×

Ketahui Data Pengunjung Terperinci dengan Analytics

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Ketahui Data Pengunjung Terperinci dengan Analytics

27 May 2022

Google memiliki beberapa tools yang membantu perkembangan suatu bisnis. Salah satu tools yang banyak digunakan adalah Google Analytics.

 

Tool ini sering digunakan baik itu di website maupun blog. Bagi kamu yang masih awam dengan tool ini kamu perlu untuk mengetahui panduan Google Analytics yang membantu kamu memahami istilah dalam tool ini.

 

Artikel berikut ini akan membahas definisi, cara kerja, dan laporan apa yang perlu Anda lihat untuk pemula yang ingin mengetahui lebih dalam tentang analisa data dari Google. Simak artikel berikut ini!

 

Google Analytics adalah layanan yang digunakan untuk melacak dan menganalisis lalu lintas situs web. Berfungsi memantau data tentang hal-hal seperti durasi sesi, situs web rujukan, jenis browser, dan rasio pentalan.

 

Data tersebut kemudian dapat disaring menjadi 78 laporan berbeda sehingga Anda dapat membuat keputusan pemasaran terbaik terkait situs web Anda. Laporan Google Analytics luar biasa dalam memberi tahu Anda apa yang terjadi di situs atau aplikasi Anda, tetapi laporan tersebut tidak begitu bagus untuk memberi tahu Anda alasannya.

 

Data kuantitatif yang bisa Anda dapatkan dari Laporan Google Analytics bisa sangat berwawasan jika Anda memahaminya. Jika Anda ingin mempelajari Google Analytics lebih dalam dan cara menggunakannya untuk meningkatkan pemasaran, Anda dapat menyewa seorang atau perusahaan seperti Crosstechno yang pengembang dan juga penyedia jasa iklan Google.

 

 

 76

Cara Kerja Analytics

Google Analytics bekerja dengan menambahkan sedikit kode Javascript ke setiap halaman di situs web Anda. Kode ini berjalan tanpa terlihat di browser saat pengguna bergerak melalui situs web.

 

Kemudian Google Analytics mengubah informasi tersebut menjadi laporan yang berguna. Informasi di bawah ini menjelaskan beberapa istilah dan cara kerja perangkat lunak.

 

Ketika Anda memahami bagaimana data dikumpulkan, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Dari sekian banyak data metrik yang ada di Analytics, berikut beberapa dari jenis laporan yang mungkin akan Anda perhatikan di masa depan dengan penjelasannya.

 

 

LAPORAN REAL-TIME: APA ITU?

Dengan Google Analytics, Anda bisa mendapatkan informasi tentang klik dalam hitungan detik setelah benar-benar terjadi. Ini berarti setiap saat Anda dapat melihat berapa banyak pengguna di situs atau aplikasi Anda, dengan apa mereka berinteraksi, dan jika ada konversi sasaran. Fitur ini tersedia di semua akun dan semua laporan.

 

 

LAPORAN AUDIENS DAN WAWASAN YANG MEREKA BERIKAN

Seperti yang dinyatakan di atas, audiens adalah sekelompok pengguna berdasarkan kriteria yang Anda pilih. Metrik utama untuk laporan audiens adalah akuisisi, perilaku, dan konversi.

 

Di sinilah pengguna Anda berasal, apa yang mereka lakukan di situs atau aplikasi Anda, dan berapa banyak yang menghasilkan transaksi yang berhasil. Anda dapat menggunakan laporan ini untuk menemukan kelemahan dan kekuatan dalam pemasaran Anda.

 

Jika banyak konversi sukses Anda berasal dari satu iklan, Anda dapat meningkatkan anggaran untuk iklan tersebut. Jika setiap pengguna dengan usia tertentu terpental, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali mengapa iklan Anda mendatangkan mereka tetapi produk tidak mengonversi.

 

 

 78

LAPORAN AKUISISI DAN APA YANG MEREKA CERITAKAN TENTANG BISNIS ANDA

Laporan akuisisi memberi tahu Anda bagaimana pengguna tiba di situs atau aplikasi Anda. Ini juga mencakup durasi sesi, rasio pentalan, dan halaman yang dilihat.

 

Dengan cara ini Anda dapat membandingkan tingkat keterlibatan dan konversi dari berbagai sumber. Jika sebagian besar konversi Anda yang berhasil berasal dari lalu lintas mesin telusur, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengevaluasi ulang iklan Anda atau mengurangi pembelanjaan iklan secara bersamaan.

 

Jika rasio konversi Anda dari situs tertentu tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperpanjang waktu iklan Anda berjalan di situs tersebut.

 

 

LAPORAN PERILAKU DAN APA YANG MEREKA TEMUKAN

Laporan perilaku adalah tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs atau aplikasi Anda. Ini menunjukkan tampilan halaman total, tampilan halaman unik, dan waktu yang dihabiskan di halaman tersebut. Bergantung pada sasaran bisnis Anda, waktu yang singkat di halaman dapat menunjukkan bahwa halaman tersebut harus lebih menarik.

 

Laporan ini mungkin menunjukkan pengguna meninggalkan corong penjualan pada titik tertentu. Informasi tersebut akan menghemat waktu pengujian Anda selama berbulan-bulan dan membantu Anda membuat corong yang secara efektif mengarahkan pengguna melalui proses pembelian.

 

 

LAPORAN KONVERSI: INFORMASI APA YANG DISERTAKAN?

Laporan konversi memberi Anda data tentang setiap sasaran yang Anda lacak untuk situs atau aplikasi Anda, bukan hanya konversi makro. Laporan ini menunjukkan keberhasilan keseluruhan saluran penjualan Anda dan tingkat pengabaian sasaran.

 

Anda juga dapat melihat corong multisaluran, yang akan menunjukkan tingkat konversi untuk berbagai atribut yang Anda pilih.

 

 

 77

Mulai dengan Google Analytics sekarang

Anda dapat memulai akun Google Analytics hari ini secara gratis. Versi terbaru adalah Google Analytics 4.

 

Satu properti dibuat secara otomatis. Anda dapat membuat properti tambahan setelah yang pertama sekarang jika perlu atau Anda dapat kembali lagi nanti. Pilih zona waktu Anda. Semua data yang direkam akan ditampilkan di zona waktu Anda. Selanjutnya, pilih industri dan ukuran bisnis Anda. Klik "buat".

 

Sekarang setelah Anda dipersenjatai dengan pengetahuan yang tepat dan siap untuk mulai menggunakan laporan Google Analytics, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menciptakan pemasaran yang paling efektif, baik itu berarti meningkatkan lalu lintas atau meningkatkan konversi dari lalu lintas yang Anda miliki.

 

 

Butuh jasa beriklan dengan Google Ads? Hubungi Crosstechno sekarang.

 

 

Artikel lainnya dari Crosstechno:

 Serba Serbi SEO & SEM

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…