembangan Perusahaan

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Manfaat Loyalty Program Untuk Perkembangan Perusahaan

19 May 2023

Sebelum membahas manfaat loyalty program, maka sebaiknya kita pelajari pengertiannya terlebih dahulu. Loyalty program atau  program loyalitas adalah strategi pemasaran dimana seorang pebisnis memberikan penghargaan, diskon, cashback, dan lain sebagainya untuk customer.

Tujuannya untuk menjaga kesetiaan pelanggan agar tetap membeli produk atau menggunakan layanan kita secara berulang kali. Selain itu, untuk menarik perhatian calon klien baru.

Perusahaan menerapkan program ini demi keberlangsungan bisnisnya dalam jangka waktu panjang untuk tetap mempertahankan loyalitas dari customer. Seperti yang kita ketahui, bahwa pelanggan adalah salah satu kunci berkembangnya suatu bisnis.

Maka dari itu, banyak perusahaan menysun rencana supaya usaha mereka tetap stabil agar tidak mengalami kebangkrutan. Salah satunya ya dengan program loyalty ini. Strategi tersebut bisa disebut cara yang efektif untuk menjaga dan mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap bisnis kita.

Manfaat Loyalty Program yang Harus Anda Ketahui

Bukan tanpa alasan suatu pelaku usaha menjalankan strategi yang satu ini. Hal tersebut karena mereka telah mengetahui dan merasakan manfaat dari loyalty program, seperti:

1.     Dapat Membangun Hubungan yang Kuat Dengan Customer

      Manfaat loyalty program yang pertama adalah untuk membangun hubungan kuat dengan para klien. Sebab, dengan adanya strategi ini, Anda dapat memberikan kepuasan pada pelanggan.

2.     Membesarkan Nama Perusahaan Secara Gratis

     Jika klien merasa puas dengan loyalty program yang anda terapkan maka mereka akan sukarela membicarakannya pada orang lain. Contohnya seperti pada teman, saudara dan lainnya. Nah, dari word of mouth atau penyebaran informasi dari ke mulut ke mulut ini loyalty program yang Anda tawarkan semakin terkenal.

3.     Dapat Mempertahankan Customer Lama dan Menarik Customer Baru

     Tujuan utama menjalankan strategi yang satu ini adalah untuk menjaga pelanggan yang sudah ada. Maka dari itu, ketika diterapkan dengan benar, maka klien akan selalu bertahan pada bisnis Anda. Hal ini karena mereka merasa kebutuhannya terpenuhi ditambah dengan keuntungan lainnya.

4.     Berbeda Dan Lebih Menonjol Dari Kompetitor

      Manfaat loyalty program yang selanjutnya adalah dapat membuat bisnis Anda berbeda dan menonjol dari pesaing. Di zaman sekarang, persaingan dunia bisnis semakin ketat. Jika tidak mampu membuat bisnis Anda berbeda, maka seiring berjalannya waktu akan kalah dengan kompetitor.

5.     Dapat Meningkatkan Penjualan

       Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa program loyalty  dapat menjaga pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Hal ini karena mereka mendapatkan reward dari pembelian. Jadi semakin banyaknya customer, maka penjualan juga akan bertambah. Itu sebabnya, Anda perlu mempraktekannya supaya perusahaan dapat terus berkembang.

Kesimpulan

Untuk saat ini, melakukan promosi dan mempertahankan konsumen lama jauh lebih mudah daripada menarik konsumen baru. Hal ini karena mereka telah menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan, sehingga  bisnis sudah dikenali.

Pada pelanggan baru, program loyalitas dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan sebuah transaksi pembelian. Mereka cenderung lebih suka produk yang akan memberikan reward suatu hari nanti. 

Itulah pentingnya loyalty program atau program loyalitas yang perlu Anda terapkan dalam perusahaan.

1.     Dapat Membangun Hubungan yang Kuat Dengan Customer

       Manfaat loyalty program yang pertama adalah untuk membangun hubungan kuat dengan para klien. Sebab, dengan adanya strategi ini, Anda dapat memberikan kepuasan pada pelanggan.

2.     Membesarkan Nama Perusahaan Secara Gratis

       Jika klien merasa puas dengan loyalty program yang Anda terapkan, maka mereka akan sukarela membicarakannya pada orang lain. Contohnya seperti pada teman, saudara, dan lainnya. 

 

Artikel lainnya di Crosstechno:

Perbedaan Antara Testing dan Debugging

17
5, 2024
Membangun loyalitas merek melalui pengalaman pelanggan adalah suatu strategi pemasaran yang sangat e…
6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…